Menu

Manfaat Jahe Merah Untuk TBC

January 9, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Tanaman Herbal jahe merah sebagai pendukung pengobatan TBC

Manfaat jahe merah untuk TBC juga tidak kalah dengan ragam herbal lainnya. Tanaman herbal ini dikenal dapat membantu menyembuhkan penyakit TBC. Selain sebagai pencahar, antirematik dan pereda masuk angin, jahe merah juga berguna untuk mengatasi radang tenggorokan (bronkitis), meredakan asma. Meski jahe merah tidak memiliki kandungan zat yang bersifat bronko splasmolitika (zat pelega saluran napas), tetapi efek antihistamin pada jahe yang menyebabkan asma mereda. Pemanfaatan jahe merah sebagai obat ajuvan (obat pendukung) untuk pengobatan TBC, dapat dilakukan dengan hanya menggunakan jahe merah saja, juga dapat juga menambahkan herbal lain.

Manfaat jahe merah untuk TBC

Gejala Dan Penyebab Penyakit TBC

Penyakit TBC atau Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit infeksius yang penyebabnya adalah bakteri Mikrobakterium Tuberkulosa. Sebagai gejala dari penyakit ini yang mudah dikenali adalah : demam berkepanjangan meski suhunya tidak sangat tinggi. Demam terjadi saat malam. Saat demam, timbul keringat dingin. Demam terjadi juga bersamaan dengan influenza yang kadang-kadang muncul, setelah itu hilang lagi. Selain itu juga batuk dengan dahak disertai darah; sesak nafas dan pada bagian dada terasa nyeri; badan menjadi lemah dan lesu; berat badan menurun karena nafsu makan hilang; urin berwarna keruh atau kemerahan. TBC dapat dibedakan menjadi : TB ekstra paru, TB kelenjar getah bening, TB paru. Untuk TB kelenjar getah bening merupakan jenis TB yang menyerang pada bagian lipatan paha dan ketiak. Untuk mengobati TB dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pada pengobatan awal membutuhkan waktu enam bulan. Proses selanjutnya adalah pemeriksaan kembali oleh paramedis.

Farmakologi Dengan Jahe Merah

Saat ini, untuk pengobatan TBC, pasien dapat mengunakan pengobatan herbal sebagai ajuvan. Salah satunya dengan menggunakan jahe merah. Manfaat jahe merah untuk TBC sebagai obat herbal adalah untuk membersihkan mikrobakterium Tuberkolosa yang menyebabkan TBC. Karena berasal dari bahan herbal, maka aman dikonsumsi bersama terapi pengobatan medis dari dokter. Mereka yang menggunakan obat herbal lebih cepat sembuh daripada mereka yang tak menggunakan asupan dari obat herbal. Jahe merah mengandung zat anti mikrobaterium tuberkulosa. Jahe merah mengandung gingerol yang sangat aktif menghambat bakteri penyebab TBC. Sebagai obat herbal, jahe merah dapat digunakan dengan dibakar seperti membakar sate di atas oven setelah jahe dicuci. Membakar jahe merah harus benar-benar matang dengan ciri yang dapat dilihat berubah warna dan kulitnya gosong. Setelah itu jahe dimemarkan, masukkan dalam gelas setelah itu seduh dengan air panas. Sebagai pelengkap rasa, dapat ditambahkan madu, gula merah, atau gula batu secukupnya. Sebaiknya tidak menggunakan gula pasir karena gula pasir bisa menghambat penyerapan zat-zat kandungan jahe. Bila menggunakan madu, jangan masukkan pada saat temperatur air masih panas, zat-zat dikandung dalam madu akan hilang atau berkurang. Manfaat ramuan jahe merah siap dinikmati sebagai manfaat jahe merah untuk TBC.

Related For Manfaat Jahe Merah Untuk TBC