Menu

Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wajah

August 15, 2016 | Kencur

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang disebut juga dengan apotek hidup. Kencur sering digunakan sebagai bumbu masakan, bahan campuran kosmetik, rempah-rempah serta obat tradisional. Kencur sendiri mengandung banyak zat baik yang berguna untuk kesehatan sekaligus kecantikan wajah. Berikut ini merupakan ragam manfaat kencur yang bagus untuk mempersehat sekaligus mempercantik diri.

Baca juga: Kandungan, Manfaat Dan efek samping dari temu ireng

Manfaat kencur untuk kecantikan dan kesehatan

Manfat kencur bagi kesehatan 

  1. Mengobati radang lambung

Kencur dapat digunakan untuk mengobati radang dengan cara mencuci bersih 2 rimpang kencur untuk kemudian dikupas dan dikunyah, buang ampas kencur, namun telan airnya, ulangi kegiatan ini secara rutin hingga radang labung yang diderita hilang.

  1. Menyembuhkan keseleo

Untuk menyembuhkan keseleo, anda bisa menyiapkan satu rimpang kencur lalu cuci menggunakan air sampai bersih. Setelahnya tumbuk hingga halus dan balurkan ke anggota tubuh yang tengah sakit.

  1. Mengobati rasa mulas

Perut yang mulas, bisa disembuhkan menggunakan kencur, yaitu dengan cara mencuci kencur 1 rimpang lalu parut dan tambahkan air masak juga garam. Selanjutnya saring ramuan tersebut dan ambil airnya. Konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.

  1. Mengobati batuk

Salah satu manfaat kencur yang paling terkenal adalah manfaatnya dalam mengatasi batuk. Dalam mengobtai batuk, anda perlu menyiapkan 2 rimpang kencur yang telah dicuci bersih sebelumnya.

Selanjutnya parut dan campurkan segelas air hangat ke dalamnya. Masukkan garam dapur dan minum ramuan hingga habis. Untuk hasil yang baik, anda bisa mengonsumsi ramuan ini sekali dalam sehari.

  1. Mengobati sakit diare

Untuk mengobati diare, yang perlu anda siapkan adalah tumbukan kencur sebanyak 2 rimpang. Siapkan pula 2 siung bawang merah dan tumbuk hingga halus. Bakar bahan-bahan tersebut dan oleskan ramuan pada area perut.

Manfaat kencur bagi kecantikan wajah

Penggunaan kencur untuk kecantikan wajah, bermanfaat dalam memerangi jerawat hingga mengencangkan kulit serta memutihkannya.

1. Mengobati jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah wajah yang banyak dialami, terutama saat usia menginjak remaja, jerawat bisa dengan mudah muncul. Cara mengatasi jerawat menggunakan kencur, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan kencur seperlunya lalu bersihkan dan parut hingga halus. Ambil airnya dan tunggu beberapa saat hingga muncul endapan.

Gunakan endapan kencur untuk membersihkan wajah lalu ratakan di seluruh bagian wajah ketika menjelang tidur. Esok harinya, bersihkan wajah menggunakan air hingga bersih.

Dalam mengatasi jerawat supaya tidak kembali muncul, anda harus bisa menjalani pola hidup sehat dengan menerapkan kebersihan. Tertama di malam hari, sebaiknya anda tidak langsung tidur melainkan bersihkan dulu make up anda.

Konsumsi banyak sayuran sehat juga buah-buahan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memerangi kuman juga baketri penyebab jerawat.

2. Mengencangkan kulit wajah

Kulit yang kencang menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih bagi perempuan. Penggunaan kencur, bisa digunakan untuk mengencangkan kulit dengan cara membuatnya menjadi masker beras kencur. Adapun cara membuat masker beras kencur adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan beras lalu rendam semalaman
  2. Setelahnya jemur di bawah sinar matahari hingga beras kering
  3. Siapkan kencur dan parut hingga lembut
  4. Campur parutan kencur menggunakan beras kering di atas
  5. Gunakan masker beras kencur ini ke suluruh bagian wajah dan tunggu hingga tiga puluh menit
  6. Setelah tiga puluh menit, bersihkan masker menggunaka tisu dan bilas menggunakan air hingga tak berbekas

3. Memutihkan wajah

Salah satu solusi yang bisa digunakan untuk memutihkan wajah adalah menggunakan kencur. Penggunaan masker beras kencur, cukup mudah dilakukan mengingat cara pembuatan yang simpel dan bahan yang mudah ditemukan di sekitar.

Dalam merawat kesehatan tubuh sekaligus mempercantik diri, anda bisa menggunakan beras kencur yang diolah menjadi jamu. Jamu sehat ini bisa anda olah sendiri, atau bisa pula membelinya dalam bentuk sachet juga jamu keliling. Jamu beras kencur, umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan alami seperti rimpang jahe, jeruk nipis, buah pala, asam jawa, kunyit, dan bahan alami lainnya.

Agar rasa jamu beras kencur yang anda buat tidak memiliki aroma dan rasa yang kurang enak, anda bisa menambah gula batu ataupun gula merah sebagai tambahan.

 

Related For Manfaat Kencur untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Wajah