Menu

Inilah Manfaat Kunyit Bagi Lambung Yang Wajib Anda Ketahui

August 27, 2016 | Kunyit

Kunyit bisa dibilang sebagai tanaman superherbal. Tanaman ini terkenal memiliki banyak khasiat, bukan hanya bisa mengatasi satu atau dua jenis penyakit, tetapi banyak jenis penyakit. Selain mengatasi segala ragam penyakit, tanaman ini juga sangat bagus dalam menjaga kebugaran tubuh kita.

Manfaat kunyit bagi lambung

Salah satu dari sekian banyak manfaat tanaman ini adalah khasiatnya dalam mengatasi  segala  permasalahan lambung anda. Kandungan zat-zat dalam kunyit seperti zingiberene, borneol, turmerone, cineol, dan alkaloid curcumin membantu meringankan kerja usus, sebagai antibakteri dan mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan.

Manfaat Kunyit Bagi Lambung

  1. Mengobati asam lambung.

Produksi asam lambung yang berlebihan tidak hanya bisa melukai lambung tapi juga menyerang ke organ lain di sekitar lambung. Senyawa atsiri dan kurkuminoid pada kunyit mampu mengurangi produksi asam lambung berlebih dan mengurangi nyeri akibat luka pada dinding lambung.

Untuk mengurangi gejala asam lambung, Anda bisa mengkonsumsi ramuan kunyit yang terbuat dari rebusan dua rimpang kunyit dengan 1,5 gelas air. Minum ramuan ini tiga kali sehari bila perlu tambahkan gula aren atau madu sebagai penambah rasa.

  1. Mengurangi penumpukan gas di lambung

Penumpukan gas di lambung bisa menyebabkan perut terasa kembung dan memicu terjadinya colitis atau penyakit saluran pencernaan kronis. Kunyit mampu membantu mengurangi gas pada saluran pencernaan atas, meningkatkan flora usus serta mengurangi resiko kekambuhan colitis.

  1. Mengatasi sembelit

Selain memperlancar proses penyerapan pada usus, kunyit juga mampu melancarkan gerakan peristaltik usus besar sehingga makanan pun bisa berjalan dengan lancar serta mengurangi resiko terjadinya wasir.

  1. Mengatasi sindrom iritasi usus

Penderita sindrom iritasi usus (IBS) biasanya akan mengalami gejala sulit buang air besar bahkan diare, merasa kembung dan merasa tidak nyaman di daerah perut. Sindrom ini mengganggu gerak peristaltik usus sehingga pengeluaran lendir dinding usus besar terganggu. Stres dan pola makan kurang serat biasanya menjadi penyebab dari penyakit ini.

Kandungan senyawa aktif kurkuminoid pada kunyit memiliki kemampuan sebagai antimikroba dan anti inflamasi sehingga mampu memperbaiki gangguan saluran pencernaan dan memperbaiki dinding usus yang luka.

Untuk mengatasi sindrom iritasi usus, Anda bisa meminum 1 sendok makan air seduhan ekstrak kunyit dengan air putih. Atau bisa juga dengan meminum air perasan parutan 2-3 rimpang kunyit yang diseduh dengan segelas air. Ramuan ini bisa diminum 4 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Membantu proses penyerapan lemak dan vitamin dalam usus kecil.

Mengkonsumsi kunyit dapat membantu proses pencernaan makanan pada lambung dan usus. Kunyit membantu proses pelepasan empedu pada kandung empedu yang berperan dalam proses penyerapan vitamin larut lemak pada usus kecil.

  1. Menjaga kesehatan lambung.

Kunyit mampu merangsang produksi lendir pada dinding lambung sehingga lambung lebih terlindungi dari makanan yang bersifat korosif.

Untuk menjaga kesehatan lambung, Anda bisa meminum ramuan kunyit yang terdiri dari air perasan parutan kunyit yang ditambah dengan 1 sendok makan madu dan jeruk nipis atau gula merah sebagai penambah rasa. Minum ramuan ini 2-3 kali seminggu satu gelas di pagi hari.

Demikian manfaat kunyit bagi lambung, selain mengkonsumsi kunyit, konsumsilah makanan yang mengandung banyak serat serta kurangi makanan yang terbuat dari tepung untuk menjaga kesehatan lambung.

Meskipun termasuk bahan alami, sebelum mengkonsumsi kunyit sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda agar terhindar dari efek samping yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Related For Inilah Manfaat Kunyit Bagi Lambung Yang Wajib Anda Ketahui