Menu

5 Manfaat Kunyit Campur Daun Sirih Yang Akan Mengejutkan Anda

September 2, 2016 | Kunyit

Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang terkenal di masyarakat untuk mengatasi permasalahan di organ kewanitaan dan menjaga kebersihan tubuh. Sifat antiseptik dalam kandungan daun sirih berguna untuk mengatasi permasalahan infeksi dan peradangan serta menjaga kebersihan organ-organ tubuh terutama di organ kewanitaan.

Khasiat daun sirih tersebut tentunya akan semakin ampuh jika dipadukan dengan ramuan kunyit yang juga memiliki sifat anti bakteri, anti inflamasi, antivirus dan sumber antioksidan bagi tubuh. Apa saja manfaat lainnya dari ramuan campuran kunyit dan daun sirih ini? Berikut ini beberapa manfaat kunyit campur daun sirih bagi kesehatan tubuh.

Manfaat campuran kunyit dan sirih

Beberapa Manfaat Kunyit Campur Daun Sirih Bagi Kesehatan  

  1. Mengatasi Jerawat

Campuran daun sirih dan kunyit mampu mengurangi jerawat yang muncul di wajah, di punggung maupun di area lainnya. Kandungan antiseptik dan antijamur pada daun sirih serta kandungan anti bakteri pada senyawa kunyit bermanfaat untuk membersihkan kotoran dan  mencegah tumbuhnya jamur pemicu jerawat di kulit serta mencegah iritasi.

  1. Mencegah kanker serviks

Kandungan senyawa antibakteri dan antivirus pada daun sirih dan kunyit juga terbukti ampuh mencegah kanker serviks karena mampu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi virus penyebab kanker serviks serta menjaga kesehatan organ kewanitaan.

  1. Mengurangi rasa sakit ketika menstruasi

Jika Anda sering mengalami rasa sakit ketika menstruasi, Anda bisa mengkonsumsi ramuan campuran kunyit dan daun sirih untuk meredakan rasa sakit serta melancarkan darah haid. Anda bisa mencampurkan beberapa lembar daun sirih ke dalam air rebusan kunyit. Kemudian minum ramuan ini ketika sedang mengalami kram menstruasi.

  1. Mengobati keputihan

Keputihan sering menyebabkan rasa tidak nyaman dan jika dibiarkan bisa mengakibatkan penyakit lainnya yang lebih parah seperti kanker serviks. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan ramuan kunyit yang dicampur dengan daun sirih.

Kandungan anti bakteri pada daun sirih dan senyawa kurkuminoid pada kunyit mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan dan mengurangi bau tak sedap pada organ kewanitaan.

Ramuan campuran kunyit dan daun sirih ini bisa Anda buat dengan cara merebus potongan 1 rimpang kunyit, potongan 1 ruas bangle, 1 jari kulit batang krangean, 10 lembar daun sirih ke dalam 2 liter air. Rebus hingga mendidih dan diamkan beberapa saat agar tidak terlalu panas kemudian gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan ketika mandi pagi dan sore.

  1. Memulihkan stamina setelah menstruasi atau melahirkan

Ramuan kunyit dan daun sirih juga bermanfaat untuk memulihkan stamina setelah menstruasi atau melahirkan. Campuran daun sirih dan kunyit juga membantu mengurangi lendir yang berlebihan, mengurangi bau badan serta menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Anda bisa membuat ramuan jamu kunyit dan daun sirih ini dengan menggunakan bahan-bahan seperti 250 gram rimpang kunyit, 1 sendok makan asam jawa, 200 gram gula merah, daun sirih 10-15 lembar, dan garam sebanyak ½ sendok makan.

Pertama-tama, haluskan kunyit, kemudian masukkan pasta kunyit tersebut ke dalam rebusan daun sirih dan 2,5 liter air. Masukkan asam jawa, gula merah dan garam. Rebus hingga mendidih selama 20 menit. Tunggu hingga dingin kemudian disaring. Ramuan kunyit dan daun sirih siap dikonsumsi.

Demikian manfaat kunyit campur daun sirih bagi kesehatan. Sebaiknya batasi konsumsi ramuan kunyit dan daun sirih ini hanya pada saat menstruasi saja dan jangan terlalu sering karena bisa mengakibatkan efek samping gangguan pada pencernaan.

 

Related For 5 Manfaat Kunyit Campur Daun Sirih Yang Akan Mengejutkan Anda