Menu

Manfaat Kencur untuk Jerawat Yang Membandel

August 14, 2016 | Kencur

Tiap kali membicarakan masalah pada wajah, jerawat selalu menjadi salah satunya. Tidak heran mengingat banyak orang yang merasa kurang percaya diri lantaran jerawat muncul di wajah mereka. Jerawat sendiri bisa muncul sewaktu-waktu, terutama bagi mereka yang jarang membersihkan wajah.

Manfaat kencur untuk jerawat

Baca juga: Manfaat kencur untuk ibu hamil

Munculnya jerawat, biasanya dipicu oleh adanya peningkatan hormon androgen dalam tubuh. Selain itu, masalah bakteri, makanan, serta faktor kebersihan merupakan sumber lainnya timbulnya jerawat.

Saat jerawat mengganggu, tidak ada salahnya jika anda menggunakan kencur sebagai bahan herbal pengusir jerawat. Kencur sendiri merupakan sejenis tanaman yang masuk ke dalam suku temu-temuan. Kencur biasanya tumbuh di dataran rendah juga pegunungan di kala musim penghujan. Manfaat kencur sendiri, cukup beragam karena bisa digunakan untuk kesehatan juga kecantikan.

Manfaat kencur bagi kecantikan

Kencur merupakan tumbuhan yang bagus untuk meningkatkan kecantikan seseorang karena mengandung mineral di dalamnya. Mineral dalam kencur, salah satunya adalah sulfur yang baik untuk menghilangkan jerawat yang muncul di wajah. Bukan hanya mengatasi jerawat, namun bekas jerawat juga bisa hilang dengan penggunaan kencur yang dilakukan secara rutin.

Kencur bagi kecantikan, bukan hanya berperan dalam menghilangkan jerawat, melainkan juga berperan dalam melembabkan kulit, mencegah datangnya bakteri hingga menghaluskan kulit wajah.

Manfaat kencur untuk mangatasi jerawat yang membandel

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan kencur, ada tiga cara yang dapat dilakukan. Yang pertama adalah dengan cara mengonsumsi ramuan dari kencur, penggunaan masker kencur serta mengoleskan kencur di wajah. Selain menghilangkan jerawat, kencur ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang tidak kunjung hilang.

Membuat ramuan sehat pengusir jerawat dari kencur

Dalam membuat ramuan dari kencur, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama adalah dengan cara menyiapkan 1 ruas kencur, 5 buah jinten, asam kawak, 1 ruas temulawak serta gula aren secukupnya. Untuk tahap penghalusan, anda bisa menggunakan blender atau bisa pula dengan ulekan.
  2. Jika bahan yang disiapkan telah halus, anda bisa menyeduhnya dengan air panas.
  3. Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan jeruk nipis supaya aroma dan tingkat kesegarannya bertambah.
  4. Tunggu hingga ramuan berubah menjadi hangat lalu konsumsi. Lakukan secara rutin di pagi hari supaya jerawat tidak lagi datang.

Menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan kencur

Bekas jerawat, memang cukup mengganggu terlebih jika jumlahnya tidak hanya satu. Dalam menghilangkan bekas jerawat, anda bisa mengolah kencur menggunakan beras untuk kemudian dijadikan sebagai masker. Masker kencur sebaiknya digunakan secara rutin terutama di malam hari, hingga bekas jerawat yang menganggu hilang.

  1. Langkah pertama adalah dengan cara merendam beras selama kurang lebih 15 menit.
  2. Selanjutnya tumbuk beras hingga halus.
  3. Siapkan beberapa siung kencur secukupnya lalu tumbuk bersamaan dengan beras yang sebelumnya telah di cuci. Tumbuk hingga bahan-bahan tersebut menghalus.
  4. Untuk meningkatkan aroma masker, anda bisa menggunakan bunga kamboja.
  5. Jika adonan masker sudah merata, anda bisa mengoleskannya secara langsung di area wajah terutama yang timbul jerawat.
  6. Tunggu selama kurang lebih tiga puluh menit lalu bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Perawatan yang secara rutin dilakukan menggunakan beras dan kencur di atas, membuat kulit tampak lebih bersih dan terhindar dari yang namanya bekas jerawat. Bukan hanya itu, namun kelembutan kulit juga akan semakin meningkat.

Selain menggunakan kencur dengan cara membuatnya menjadi masker ataupun  ramuan untuk diminum, kencur juga bisa digunakan secara langsung dengan cara dioleskan pada kulit wajah yang timbul jerawat. Mudah bukan?

Penggunaan kencur untuk mengobati jerawat, nyatanya tidak menimbulkan efek samping yang merugikan. Inilah kenapa, ada baiknya anda memilih menggunakan kencur, dibandingkan harus pergi ke pusat kecantikan atau dokter spesialis dengan biaya yang mahal.

Agar jerawat tidak lagu muncul, sebaiknya bersihkan wajah secara rutin setelah beraktivitas. Terutama di malam hari, ada baiknya jika anda tidak langsung tidur melainkan bersihkan dulu riasan yang menempel di wajah. Riasan yang tidak dibersihkan, menyebabkan meningkatnya jerawat dan mengubah wajah menjadi lebih kusam.

Untuk masalah produk kecantikan, lakukan pemilihan yang ketat terutama yang cocok bagi tipe wajah anda.

Related For Manfaat Kencur untuk Jerawat Yang Membandel