Menu

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Reproduksi

August 28, 2016 | Kunyit

Kunyit atau dalam bahasa Jawa disebut juga dengan kunir sejak jaman dahulu dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Tidak hanya sebagai bahan masakan maupun lambang kesuburan, kunyit juga merupakan lambang kesejahteraan kemakmuran dan kesehatan bagi masyarakat Hindu dari jaman dahulu hingga saat ini.

Senyawa minyak atsiri dan kurkuminoid pada kunyit dipercaya mampu menjaga kesehatan organ reproduksi, mengurangi gejala hangguan pencernaan serta mengurangi gejala penyakit kronis seperti hepatitis, peradangan sendi, alzheimer, kanker dan lainnya. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan organ reproduksi terutama pada wanita.

Manfaat kunyit bagi kesehatan reproduksi

Manfaat kunyit bagi kesehatan organ reproduksi

  1. Melancarkan menstruasi

Minuman sari kunyit seperti kunyit asam tentunya sangat terkenal mengurangi berbagai keluhan gangguan menstruasi. Sifat senyawa kunyit yang mampu mengencerkan dan memecah penggumpalan darah membantu darah haid bisa keluar dengan lancar serta mengurangi bau tak sedap akibat bakteri yang turut keluar saat menstruasi.

  1. Mengobati keputihan

Senyawa kurkuminoid pada kunyit juga berperan sebagai anti bakteri dan anti inflamasi pada organ kewanitaan sehingga mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Selain itu, senyawa ini juga mampu mengendalikan kadar gula darah sehingga pertumbuhan bakteri jahat pada organ kewanitaan bisa berkurang. Seperti yang telah diketahui, kadar gula yang tinggi pada darah bisa memicu pertumbuhan bakteri dan jamur pada organ kewanitaan.

  1. Mencegah kanker serviks

Kanker serviks bisa disebabkan karena virus atau keputihan yang berkepanjangan. Senyawa aktif kurkuminoid, vitamin serta antioksidan pada kunyit mampu mengurangi resiko munculnya kanker pada serviks. Kunyit juga bisa meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh terutama pada organ reproduksi sehingga mampu melawan virus penyebab kanker serviks dan penyakit lainnya.

  1. Mengurangi kram perut pada saat menstruasi

Sebelum atau selama masa menstruasi, biasanya tubuh terasa nyeri di bagian payudara, perut bagian bawah, punggung dan panggul. Hal ini disebabkan karena adanya zat kimia prostaglandin yang menyebabkan kontraksi pada otot rahim sehingga memunculkan rasa sakit dan peradangan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum ramuan kunyit, karena kunyit bisa menghambat aktivitas prostaglandin dan melemaskan otot-otot di sekitar rahim sehingga nyeri pun bisa berkurang.

Nyeri menstruasi bisa dikurangi mengkonsumsi ramuan kunyit asam yang banyak dijual di pasaran atau membuat sendiri ramuan herbal tersebut.

Caranya cukup haluskan beberapa rimpang kunyit, 1 butir cengkih, 7 butir ketumbar, biji pala dan asam jawa. Rebus bahan yang telah dihaluskan tersebut dalam 150 ml air hingga mendidih. Saring air rebusan dan tunggu hingga hangat untuk meminumnya. Ramuan ini cukup diminum 1 kali sehari 100 ml untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Meningkatkan kesuburan.

Bagi pasangan yang baru menikah, mengkonsumsi kunyit secara teratur bisa meningkatkan kesuburan sehingga meningkatkan peluang kehamilan. Bagi masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat, biasanya sebelum menikah, mempelai wanita diminta mengkonsumsi seduhan kunyit dan gula aren selama 3 hari berturut-turut untuk meningkatkan kesuburannya.

Itulah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan reproduksi. Meskipun kunyit baik untuk dikonsumsi, namun bagi ibu hamil tidak diperkenankan mengkonsumsi tanaman herbal ini. hal ini disebabkan karena mengkonsumsi kunyit bisa merangsang rahim sehingga bisa beresiko terjadi keguguran.

Selain itu, jangan mengkonsumsi kunyit secara berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan pada jantung serta memperburuk masalah kandung empedu. Oleh sebab itu, konsumsilah sesuai takaran yang dianjurkan dokter Anda dan imbangi dengan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.

Related For Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Reproduksi