Menu

Kandungan & Manfaat Kunyit Putih Untuk Keputihan

August 27, 2016 | Kunyit

Masalah-masalah pada organ reproduksi seperti bau tak sedap, lembab, gatal dan keputihan bisa disebabkan oleh adanya peradangan di organ reproduksi karena bakteri Fluor Albus, jamur atau virus. Keputihan bisa menyebabkan rasa nyeri ketika datang bulan dan memicu alergi terhadap sperma sehingga bisa menghambat kehamilan serta memicu timbulnya penyakit kanker serviks.

Manfaat kunyit putih untuk keputihan

Untuk mencegah dan mengobati keputihan, Anda bisa melakukan pengobatan secara alami menggunakan ramuan herbal dari tanaman kunyit putih atau meminum kapsul ekstrak kunyit putih yang dijual di toko obat.

Kandungan Kunyit Putih

Kunyit putih mengandung zat kurkumin, desmetoksi kurkumin dan bisdemetoksi kurkumin yang mampu mencegah munculnya bakteri dan jamur, sebagai sumber antioksidan, memiliki manfaat anti inflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan pada organ reproduksi.

Sebagai catatan, kunyit memiliki kandungan kurkumin sebesar 3% – 8% lebih tinggi daripada kandunggan kurkumin pada temulawak yang hanya 1,5% – 2% saja. Kandungan zat-zat inilah yang menyebabkan kunyit putih sangat ampuh jika digunakan sebagai obat atau pencegahan keputihan yang berlebih.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Keputihan

  1. Pereda stres

Zat kurkumin ini juga terkenal sebagai pereda stres sehingga orang yang mengkonsumsi kunyit bisa lebih relaks dan segar. Apabila stres berkurang, resiko terjadi keputihan pun bisa berkurang.

  1. Membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihan

Kandungan zat kurkuminoid kunyit putih terbukti ampuh membasmi bakteri dan jamur penyebab keputihans karena bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan anti virus alami.

  1. Meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi kunyit putih secara teratur juga bisa menjaga stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tidak hanya di bagian organ reproduksi tetapi juga seluruh tubuh.

  1. Mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus.

Wanita penderita diabetes melitus memiliki resiko terkena keputihan daripada wanita sehat. Meningkatnya kadar gula dalam darah bisa menyebabkan bakteri dan jamur pada organ reproduksi berkembang dengan cepat. Dengan mengkonsumsi kunyit putih, kadar gula dalam darah bisa dikendalikan sehingga pertumbuhan bakteri dan jamur pun bisa berkurang.

Lalu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan manfaat kunyit putih untuk keputihan agar maksimal?

Ramuan Herbal Untuk Mengobati Keputihan

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari kunyit putih, Anda bisa membuat ramuan herbal untuk mengatasi keputihan yang Anda derita. Cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Ramuan ke-1

Bahan-bahan :

  • Rimpang kunyit putih sebanyak 5 gram.
  • Rimpang temulawak sebanyak 5 gram.
  • Temu kunci sebanyak 1,5 gram.
  • Biji jintan putih sebanyak 1,5 gram.
  • Biji kemukus sebanyak 1,5 gram.
  • Daun sembung sebanyak 1,5 gram.

Cara membuat :

  • Semua bahan tersebut dibersihkan kemudian tambahkan kedalam 3 gelas air lalu rebus hingga tersisa 1 gelas.
  • Sebaiknya konsumsi ramuan ini pada pukul 19.00 – 20.00 sebelum tidur. Konsumsi secara rutin selama 4 – 12 minggu untuk mengurangi peradangan pada organ reproduksi dan mengurangi gejala keputihan.
  1. Ramuan ke-2

Jika ramuan pertama terlalu rumit, Anda bisa mencoba ramuan ke-2 yang lebih sederhana. Cara membuatnya cukup mudah yakni menyiapkan rimpang kunyit putih sebanyak 100 gram. Cuci bersih kunyit putih lalu diparut. Peras parutan kunyit putih kemudian minum air perasan tersebut langsung atau dicampur dengan madu atau air hangat untuk mengurangi rasa getir dari kunyit putih.

Selain mengkonsumsi ramuan herbal, Anda juga bisa mengkonsumsi kapsul ekstrak kunyit putih 2 – 3 kapsul sehari untuk mencegah keputihan. Jagalah selalu kebersihan organ kewanitaan dan hindari stres untuk mengurangi resiko terkena keputihan. Semoga bermanfaat.

Related For Kandungan & Manfaat Kunyit Putih Untuk Keputihan