Menu

Manfaat, Kandungan Dan Ciri Ciri Daun Antanan

November 17, 2016 | Daun Daunan

Nama lain dari tanaman antanan adalah tanaman pegagan.Tanaman antanan merupakan tanaman tahunan yang tumbuh di daerah tropis atau sub tropis yang berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran tinggi sampai daerah dengan ketinggian 2.500 m dpl. Biasanya tanaman ini tumbuh merayap dan menutupi tanah.

Tanaman antanan biasanya tumbuh di padang rumput, perkebunan, ladang, tepi jalan, pinggiran pantai, dan di daerah-daerah lembap atau agak basah yang cukup mendapatkan sinar matahari. Salah satu bagian yang menonjol dan terlihat pada tanaman ini adalah daunnya.

daun-antanan

Ciri-ciri Daun Antanan

Tanaman antanan daunnya berhelai tunggal yang tersusun dalam roset akar yang terbagi menjadi 2-10 daun. Panjang tangkainya perkisar 5-15cm. Bentuk daun antanan adalah bulat berdiameter 1-7 cm dengan tepi yang bergigi atau beringgit.

Kandungan Daun Antanan

Ada sejumlah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui sejauh manakan peran daun antanan dalam menyembuhkan beberapa keluhan kesehatan atau penyakit tertentu. Semua penelitian tersebut tentunya dilakukan dengan meneliti kandungan zat yang terdapat dalam daun tanaman ini. Nah beberapa zat yang terdapat dalam daun tanaman ini yaitu:

– Thankuniside
– Isothankuniside
– Brahmoside
– Asiaticoside
– Madecassoside
– centelloside
– Brahminoside
– brahmic acid
– hydrocotylin
– tanin
– madasiatic acid
– meso-inositol
– carotenoids
– vellarine
– kalium
– magnesium
– natrium
– besi
– kalsium.

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Daun Alpukat Berikut Cara Pengolahannya

Manfaat Daun Antanan

Daun antanan memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang dapat anda dapatkan dari daun antanan.

1. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Banyak penelitian menyebutkan bahwa ramuan dari daun antanan ini dapat membantu meningkatkan daya ingat. Salah satu uji klinis yang dilakukan di India menemukan bahwasanya ramuan dari daun antanan dapat meningkatkan IQ , kemampuan mental serta menanggulangi lemah mental pada anak-anak.

Pada orang dewasa dan yang sudah berusia lanjut, tanaman ini dapat memperkuat kerja otak, meningkatkan memori serta menanggulangi kelelahan. Hal inilah yang menyebabkan daun ini dijuluki sebagai makanan otak.

2. Mencegah Kerusakan Sel Otak

Daun antanan sangat baik bagi kesehatan otak. Pengkonsumsian daun antanan secara teratur mampu mencegah kerusakan sel otak akibat paparan bahan kimia atau radikal bebas. Manfaat tersebut sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang berjudul Neurological Science pada bulan desember 2012

3. Mengobati Luka

Zat asiaticosida yang terkandung dalam daun tanaman antanan dapat membantu pembentukan sel baru sehingga membantu mempercepat penyembuhan luka.

4. Mencegah radikal bebas

Ada sebuah penelitian di India, bahwasanya daun antanan yang sudah dikemas dalam obat-obatan yang dinamakan gotu kola ampuh untuk mencegah radikal bebas masuk ke tubuh. Jikalau radikal bebas tersebut sudah masuk ke dalam tubuh maka kandungan daun antanan ini dapat membantu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh.

5. Membantu Mengurangi Stress

Manfaat lain yang ditemukan dari daun antanan ini adalah dapat mengurangi stress dan mampu merilekskan pikiran sebagai dampak dari stress tersebut. Stress yang kronis pun juga dapat disembuhkan dengan pengobatan menggunakan daun ini.

6. Menjaga kesehatan Hati

Kandungan zat asiaticoside yang terdapat dalam daun antanan dapat menyembuhkan kerusakan hati yang diakibatkan oleh zat-zat kimia atau zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

7. Membantu mencegah penuaan dini

Setiap orang pasti ingin nampak awet muda dan tidak menginginkan tampak lebih tua dari usia yang sebenarnya. Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan daun antanan ini. Kandungan yang terdapat dalam daun antanan dipercaya mampu membantu mencegah kerusakan sel kulit dan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan sehingga mengkonsumsi daun antanan disebut-sebut mampu meremajakan kulit anda.
Nah itu tadi adalah beberapa manfaat yang dapat anda dapatkan dari ramuan daun antanan ini. Meskipun daun antanan ini memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related For Manfaat, Kandungan Dan Ciri Ciri Daun Antanan