Menu

Manfaat Dan Kandungan Kencur Untuk kesehatan Dan Bayi

August 13, 2016 | Kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang juga kita kenal sebagai apotik hidup. Tanaman yang satu ini bisa ditemukan di daerah pegunungan dengan unsur tanah yang gembur. Tanaman kencur, umumnya tumbuh menggeletak di tanah dan memiliki daun yang jarang.

Baca juga: manfaat kencur dan kunyit

Manfaat kencur bagi bayi

Kandungan sehat tanaman herbal kencur

Kencur merupakan tanaman yang kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan. tidak heran, mengingat kencur mengandung berbagai zat alami yang baik untuk kesehatan. Ragam zat baik dalam kencur adalah sebagai berikut.

  • Mineral
  • Pati
  • Minyak-minyakan atsiri
  • Etil ester
  • Paraeumarin
  • Gom
  • Bomeol
  • Asam anisat
  • Asam sinamat
  • Asam metil kanil dan penta eekaan
  • Alkaloid
  • Kamphene

Manfaat kencur bagi kesehatan

Dengan ragam kandungan sehat di atas, kencur bisa digunakan sebagai bahan herbal kesehatan, seperti menghilangkan lelah hingga mengobati kencing batu. Berikut ini merupakan manfaat kencur bagi kesehatan yang harus anda tahu.

  1. Sebagai pengusir lelah

Bagi anda yang setiap hari diharuskan melakukan aktivitas cukup berat tanpa adanya waktu istirahat yang mencukupi, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan kencur sebagai pengusir lelah.

Cara menggunakan kencur dalam mengobati lelah cukup mudah dilakukan, yaitu dengan cara menyiapkan 2 sendok beras yang digoreng tanpa minyak, 1 rimpang besar kencur serta 1 biji cabai merah. Rebus semua bahan yang telah siap menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih.

Bagi kaum pria, ada baiknya menggunakan 1 potong lengkuas serta tepung lada untuk tambahannya.

  1. Mengobati kencing batu

Cara mengusir kencing batu menggunakan kencur, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan 2 rimpang kencur yang telah dicuci hingga bersih lalu parut hingga lembut. Campur menggunakan air hangat dan aduk sampai rata.

Sebelum diminum, saring terlebih dulu airnya lalu tambahkan garam dapur, cukup sedikit saja. Minum hingga habis dan lakukan secara rutin.

  1. Mengobati radang telinga pada anak

Untuk mengobati radang telinga anak, anda bisa menyiapkan 2 rimpang kencur dengan ukuran ibu jari serta setengah biji pala yang sebelunya telah ditumbuk hingga halus. Jika sudah, anda bisa menambahkan 2 sendok air hangat lalu oleskan di area hidung.

Manfaat kencur bagi bayi

Manfaat kencur, sebenarnya cukup beragam karena bisa digunakan oleh semua jenis usia. Penggunaannya sendiri bisa dilakukan dengan cara diminum ataupun dioles. Adapun manfaat kencur yang digunakan secara dioles antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Menenangkan bayi

Salah satu manfaat kencur bagi bayi adalah mampu memberi efek tenang bagi bayi. Perlu diketahui, bayi akan rewel saat tubuh mereka tidak terasa nyaman. Entah karena pegal, nyeri atau mungkin keseleo. Penggunaan kencur yang mengandung analgesil, mampu menenangkan bayi sehingga tidak rewel.

  1. Menghangatkan tubuh bayi

Kehangatan tubuh bayi harus dijaga sebaik mungkin supaya tidak mudah sakit dimana, salah satunya adalah dengan menggunakan minyak atsiri yang terkandung dalam kencur. Minyak yang satu ini memiliki efek analgesik yang berperan sebagai penghangat tubuh bayi.

Cara menghasilkan minyak atsiri cukup mudah yaitu dengan menumbuk kencur hingga lembut, lalu peras tumbukan tersebut.

Hasil perasan dari kencur, bisa digunakan untuk mengolesi tubuh bayi secara merata. Dengan tubuh yang hangat, maka tidur bayi juga akan semakin nyaman.

  1. Mencegah masuk angin

Tubuh bayi yang masih rentan, membuat mereka mudah sakit masuk angin. Penggunaan kencur, dapat membantu meringankan gejala masuk angin dengan cara mengoleskannya di area perut bayi.

Manfaat mengonsumsi kencur bagi bayi

Selain dioleskan, kencur juga baik untuk diminum, karena mengandung mineral. Mineral sendiri bagus untuk mengembangkan kemampuan motorik bagi bayi.

  1. Melindungi bayi dari virus dan bakteri

Di dalam kencur, terdapat kandungan methanol yang bagus digunakan sebagai imunitas alami bayi. Keberadaan methanol sendiri, mampu mencegah tumbuhnya bakteri dan virus dalam tubuh bayi.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Salah satu masalah bayi yang cukup umum terjadi adalah berkurangnya nafsu makan. Penggunaan air perasan kencur, mampu membuat nafsu makan bayi kembali meningkat.

Meski memiliki banyak manfaat bagi bayi, namun nyatanya, penggunaan kencur cukup susah diterapkan. Tidak heran mengingat bayi akan menolak meminum kencur karena rasa dan aromanya yang cukup menyengat. Inilah kenapa, ada baiknya ibu selalu mencampur air kencur dengan madu atau gula supaya aroma dan  rasanya tidak terlalu menyengat indra perasa dan penciuman bayi.

 

Related For Manfaat Dan Kandungan Kencur Untuk kesehatan Dan Bayi