Menu

Manfaat Kencur untuk Obat Batuk

August 18, 2016 | Kencur

Batuk merupakan indikasi dari tubuh ketika bagian pernapasan, telinga atau hidung sedang mengalami gangguan. Batuk sendiri bukanlah suatu penyakit melainkan sistem pertahanan tubuh saat tenggorokan mengalami iritasi akibat debu, asap, lendir ataupun makanan.

Batuk bukanlah gangguan yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Namun sayangnya, batuk akan sangat menganggu jika tidak kunjung mereda.

Manfaat kencur untuk batuk

Penyebab batuk

Pengidap batuk biasanya mengalami infeksi di saluran pernapasan karena gangguan dari virus. Batuk sendiri bisa terjadi karena beberapa hal, seperti yang berikut ini.

  1. Karena alergi seperti halnya aelrgi serbuk sari.
  2. Adanya penyakit jangka panjang seperti penyakit paru-paru, bronkitis kronis hingga asma.
  3. Penyakit GERD. Jenis penyakit ini membuat asam lambung berkumpul di esofagus. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya batuk.
  4. Adanya cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.
  5. Merokok atau penggunaan tembakau dengan cara lainnya.
  6. Terkena paparan asap, debu hingga senyawa kimia.

Agar terhindar dari yang namanya batuk, ada baiknya anda berhati-hati dengan menjauhi hal-hal di atas.

Jenis-jenis batuk

Batuk tidak hanya terdiri dari satu jenis batuk saja melainkan terdiri menjadi 2 jenis batuk yakni batuk kronis dan batuk akut. Kedua jenis batuk ini bisa dibedakan berdasarkan waktunya. Dengan demikian, kita bisa tahu jenis batuk apa yang tengah kita alami.

  1. Batuk kronis

Jenis batuk ini, sreingkali diidap oleh anak-anak. Adapun pemicunya adalah penyakut asma, pertukis juga tuberkolosis. Bagi anda yang masih asing dengan pertukis, pertukis adalah batuk kronis yang terjadi karena serangan kuman bordetella pertussis. Gangguan ini bisa dicegah dengan melakukan imunisasi DPT.FMJB.

  1. Batuk akut

Jenis batuk yang selanjutnya adalah batuk akut. Jenis batuk ini, terjadi ketika batuk berlangsung dalam 1 episode dan kurang dari empat belas hari. Jika batuk yang dialami lebih dari empat belas hari, dan terjadi  bulan berturut-turut, maka batuk tersebut merupakan jenis batuk kronis.

Mengatasi batuk dengan memanfaatkan kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang secara termurun digunakan sebagai obat alternatif pengusir batuk. Cara membuat ramuan pengusir batuk menggunakan kencur, cukup mudah dilakukan yaitu dengan cara-cara yang berikut ini.

  1. Siapkan bahan-bahan mulai dari 30 gram kencur, gula batu secukupnya serta daun sirih sebanyak 7 lembar.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan mengiris kecil-kesil kencur tersebut, lalu tambahkan daun sirih.
  3. Lalu, rebus campuran bahan-bahan di atas, menggunakan air kurang lebih 600 cc, hingga benar-benar mendidih.
  4. Setelah mendidih beberap saat, dan air bersisa separuhnya, anda bisa menyaring air rebusan dan campurkan gula batu kedalamnya.
  5. Setelah itu, tunggu ramuan kencur di atas hingga agak dingin. Baru kemudian di minum secara rutin setelah makan atau tiap kali batuk dengan frekuensi tinggi.

Walaupun ramuan kencur ini di yakini ampuh dalam menyembuhkan batuk anda, tetapi yang perlu di perhatikan, untuk tetap menghindari hal-hal yang menyebabkan atau pemicu timbulnya batuk. Misalnya, makan goreng-gorengan, keluar rumah saat malam tanpa menggunakan pelindung atau jaket tebal, dan lain sebagainya.

Dan yang perlu diingat lagi, ramuan kencur ini adalah cara penyembuhan dengan menggunakan pengobatan herbal atau alami, jadi efeknya tidak seperti mengkonsumsi obat-obatan kimia yang bisa langsung sembuh dengan sekali, dua kali minum. Tetapi anda harus sabar dan rutin mengkonsumsinya baru akan terasa khasiatnya.

Walaupun mungkin agak lamban, tetapi penggunaan kencur ini sebagai obat batuk, tidak menimbulkan efek samping atau efek buruk di kemudian hari.

Kandungan sehat kencur

Kencur sendiri memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh manusia, karena mengajdung banyak zat sehat sebagai berikut:

  1. Mineral
  2. Pati
  3. Sineol
  4. Asam sinamat
  5. Minyak-minyak atsiri
  6. Gom
  7. Etil ester
  8. Asam metil dan penta dekaan
  9. Bomeol
  10. Alkaloid
  11. Asam anisat
  12. Kemphene
  13. paraemarin

Penggunaan jamu beras kencur sebagai obat batuk, merupakan langkah tepat bagi anda yang ingin menyehatkan tubuh melalui pengobatan herbal, tanpa menggunakan obat-obat kimia yang bisa berakibat buruk di kemudian hari.

Lakukan cara di bawah ini untuk mempercepat proses penyembuhan batuk

Beberapa cara di bawah ini bisa digunakan untuk mengatasi batuk supaya tidak bertambah parah.

  1. Gunakan pakaian hangat

Menggunakan pakaian hangat, sebaiknya dilakukan terutama saat cuaca tengah tidak bersahabat. Penggunaan pakaian tebal atau mungkin jaket, bisa dipilih untuk melindungi tubuh dari suhu dingin sehingga tubuh tetap terasa hangat.

  1. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Selain menggunakan pakaian tebal yang tebal, mengusir batuk bisa pula dilakukan dengan mengonsumsi makanan serta minuman hangat. Anda juga bisa mandi dengan air hangat jika memang suhu udara dan air untuk mandi terasa begitu menyengat dinginnya.

  1. Kurangi jenis makanan manis

Gemar mengonsumsi makanan manis, ternyata memicu terjadinya gejala batuk. Inilah kenapa ada baiknya anda mengurangi jenis makanan ataupun minuman dengan rasa manis.

  1. Gunakan minyak kayu putih

Salah satu cara menghindarkan tubuh dari hawa dingin adalah menggunakan minyak kayu putih. Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih di area tubuh secara merata terutama di bagian leher, dada juga hidung.

  1. Gunakan masker saat berkendara

Ketika berkendara, ada baiknya anda selalu siap dengan masker. Penggunaan masker, dilakukan untuk menghindari benda asing masuk ke dalam sistem pernapasan.

  1. Konsumsi banyak air putih

Mengonsumsi air putih, memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, air putih juga berguna untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari benda asing yang memicu batuk.

Related For Manfaat Kencur untuk Obat Batuk