Menu

Inilah Manfaat Kunyit Campur Telur Yang Mencengangkan

September 2, 2016 | Kunyit

Kunyit atau kunir merupakan salah satu tanaman herbal yang terbukti memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Untuk memperoleh khasiat kunyit, kita bisa mengolahnya dengan diparut atau dihaluskan kemudian diperas untuk mendapatkan air perasan kunyit untuk dikonsumsi sebagai ramuan kesehatan.

Sedangkan telur merupakan salah satu sumber protein bagi tubuh yang bisa dikonsumsi sebagai lauk atau dikonsumsi langsung dengan tambahan beberapa rempah-rempah. Anda juga bisa mencampur air perasan kunyit dengan telur yang kaya protein untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Lalu apa saja manfaat kunyit campur telur bagi kesehatan? Berikut ini ulasannya.

Manfaat kunyit campur telur

Beberapa Manfaat Kunyit Campur Telur

  1. Meningkatkan Daya Tahan tubuh

Campuran kunyit, telur dan santan bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga stamina tubuh.

Kandungan senyawa kurkuminoid pada kunyit serta senyawa antimikroba pada santan bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi virus seperti virus flu dan infeksi bakteri. Selain itu, senyawa phosphotidycholine pada telur juga sangat baik untuk kesehatan otak dan sistem saraf.

  1. Mengobati Anemia

Campuran air perasan kunyit, telur ayam kampung dan sedikit madu juga bermanfaat untuk mencegah anemia karena mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan mengembalikan kebugaran tubuh.

  1. Meredakan Sakit Maag

Mengkonsumsi kunyit yang dicampur dengan telur dan madu juga baik bagi penderita sakit maag akut atau penyakit asam lambung. Kandungan senyawa kurkuminoid pada kunyit terbukti ampuh meredakan gejala maag karena memiliki sifat anti inflamasi yang baik bagi lambung.

  1. Meredakan Sakit Perut Saat Haid

Campuran kunyit , kuning telur dan madu juga sangat baik dikonsumsi pada saat haid karena bisa mengurangi nyeri perut karena haid, memulihkan stamina tubuh serta membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

  1. Menyembuhkan Wasir

Wasir atau hemorrhoid merupakan penurunan bantalan anus yang disebabkan oleh banyak hal seperti duduk terlalu lama, faktor keturunan atau kesalahan pada gerakan olahraga.

Penyakit ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan alami seperti campuran kuning telur ayam kampung, air perasan jeruk nipis, air perasan parutan kunyit dengan sedikit madu. Ramuan ini bisa diminum sebelum tidur sampai sakit waasir mereda.

  1. Meredakan demam

Campuran kunyit, kuning telur dan madu juga bermanfaat sebagai obat alami pereda demam yang tidak memiliki efek samping.

Kandungan zat besi pada kunyit, protein dan kolin pada telur serta kandungan anti mikroba dan antioksidan pada madu bisa mempercepat proses penyembuhan dan mengembalikan stamina tubuh yang menurun akibat demam.

  1. Mengatasi Keracunan Makanan

Ramuan kunyit campur telur juga bisa mengatasi keracunan akibat mengkonsumsi makanan seperti udang, jamur singkong, kepiting, ikan dan makanan lainnya. Caranya cukup mengkonsumsi campuran air perasan kunyit yang dicampur kuning telur ayam kampung kemudian diminum sekali habis.

  1. Mengatasi Impotensi

Mengkonsumsi kunyit campur telur juga baik bagi kaum pria salah satunya yakni  mengatasi permasalahan impotensi.

Ramuan yang terdiri dari bahan-bahan seperti 5 gram kunyit, 10 gram adas, 10 gram bawang putih, 20 gram merica serta 25  gram pulosari yang dihaluskan kemudian dicampur dengan kuning telur dan 10 gram madu murni bisa membantu mengobati impotensi.

Baca juga: Manfaat dan kandungan tanaman lempuyang wangi

Konsumsilah ramuan ini secara teratur setiap 2 jam setelah makan agar proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Itulah beberapa manfaat kunyit campur telur bagi kesehatan tubuh. Anda bisa mengkombinasikan campuran kunyit dan telur ini dengan rempah-rempah lainnya, agar manfaatnya semakin optimal.

Related For Inilah Manfaat Kunyit Campur Telur Yang Mencengangkan