Menu

Manfaat, Kandungan Dan Ciri Ciri Daun Asam Jawa

November 18, 2016 | Daun Daunan

Asam jawa yang memiliki nama latin Tamarindus Indica sudah banyak dikenal di Indonesia melalui berbagai produk hasil ekstraksi tanaman ini. Beberapa produk tersebut diantaranya permen tamarin dan aneka produk minuman asam jawa.

Asam jawa merupakan tanaman menahun, berperawakan besar dengan tinggi sampai 30m dan diameter batang di pangkalnya mencapai 2m. Tanaman ini merupakan tanaman yang relatif bebas dari gangguan hama. Salah satu bagian dari tanaman ini yang banyak berkhasiat bagi kesehatan adalah daunnya.

daun-asam-jawa

Ciri-ciri Daun Asam Jawa

Daun asam jawa sangat rindang hingga memiliki anak daun kecil-kecil mencapai 8-16 pasang. Daun tanaman ini majemuk menyirip dengan jumlah daun genap yang letaknya saling berseling dengan daun penumpu seperti pita meruncing. Panjang daunnya sekitar 5-13 cm. Panjang anak daunnya sekitar 1-3,5cm.

Kandungan Daun Asam Jawa

Daun asam jawa memiliki kandungan beberapa zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Beberapa zat tersebut adalah:

– Flavonoid
– Asam Askorbat
– Tanin
– Vitamin C

Baca juga: Manfaat daun antanan

Manfaat Daun Asam Jawa

Beberapa manfaat yang dapat diambil dari ramuan yang menggunakan ekstrak daun asam jawa ini yaitu sebagai berikut.

1. Sebagai Obat Asma

Zat flavanoid yang terkandung dalam daun asam jawa ini bersifat antiseptik yang dapat membantu mengobati penyakit asma.

Cara penggunaannya yaitu:

– Siapkan 5 tangkai daun asam jawa dan adas purwalas secukupnya

– Tambahkanlah air dan rebuslah dua bahan tersebut hingga mendidih dengan menggunakan api yang sedang

– Saringlah hasil rebusan tersebut

– Minumlah ramuan tersebut 2 kali dalam sehari dalam kondisi masih hangat.

2. Sebagai Obat Batuk Kering

Daun asam jawa bersifat antiseptik dan dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit batuk kering. Oleh karena itu jika anda sudah mulai merasakan gejala penyakit ini, anda dapat mulai menyiapkan ramuannya dengan cara berikut ini.

– Siapkan beberapa helai daun asam jawa secukupnya dan setengah genggam daun saga.

– Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air

– Saringlah hasil rebusan tersebut

– Minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

3. Mengobati Penyakit Malaria

Penyakit malaria yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles betina dapat disembuhkan dengan menggunakan ramuan dari daun asam jawa ini. Daun asam jawa memiliki kandungan zat yang antibakteria dan menghambat perkembangan plasmodium falciparum yang dibawa oleh nyamuk Anopheles betina. Buatlah ramuan minuman dari ekstrak daun asam jawa dan minumlah secara teratur sebagai langkah penyembuhan penyakit ini.

4. Membantu Mengatasi Kram pada saat Menstruasi

Daun asam jawa bersifat analgesik. Rebusan daun asam jawa beserta buahnya dan sedikit garam mampu mengurangi rasa kram di bagian bawah perut dan punggung pada saat menstruasi.

5. Mencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning terjadi akibat kesehatan hati yang tidak dijaga dengan baik sehingga hati rusak secara perlahan-lahan dan penyakit kuning pun terjadi. Daun asam jawa dipercaya dapat membantu meningkatkan kerja organ hati dalam menyaring darah dan kotoran. Hal inilah yang membuatnya memiliki fungsi mencegah penyakit kuning

6. Mengobati Penyakit Sakit Gigi dan Sakit Gusi

Sifat antiseptik yang terdapat dalam kandungan zat daun asam jawa dan banyaknya kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya mampu menyembuhkan segala permasalahan yang ada di mulut, termasuk sakit gigi dan sakit gusi.

7. Menyembuhkan Peradangan dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun asam jawa memiliki sifat anti flamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan dan mempercepat penyembuha luka yang ada pada bagian tubuh anda. Selain itu, daun asam jawa ini juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah masuknya virus dan infeksi penyakit.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat dari ramuan daun asam jawa yang dapat anda buat sendiri di rumah anda. Jagalah kesehatan tubuh anda dengan segera mengkonsumsi ramuan ini saat anda sudah menemukan gejala-gejala penyakit di atas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Related For Manfaat, Kandungan Dan Ciri Ciri Daun Asam Jawa