Menu

Manfaat Kencur dan Kunyit

August 13, 2016 | Kencur

Kencur dan kunyit merupakan jenis tanaman herbal yang juga kita kenal dengan sebutan apotik hidup. Kedua tanaman herbal ini cukup banyak ditemukan di Indonesia dan menjadi tanaman rumahan yang banyak dibudidayakan. Tidak heran mengingat ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kedua jenis tanaman herbal ini.

Baca juga: Manfaat wedang jahe untuk tenggorokan

Manfaat kencur dan kunyit

Manfaaat kencur bagi kesehatan

Dalam dunia kesehatan, keberadaan kencur, memiliki banyak manfaat terutama untuk melawan beragam jenis penyakit. Berikut ulasannya.

  1. Sebagai obat masuk angin

Salah satu manfaat kencur dalam dunia pengobatan adalah untuk mengobati masuk angin. Jenis penyakit yang satu ini, merupakan penyakit yang banyak menjangkiti seseorang terutama saat musim dingin.

Mengatasi masuk angin dengan kencur, bisa dilakukan dengan cara mencuci satu rimpang kencur hingga bersih lalu makan bersamaan dengan garam dapur. Setelahnya minum air hangat, ulangi kegiatan ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mencegah datangnya masuk angin.

  1. Mengatasi perut yang terasa mulas

Cara mengobati perut mulas menggunakan kencur, bisa dilakukan dengan cara mencuci satu rimpang kencur hingga bersih. Setelahnya parut kencur tersebut menggunakan 2 sendok air yang telah masak.

Jangan lupa beri tambahan garam lalu saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  1. Obat batuk

Satu lagi jenis penyakit yang banyak diderita selama musim dingin berlangsung adalah penyakit batuk. Cara mengatasi batuk menggunakan kencur, bisa dilakukan dengan cara mencuci 2 rimpang kencur lalu memarutnya hingga halus. Setelahnya, campur menggunakan segelas air hangat dan saring kemudian.

  1. Menghilangkan darah kotor

Cara mengatasi darah kotor, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan kencur sebanyak empat rimpang. Setelahnya, cuci kencur hingga bersih dan rebus hingga mendidih. Saring lalu konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

  1. Mengatasi radang lambung

Mengatasi radang lambung menggunakan kencur, bisa dilakukan dengan cara mencuci bersih kencur sebanyak 2 rimpang. Kupas kencur lalu kunyah dan telan airnya. Lakukan kegiatan ini hingga radang lambung sembuh.

  1. Mengobati keseleo

Mengatasi keseleo, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan satu rimpang kencur lalu cuci hingga bersih. Siapkan juga beras sebanyak satu genggam dan campur dengan kencur. Tumbuk kedua bahan hingga halus dan balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

  1. Mengobati diare

Untuk mengatasi gangguan pencernaan berupa diare, bisa dilakukan dengan menumbuk kencur sebanyak 2 rimpang, siapkan pula bawang merah sebanyak 2 siung, daun pisang untuk membungkus ramuan yang telah ditumbuk. Tahap berikutnya adalah dengan membakar ramuan dan mengoleskannya di bagian perut.

Manfaat kencur sebenarnya cukup banyak dan bukan hanya digunakan untuk mengatasi ragam penyakit di atas. Kencur bisa digunakan sebagai anti kanker, bagus untuk kulit, bagus untuk pencernaan, anti oksidan, sumber serta alami, membuang racun dari tubuh, obat radang usus, dan lain sebagainya.

Manfaat kunyit bagi tubuh

Satu lagi tanaman apotek hidup yang ampuh dalam mengatasi ragam jenis penyakit adalah kunyit. Manfaat kunyit cukup beragam seperti halnya ulasan di bawah ini.

  1. Mengurangi resiko terkena tumor dan kanker

Penyakit tumor dan kanker, merupakan jenis penyakit yang bisa menimbulkan kematian jika tidak ditangani dengan benar. Mengkonsumsi tumbuhan obat kunyit, dapat berguna untuk mengurangi resiko tumor dan datangnya kanker.

  1. Sebagai antioksidan alami

Manfaat kunyit yang baik bagi kesehatan adalah mampu berperan sebagai antioksidan alami bagi tubuh. keberadaan antioksidan, membuat racun serta zat berbahaya dalam tubuh, bisa dinetralisir sehingga tiak berakibat pada datangnya penyakit serius.

  1. Membuat tubuh lebih bugar

Konsumsi kunyit baik untuk meremajakan sel kulit dalam tubuh. Alhasil tubuh akan semakin sehat dan terasa lebih bugar.

  1. Mengurangi resiko terkena leukimia

Bagi anda yang gemar mengonsumsi jamu dari kunyit, anda patut berbangga karena jamu kunyit bisa digunakan untuk mengurangi serangan leukimia dalam tubuh.

  1. Penurunan berat badan

Bagi anda yang kesusahan dalam menurunkan berat badan, ada baiknya anda mengonsumsi kunyit sebagai bahan herbal penurun berat badan tubuh. Penggunaan kunyit merupakan diet sehat yang tidak menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

  1. Bagus untuk ibu menyusui

Konsumsi kunyit ternyata bagus untuk ibu menyusui karena bisa melancarkan ASI yang keluar. Alhasil, ibu bisa memberi ASI ekslusif bagi sang buah hati.

Tanaman herbal kunyit dan kencur, bukan hanya baik bagi kesehatan melainkan juga kecantikan. Inilah kenapa ada baiknya kaum hawa secara rutin mengonsumsi ramuan jamu dengan bahan herbal di atas.

tags:

Related For Manfaat Kencur dan Kunyit