Menu

Manfaat, Kandungan Dan Efek Samping Daun Binahong

October 26, 2016 | Daun Daunan

Tanaman binahong merupakan jenis tanaman yang berasal dari Korea, Madagaskar serta Afrika. Tanaman binahong sendiri umumnya dapat ditemukan di pekarangan rumah dan dijadikan sebagai tanaman hias.

Meski demikian, tanaman binahong juga berkhasiat dalam menyehatkan tubuh terutama dengan memanfaatkan bagian daunnya. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang parah sekalipun, bisa di sembuhkan dengan daun yang satu ini.

manfaat-dan-efek-samping-daun-binahong

Kandungan Daun Binahong

Telah banyak penelitian yang menyebutkan jika daun yang satu ini memiliki banyak kandungan sehat. Adapun kandungan sehat yang terdapat dalam daun binahong, adalah seperti yang tercantum di bawah ini.

  1. Zat anti oksidan

Zat antioksidan identik dengan salah satu zat sehat yang berguna dalam menangkal gangguan radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen dalam tubuh. Zat karsinogen sendiri merupakan zat pemicu tumbuhnya kanker dalam tubuh.

  1. Zat alkoloid

Kandungan sehat dari daun binahong yang satu ini banyak memberi keuntungan bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan sifat hipoglikemin yang mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Aponin

Senyawa dari daun binahong yang satu ini mampu menurunkan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh seseorang.

Dengan kandungan sehat dari daun binahong tesebut di atas, tidak heran jika daun yang satu ini mampu menangani beragam jenis penyakit bahkan jenis penyakit yang berbahaya sekalipun.

Baca juga: Manfaat dan efek samping daun afrika

Manfaat daun binahong

Daun binahong dalam dunia kesehatan, memiliki banyak manfaat seperti yang berikut ini.

  1. Untuk mengatasi luka bakar

Manfaat daun binahong yang pertama adalah untuk mengobati luka bakar. Di dalam daun binahong, terdapat anti mikroba yang berperan dalam menangani kuman sekaligus mempercepat penyembuhan atas luka bakar.

Adapun langkah pengobatan menggunakan daun binahong adalah dengan menumbuknya terlebih dahulu atau bisa pula dengan dikunyah secara langsung. Setelah daunnya lumat atau berubah menjadi lembut, Anda bisa menempelkannya pada luka yang ada di bagian tubuh anda.

Agar luka yang ada segera sembuh, ada baiknya Anda melakukan jenis pengobatan yang satu ini secara rutin.

  1. Untuk menyehatkan wajah agar terhindar dari jerawat

Berbicara mengenai gangguan yang cukup sering terjadi pada wajah, maka jerawat menjadi salah satunya. Jerawat sendiri umumnya disebabkan oleh pola hidup kurang yang mengakibatkan kotoran pada wajah menumpuk dan menyumbat pori-pori. Dari sinilah jerawat dapat muncul.

Untuk mengobati jerawat sendiri, Anda bisa menggunakan daun binahong sebagai salah satu solusi pengobatannya. Adapun cara pengobatannya bisa dilakukan dengan menumbuk 5 lembar daun binahong hingga lembut lalu oleskan pada wajah yang tengah berjerawat.

Jika dilakukan secara rutin, maka jerawat yang tumbuh di wajah bisa dihilangkan dengan lebih cepat.

  1. Membantu menyembuhkan gegar otak

Manfaat daun binahong lainnya adalah untuk mengatasi gegar otak yang dialami oleh seseorang. Adapun cara menggunakan daun binahong dalam menyembuhkan gegar otak adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan sepuluh lembar daun binahong. Jangan lupa untuk menyiapkan pula 2 gelas air bersih.
  2. Selanjutnya cuci hingga bersih daun binahong tersebut lalu masukkan ke dalam air.
  3. Rebus hingga mendidih.
  4. Saring air rebusan dan konsumsi sesudahnya.

Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi daun binahong secara rutin dan dalam kondisi yang masih hangat, supaya terasa lebih nikmat. Lakukan secara rutin untuk meringankan gejala gegar otak.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun binahong yang selanjutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Daun binahong sendiri mengandung yang namanya asam akrobat yang berfungsi sebagai peningkat daya tahan tubuh seseorang. Bagi Anda yang merasa mudah sakit atau mungkin terserang virus, Anda bisa mengonsumsi jenis daun yang satu ini sebagai solusinya.

  1. Melawan jenis penyakit kanker

Penyakit kanker merupakan satu dari banyaknya jenis penyakit berbahaya yang harus segera disembuhkan. Karena jika tidak, penyakit yang satu ini bisa makin parah hingga menyebabkan kematian.  Adapun sumber penyebab datangnya penyakit kanker umumnya berasal dari gangguan radikal bebas yang kemudian menyerang tubuh.

Khasiat daun binahong, mampu memperlambat tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh, asalkan dikonsumsi secara rutin. Adapun cara mengobati kanker dengan daun binahong adalah dengan cara yang berikut ini.

  1. Langkah pertama adalah dengan cara menyiapkan seribu cc air serta daun binahong yang sudah kering sebanyak tiga puluh gram.
  2. Selanjutnya Anda bisa membuat ramuan binahong dengan cara merebusnya ke dalam air yang sebelumnya telah Anda siapkan tersebut.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menunggu air rebusan hingga bersisa sekitar enam ratus cc saja.
  4. Bagi air rebusan untuk dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari.

Efek samping konsumsi daun binahong

Meski bagus untuk mengatasi beragam jenis penyakit, namun daun binahong ternyata juga dapat memicu datangnya efek samping penggunaan. Adapun beberapa efek samping yang bisa terjadi antara lain adah mampu menimbulkan efek terkait dengan denyut jantung tak teratur, gangguan otot, kejang, stroke hingga serangan jantung.

Gejala di atas dapat terjadi, karena daun binahong mengandung zat efedrin di dalamnya. Perlu Anda ketahui keberadaan efedrin, umumnya bisa ditemukan dalam setiap obat herbal. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pengguaan zat efedrin, sebaiknya dilakukan secara hati-hati atau di bawah pengawasan dari petugas profesional medis.

Bukan hanya efek samping diatas, namun daun binahong juga bisa berakibat pada mual, muntah, kesemutan, susah buang air kecil hingga sakit kepada dan gelisah. Selain itu, penggunaan daun binahong pada ibu hamil dan menyusui juga sangat tidak di rekomendasikan.

Related For Manfaat, Kandungan Dan Efek Samping Daun Binahong