Menu

Manfaat, Kandungan dan Ciri Ciri Daun Gaharu

November 19, 2016 | Daun Daunan

Tanaman gaharu memiliki nama latin Aquilaria Malaccensis. Pohon ini banyak ditemukan di Negara-negara Asia seperti Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Iran, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Thailand. Dalam bahasa inggris banyak dikenal dengan nama Agarwood,  Aloewood, Eaglewood, atau Lignaloes. Pada beberapa isu internasional, tumbuhan ini dilindungi karena sudah terancam punah. Bahkan India melakukan tindakan konservasi dengan melarang ekspor.

daun-gaharu

Ciri-Ciri Daun Gaharu

Tumbuhan gaharu memiliki kesamaan dengan pohon cemara dan dapat tumbuh besar sampai 15-30 meter dengan diameter 1,5-2,5 meter. Mempunyai bunga yang berwarna putih dan daun yang lebarnya 2-4 cm serta panjang 5-11 cm. Spesies ini dapat menyesuaikan hidup di beberapa habitat mulai dari daerah berbatu, berpasir, hingga dapat tumbuh di daerah pegunungan.  Pohon gaharu biasanya tumbuh antara ketinggian 0-850 meter dengan rata rata suhu harian 20-22 derajat celcius

Daun gaharu merupakan daun tunggal yang berbentuk lonjong dan memanjang hingga 5-8 cm. ujung dari daun gaharu meruncing dan kadang berekor dengan panjang mencapai 1 cm. daun gaharu berwarna hijau dan terkadang terdapat bintik-bintik berwarna putih. Tepi daunnya bergelombang, pangkal daun menirus, urat daun tidak beraturan dan kadang bercabang. Tangkai daun gaharu berbulu dan panjangnya 3-5 mm

Kandungan Daun Gaharu

Pada daun gaharu terdapat beberapa zat zat yang terkandung di dalamnya seperti

  1. Alkaloid, yang dapat bermanfaat sebagai antibiotik apabila dipakai dengan dosis yang tepat
  1. Tanni, merupakan senyawa yang berfungsi sebagai aniseptik
  1. Flavonoid, berperan sebagai antiinflamasi yang dapat digunakan untuk mengatasi peradangan.
  1. Senyawa Fenolik, sebagai pigmentasi tanaman.

Baca juga ya: Manfaat, Kandungan Dan Ciri Ciri Daun Asam Jawa

Manfaat Daun Gaharu

Dalam metode pengobatan tradisional, daun gaharu dapat digunakan dalam bentuk seduhan daun teh. Di beberapa Negara, daun teh gaharu memiliki sejarah yang panjang. Di Asia Tenggara teh daun gaharu telah digunakan sejak 100 tahun silam. Para praktisi kesehatan sering menggunakannya untuk mengobati lambung, ginjal, dan masalah pernapasan. Dosisi medis yang dianjurkan per hari adalah 3 gr.

Berikut beberapa manfaat dan khasiat dari daun gahuru untuk kesehatan:

  1. Mengurangi kolesterol dalam darah

Teh daun gaharu dapat mengurangi kolesterol dalam tubuh. Sehingga jika anda mempunya kolesterol tinggi sangat direkomendasikan untuk secara teratur mengkonsumsi teh gaharu.

  1. Mengatasi Insomnia

Teh daun gaharu juga dapat digunakan untuk mengatasi insomnia. Seduhlah daun gaharu sebelum anda akan tidur maka dapat menjadikan tidur anda lebih pulas dan tidak akan ada masalah ketika bangun pagi.

  1. Sebagai anti depresi

Manfaat daun gaharu adalah extrax benzene yang  berguna sebagai anti depresi pada syaraf. Hal ini dikarenakan dalam daun gaharu mengandung senyawa aktif agarospirol, yang memiliki fungsi anti depresi untuk menekan sistem syaraf pusat sehingga menyebabkan ketenangan dan mengembalikan kebugaran tubuh.

  1. Sebagai anti penuaan

Teh daun gaharu mengandung genkwanin yang merupakan glikosida alami yang dimanfaatkan dalam bidang kecantikan. Zat ini dapat menghilangkan merkuri secara efisien. Teh gaharu juga mempunyai manfaat untuk diet.

  1. Mengurangi rasa mabuk

Teh daun gaharu dapat digunaka untuk menghilangkan efek buruk dari alkohol yang mempengaruhi kesehatan.

  1. Dibuat menjadi minyak

Daun gaharu memiliki minyak essensial yang manfaat nya sama dengan bunga mawar, bunga geranium, dan bunga cendana. Berikut beberapa manfaat minyak dari daun gahuru

  • Tonik yang efektif dan bersifat diurektif, dapat mengurangi epilepsy dan anti mikroba. Hal ini dikarenakan minyak gaharu adalah afrodisiak paling ampuh dari semua minyak essensial
  • Minyak gaharu digunakan sebagai pengobatan untuk paru-paru dan tumor perut. Di Taiwan, digunakan sebagai bahan aromatic anggur ickal sedangkan di Malaysia digunakan untuk perasa kari.
  • Dapat digunakan dalam penyembuhan gangguan syaraf, pencernaan, keluhan paru-paru, penyakit cacar, rematik, sakit selama dan setelah kelahiran, menghentikan kejang dalam sistem pencernaan dan pernapasan.

Nah itu dia ulasan mengenai manfaat daun gaharu. Semoga bermanfaat.

Related For Manfaat, Kandungan dan Ciri Ciri Daun Gaharu