Menu

Manfaat Kunyit Campur Jahe Berikut Cara Pengolahannya

September 4, 2016 | Kunyit

Kunyit dan jahe merupakan rempah-rempah yang sering kita jumpai sebagai bahan campuran makanan. Tapi tahukah Anda bahwa campuran kunyit dan jahe juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh? Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya akan vitamin C dan B6, kalsium, zat besi, senyawa minyak atsiri dan fosfor.

Sementara itu,  kandungan senyawa kurkuminoid pada kunyit merupakan zat yang ampuh mengobati berbagai penyakit, mencegah peradangan dan menghambat pertumbuhan bakteri.

Kombinasi dari kedua bahan ini dipercaya bisa mengobati penyakit serta menambah kekebalan tubuh. Lalu apa saja manfaat dari kunyit campur jahe lainnya? Berikut ini ulasan manfaat kunyit campur jahe bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat kunyit dan jahe

Beberapa Manfaat Kunyit Campur Jahe Bagi Kesehatan Tubuh Kita

  1. Sebagai pereda radang tenggorokan

Campuran kunyit dan jahe bisa menjadi obat alami pereda radang tenggorokan. Kandungan senyawa minyak atsiri pada jahe maupun kunyit tidak hanya meredakan radang tenggorokan, tapi juga menghangatkan bagan tenggorokan.

Anda bisa membuat ramuan pereda radang tenggorokan ini dengan mencampur 2 sendok makan air perasan jahe dan kunyit yang diparut dengan air perasan 1 buah jeruk nipis. Untuk menambah rasa dan khasiat ramuan ini, Anda bisa menambahkan 1 sendok madu asli atau gula batu ketika meminumnya.

  1. Membersihkan dan mendetoksifikasi hati

Campuran kunyit, jahe dan jus lemon dipercaya mampu membersihkan, mendetoksifikasi dan menjaga fungsi hati.

Ramuan penjaga fungsi hati tersebut bisa Anda buat dengan cara mencampur ½ sendok teh jahe bubuk, ½ sendok teh kunyit bubuk dengan 1½ gelas air kemudian rebus hingga mendidih selama 5 sampai 10 menit. Kemudian saring air rebusan tersebut dan tuangkan ke dalam gelas.

Tambahkan jus lemon dan 1 sendok makan madu, aduk hingga merata. Ramuan detoks hati pun siap untuk diminum.

  1. Menjaga kesehatan dan stamina tubuh

Ramuan yang terdiri dari campuran jahe dan kunyit juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga stamina tubuh agar tetap bugar.

Cara membuat ramuan kesehatan ini yakni dengan mencampur 1 sendok teh kunyit bubuk, 1 sendok makan air perasan jeruk nipis, 1 sendok teh madu mentah, 1 sendok teh jahe segar yang ditumbuk, 1 siung bawang putih yang dipotong dadu dengan ½ cangkir air.

Rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih kemudian diamkan beberapa saat lalu diminum.

  1. Meredakan radang sendi dan arthritis

Seperti halnya rempah-rempah lainnya, jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan pembengkakan, peradangan dan nyeri pada sendi.

Anda bisa membuat ramuan pereda nyeri sendi ini dengan cara mencampur ½ sendok teh kunyit bubuk dan jahe bubuk ke dalam 2 gelas air mendidih. Biarkan campuran tersebut mendidih selama 15-30 menit kemudian saring air rebusan tadi. Sebagai penambah rasa, Anda bisa menambahkan madu ketika meminumnya.

Selain itu, ramuan pereda arthritis juga bisa dibuat dengan mencampurkan bubuk fenugreek, bubuk kunyit dan bubuk jahe. Kombinasi bahan-bahan tadi kemudian dikonsumsi bersamaan dengan air hangat sebanyak dua kali sehari hingga nyeri arthritis mereda.

  1. Meredakan sakit perut saat haid

Ramuan yang terdiri dari air perasan dari parutan 1 rimpang kunyit, jahe dan ½ rimpang kencur serta air perasan jeruk nipis yang diseduh dengan ½ gelas air panas bisa membantu meredakan sakit perut saat hari pertama haid.

Itulah beberapa manfaat kunyit campur jahe bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Related For Manfaat Kunyit Campur Jahe Berikut Cara Pengolahannya