Menu

Tips Dan Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil

August 14, 2016 | Kencur

Terutama bagi kaum hawa, mengonsumsi jamu merupakan kebiasaan baik. Bukan hanya bagi kesehatan melainkan juga untuk kecantikan tubuh. Meski demikian, konsumsi jamu sendiri menjadi pro kontra dalam masyarakat, terutama jika dikonsumsi saat hamil.

Baca juga: Manfaat dan kandungan kencur untuk bayi

Ketika hamil, tingkat sensitif tubuh seorang wanita akan bertambah. Alhasil apapun yang dikonsumsi, bisa memberi dampak negatif ataupun dampak positif. Lantas bagaimana konsumsi jamu di kala kehamilan? bernarkah konsumsi jamu saat hamil dilarang?

Manfaat kencur untuk ibu hamil

Konsumsi jamu beras kencur saat hamil

Salah satu jenis jamu yang banyak dipilih dan begitu populer dalam masyarakat adalah jamu beras kencur. Menurut dokter serta para ahli kesehatan, menyebutkan jika jamu beras kencur, aman untuk dikonsumsi ibu hamil karena tidak menimbulkan resiko yang berbahaya. Hal ini dikarenakan, jamu terbuat dari beragam bahan alami yang sehat serta baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

Konsumsi jamu sendiri banyak dianjurkan. Dibandingkan dengan mengonsumsi jenis obat-obatan buatan pabrik, konsumsi jamu yang tidak mengandung bahan tambahan kimia tentu dirasa lebih sehat. Konsumsi jamu sendiri, banyak disarankan bahkan setelah masa persalinan.

Meski demikian, ibu hamil tidak boleh serta merta mengonsumsi ragam jenis jamu yang ada, melainkan konsultasikan dulu dengan dokter yang merawat anda. Tanyakan pada dokter, apakah jamu yang anda minum sehat dan adakah kandungan jamu yang memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Tips mengonsumsi jamu beras kencur

Jamu yang baik bagi wanita hamil, adalah jamu yang terbuat dari ragam bahan alami layaknya kunyit, jahe, rimpang kencur, gula aren, daun pandan, gula pasir, asam jawa, garam beryodium juga air matang. Selain itu, pastikan juga jika ibu tidak mengonsumsi jamu secara berlebihan.

Saat mengonsumsi jamu, sebaiknya ibu memilih jamu yang dibuat sendiri. Alhasil kemurnian dari bahan jamu akan lebih terjaga dan menghindarkan ibu dari resiko buruk konsumsi jamu yang telah tercampur dengan bahan tidak sehat.

Jika memang ingin membeli jamu kemasan, ada baiknya ibu memeriksa kandungan jamu terlebih dahulu. Adakah bahan yang berdampak buruk bagi kandungan atau tidak. Selain itu, periksa juga kemasan yang digunakan apakah kemasannya terbuat dari bahan higienis atau sebaliknya.

Untuk masalah label kemasan, ibu perlu memeriksa terlebih dahulu apakah produk tersebut sudah mendapatkan sertifikat dari BPOM dan MUI atau belum.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kondisi ibu saat akan mengonsumsi jamu. Jika memang kondisi tubuh sedang tidak sehat, ada baiknya ibu mengurungkan keinginan untuk konsumsi jamu terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku sebaliknya, jika sesudah konsumsi jamu ibu mengalami gejala tidak normal, maka konsumsi jamu sebaiknya dihentikan.

Manfaat kencur bagi ibu hamil

Salah satu jamu yang banyak dipilih adalah jamu yang berbahan dasar kencur. Namun bagaimana dengan kencur sendiri? Adakah manfaat tanaman herbal satu ini bagi kesehatan ibu hamil?

  1. Untuk mengatasi batuk

Salah satu manfaat kencur bagi ibu hamil adalah untuk mengatasi batuk. Penyakit yang satu ini sebaiknya tidak dianggap ringan terlebih jika ibu sedang dalam keadaan isi.  Untuk mengatasinya, ibu bisa menggunakan bahan alami seperti kencur dan jahe.

Penggunaan kencur dan jahe, dapat membuat tubuh ibu menjadi lebih hangat sehinga gejala batuk juga akan berangsur hilang. Jahe dan kencur sendiri, disinyalir tidak mengandung zat berbahaya bagi ibu yang tengah hamil, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dalam mengatasi batuk menggunakan jahe dan kencur, yang perlu ibu siapkan adalah 2 ruas jahe serta 4 ruas kencur yang sebelumnya telah dicuci hingga bersih. Masukkan ke dalam panci yang telah ditambahkan air ke dalamnya. Rebus campuran jahe dan kencur menjadi satu hingga air bersisa setengah saja. Konsumsi secara rutin hingga batuk hilang.

  1. Melangsingkan tubuh setelah bersalin

Bukan hanya digunakan untuk mengatasi batuk, kencur juga bisa digunakan sebagai bahan herbal untuk melangsingkan tubuh sesuai melahirkan. Penggunaan jamu berbahan dasar kencur, sebagai pelangsing alami setelah melahirkan ini, telah sejak dulu dilakukan terutama dalam masyarakat Jawa.

Dengan bahan dan cara pembuatan yang mudah, tentu pembuatan jamu beras kencur tidak akan menyusahkan ibu. Selain itu, ibu juga bisa membeli jamu di tukang jamu yang bisa ditemukan dengan mudah di banyak tempat.

Related For Tips Dan Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil