Menu

Manfaat Jahe Merah Untuk Pencernaan

January 10, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Simak penjelasan Manfaat jahe merah untuk pencernaan yang perlu di ketahui

Manfaat jahe merah untuk pencernaan  juga sudah dikenal banyak orang. Tanaman herbal semusim dengan tinggi 40-50 cm, memiliki umbi berwarna merah muda dan dan berserat kasar ini memiliki kandungan minyak atsiri dan rasa yang pedas, sehingga cocok menjadi bahan dasar farmasi dan jamu. Jahe merah telah digunakan secara luas dalam pengobatan tradisional Cina. Tanaman ini mampu mengobati fungsi limpa kecil dan ginjal.

Manfaat jahe merah untuk pencernaan

Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan Dan Perut

Dalam pengobatan tradisional bangsa Arab, jahe merah disebut memiliki panas dalam derajat kedua dan memiliki kelembaban dalam derajat pertama. Manfaat jahe merah untuk pencernaan karena beragam khasiatnya untuk mengatasi gangguan pada perut. Jahe merah telah dikenal memiliki khasiat menghangatkan dan melembutkan perut. Beragam khasiat jahe merah tersebut antara lain : mengatasi kembung, keracunan makanan, sembelit, mengatasi perut kembung, mengatasi keracunan makanan, sebagai obat pencahar dan menyehatkan perut. Untuk mengatasi masalah pencernaan seperti susah buang air besar, jahe merah dapat membantu melancarkan buang air besar. Serat dalam jahe merah akan membantu mengatasi kesulitan buang air besar. Jahe merah juga memiliki fungsi menetralkan racun dalam perut jika kita keracunan makanan. Rasa panas yang dimiliki jahe merah juga dapat mengatasi perut kembung karena pengaruh masuk angin.

Pengobatan Tradisional Yang Aman

Sejauh ini belum ditemukan efek samping yang berbahaya dari jahe merah sebagai obat. Meski demikian, ada kontra yang perlu dihindari dari jahe merah agar khasiatnya tak membuat kondisi suatu penyakit menjadi lebih serius. Contohnya dengan tidak mengonsumsi jahe merah bersama obat pengencer darah, atau mengonsumsi jahe merah untuk ibu hamil. Rasa panasnya akan menggugurkan kandungan. Jahe merah tak disarankan sebagai obat sakit maag atau sakit tukak lambung tidak dianjurkan

Dalam penggunaan jahe merah sebagai obat tradisional untuk pencernaan, jahe merah dapat digunakan bersama dengan bahan herbal lain. Jahe merah bisa juga digunakan tunggal sebagai obat mengatasi kram perut saat menstruasi. Caranya dengan merebus satu ruas jahe merah ke dalam air selama 15 menit. Campurkan dengan gula merah untuk pelengkap rasa. Jahe merah mengandung antiseptik dan ramuan jahe merah ini dapat dipergunakan untuk mengatasi kram perut. Selama menstruasi, konsumsi, ramuan jahe merah akan membantu mengatasi kram perut. Untuk mengatasi masalah pencernaan dalam sistem pencernaan, jahe merah dapat digunakan bersama herbal lain yaitu, sedikit merica atau cabe jawa. Seruas jahe merah direbus ke dalam air. Tambahkan sedikit merica atau cabe jawa. Ramuan ini dapat membantu sistem pencernaan untuk mencerna makanan, terutama jika kita makan makanan berat atau makan terlalu banyak. Beragam manfaat jahe merah salah satunya manfaat jahe merah untuk pencernaan.

Baca juga: Manfaat jahe merah untuk influenza

Related For Manfaat Jahe Merah Untuk Pencernaan