Menu

Manfaat Kencur untuk Suara

August 22, 2016 | Kencur

Memiliki kualitas suara yang bagus dan menarik, sudah tentu menjadi idaman bagi banyak orang. Namun sayangnya tidak semua orang diberkahi anugrah, suara menawan  tersebut. Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas suara yang anda miliki. Mulai dari melakukan gurah hingga mengonsumsi jamu.

Salah satu ramuan yang memiliki manfaat besar dalam memperbagus kualitas suara adalah kencur. Kencur sendiri banyak dijadikan sebagai ramuan kesehatan berupa jamu yang kini bisa ditemukan dalam bentuk sachet.

Untuk anda yang menginginkan kualitas jamu yang sehat tanpa adanya campuran bahan kimia didalamnya, sebaiknya membuat sendiri ramuan sehat tersebut dirumah.

Manfaat kencur untuk suara

Cara menggunakan kencur dalam memperbaiki kualitas suara

Penggunaan kencur dalam memperbaiki kualitas suara, sebenarnya bukan sesuatu yang baru, mengingat di zaman dulu pun, banyak para pendahulu yang sudah menggunakannya dengan tujuan yang sama. Di jaman dulu penggunaan kencur dilakukan dengan cara mengolahnya menjadi jamu tradisional.

Cara mudah dalam menggunakan kencur untuk memperbaiki kualitas suara adalah dengan cara memakannya secara langsung. Cara ini cukup praktis dilakukan mengingat anda hanya perlu menyiapkan kencur lalu kupas hingga bersih. Langkah selanjutnya adalah dengan mencucinya menggunakan air hangat.

Jika memang anda tahan dengan rasa dan aroma kencur, anda bisa melakukan cara di atas yakni mengunyah dan menelannya secara langsung. Namun, jika tidak kuat dengan roma dan rasanya, anda bisa menghaluskan kencur terlebih dahulu baru kemudian menelannya. Jika masih kurang puas, anda bisa mengonsumsi kencur sesuai dengan cara yang anda minati.

Baca juga: Manfaat temu ireng untuk kecantikan

Tips agar kualitas suara bisa lebih baik

Dalam memelihara supaya kualitas suara tetap bagus, ternyata terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah yang berikut ini.

  1. Kurangi jenis makanan yang berminyak

Konsumsi terlalu banyak makanan dengan kadar minyak tinggi, bisa menurunkan kualitas suara. Tidak heran jika banyak penyanyi yang menghindari makan gorengan untuk mempertahankan kualitas suara mereka.

Jenis makanan berminyak sendiri, merupakan makanan yang tidak sehat yang mampu meningkatkan resiko seseorang terkena jenis penyakit dari yang ringan hingga penyakit berat sekalipun.

  1. Perbanyak serat

Makanan berserat merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sekaligus mempertahankan kualitas suara yang anda miliki. Selain perbanyak serat, anda juga disarankan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup.

  1. Konsumsi kencur

Mengonsumsi kencur merupakan langkah tepat untuk memperbaiki kualitas suara. Seperti yang telah dijelaskan di atas, kencur merupakan jamu tradisonal yang telah sejak dulu digunakan untuk pengobatan sekaligus mempercantik suara.

Kencur juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan di bagian kerongkongan terutama saat kerongkongan berlendir atau kering. Penggunaan kencur, dapat dilakukan untuk menghilangkan lendir sehingga suara bisa kembali nyaring.

  1. Hindari telalu banyak berteriak

Gemar berteriak, memiliki efek negatif yang sebaiknya dihindari. Berteriak-teriak membuat pita suara menjadi aus. Alhasil suara yang tadinya menarik juga akan berkurang daya tariknya.

  1. Istirahat yang cukup

Jika stamina bagus maka kualitas suara juga akan lebih terjaga. Istirahat yang cukup membuat tubuh menjadi lebih segar sehingga perfoma juga akan semakin baik.

  1. Gemar berlatih

Gemar berlatih menjadi salah satu cara wajib yan tidak boleh ditinggalkan. Melatih suara bisa dilakukan dengan banyak cara dimana salah satunya adalah mendatangkan guru nyanyi. Namun jika memang tidak berniat mendatangkan guru nyanyi, anda bisa berlatih sendiri di rumah.

Melatih suara dengan bernyanyi bisa dilakukan dengan cara menyanyikan lagu yang menjadi kegemaran anda. Kuasai lagu tersebut lalu bernyanyilah. Jika perlu tiru suara artis yang kamu gemari dan perhatikan cara mereka bernyanyi.

Saat anda merasa kualitas suara yang anda miliki meningkat, ada baiknya anda meminta orang lain untuk mendengarkannya. Suara yang didengar oleh orang dan suara yang kita dengar sendiri tentu berbeda. Inilah kenapa ada baiknya anda mendengar pendapat dari orang.

Minta orang lain untuk berpendapat secara jujur dan jangan lupa untuk meminta saran. Saran yang baik tentu adalah saran yang membangun. Gunakan saran-saran sebagai cara memperbaiki kualitas suara yang anda miliki.

Dengan secara rutin mengonsumsi kencur, kemungkinan besar kualitas suara anda akan semakin merdu, dan meningkat dari waktu ke waktu.

Related For Manfaat Kencur untuk Suara