Menu

Manfaat Kunyit Putih, Kunyit Kuning dan Kunyit Hitam

August 25, 2016 | Kunyit

Tidak hanya sebagai bumbu masakan, kandungan kurkumin kunyit yang lebih tinggi daripada rimpang lain dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berbagai jenis penyakit terbukti bisa disembuhkan oleh ramuan berbahan kunyit ini. Adapun menurut jenisnya, tanaman kunyit ini terbagi menjadi 3 jenis, yakni kunyit putih, kunyit kuning dan kunyit hitam.

Manfaat kunyit kuning

Semua jenis tersebut sama-sama sangat bermanfat buat kesehatan manusia. Untuk lebih jelasnya, mengenai masing-masing manfaat dari ketiga jenis kunyit ini, silahkan simak informasi lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Manfaat temulawak untuk anak

Manfaat Kunyit Putih

1. Mencegah kanker payudara

Kandungan berbagai bahan alami terutama kurkumin pada kunyit putih terbukti berkhasiat untuk mencegah dan mengurangi gejala kanker payudara.

Untuk membuat ramuan pencegah kanker payudara, Anda bisa meminum sari parutan kunyit atau merebus kunyit dan keladi putih yang telah dipotong-potong dengan 4 gelas air. Rebus hingga tinggal setengahnya kemudian saring. Tunggu hingga dingin dan bila perlu tambahkan madu untuk memberi rasa ramuan ini.

2. Mengobati gejala keputihan.

Keputihan yang parah jika dibiarkan tanpa penanganan lebih lanjut bisa memicu terjadinya kanker serviks. Kandungan zat pada kunyit putih mampu menghambat pembengkakan  jaringan tubuh dan peradangan serta sebagai antibiotik sehingga efektif mengurangi gejala keputihan.

3. Mengurangi gejala sakit maag

Bagi Anda yang memiliki sakit maag atau asam lambung, mengkonsumsi kunyit bisa mengurangi gejala sakit maag dan mengurangi resiko kekambuhan penyakit tersebut.

Untuk mengurangi gejala sakit maag, Anda bisa memarut atau menghaluskan kunyit putih mentah yang telah dibersihkan, kemudian peras airnya. Ramuan ini bisa diminum pagi dan sore. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kunyit putih sebagai bumbu masakan sehari-hari untuk menjaga kesehatan lambung.

4. Menambah nafsu makan.

Jika Anda mudah merasa kelelahan dan tidak bernafsu makan, mengkonsumsi air seduhan kunyit. Anda bisa menyeduh irisan kunyit dalam secangkir teh hangat dan meminumnya secara rutin untuk meningkatkan nafsu makan dan menjaga kebugaran tubuh.

Manfaat Kunyit Kuning

1. Sebagai bumbu masakan

Kunyit kuning merupakan jenis kunyit yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Mencampurkan sedikit bubuk kunyit ke dalam masakan akan membantu menjaga kesehatan tubuh tanpa mempengaruhi rasa masakan.

2. Meredakan stress.

Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit kuning juga ampuh untuk merelaksasi kerja otak, mengurangi stres dan menyegarkan badan setelah letih bekerja seharian.

Untuk mendapatkan manfaat kurkumin kunyit kuning, Anda bisa mengiris 30 gram rimpang kunyit, kemudian diperas. Perasan kunyit tersebut kemudian diseduh dengan 250 ml teh hangat.

3. Mencegah pembekuan dan penggumpalan darah penderita diabetes

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi ramuan kunyit bisa membantu mencegah penggumpalan dan pembekuan darah. Kunyit membantu mengencerkan darah sehingga mengurangi resiko penderita diabetes terkena stroke.

Untuk membuat ramuan pencegah pembekuan darah, cukup bersihkan 3 rimpang kunyit, kemudian haluskan dengan blender. Saring kunyit yang telah dihaluskan kemudian minum airnya.

4. Sebagai bahan pewarna.

Kunyit kuning tidak hanya bermanfaat dalam menjaga kesehatan, tapi juga bermanfaat dalam bidang industri. Beberapa industri pakaian dan cat menggunakan kunyit kuning sebagai bahan pewarna alami pada produk mereka.

Manfaat Kunyit Hitam

1. Meningkatkan stamina penderita jantung koroner

Bagi penderita jantung koroner, mengkonsumsi kapsul ekstrak kunyit hitam secara rutin tiga kali sehari setelah makan mampu meningkatkan stamina dan menjaga kebugaran tubuh.

2. Mengobati radang usus

Kapsul ekstrak kunyit hitam juga berkhasiat untuk mengobati penyakit radang usus. Minum satu kapsul yang mengandung 500 mg ekstrak kunyit hitam setiap pagi dan sore untuk mengurangi gejala radang usus dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

3. Meredakan migren

Untuk meredakan migren, cukup haluskan rimpang kunyit hitam segar dan aplikasikan pada dahi penderita migren.

4. Mengobati penyakit kulit

Kunyit hitam juga sering digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti kudis dan ruam kulit. Untuk mengobati kudis dan ruam kulit, tumbuk beberapa rimpang kunyit hitam, campur dengan minyak kelapa kemudian aplikasikan pada kulit yang terdapat kudis dan ruam kulit.

Demikian di atas telah kami jelaskan mengenai berbagai manfaat dari ketiga jenis kunyit ini. Semoga bisa menambah wawasan pembaca semua.

Related For Manfaat Kunyit Putih, Kunyit Kuning dan Kunyit Hitam