Menu

Manfaat Lempuyang untuk Maag dan Asam Lambung

August 31, 2016 | Lempuyang

Baik maag maupun asam lambung selalu bisa membuat penderitanya tersiksa dengan gejala yang ditimbulkannya, mual, muntah, kembung dan juga bahkan membuat nafsu makan menurun.

Jika Anda memiliki 2 penyakit ini, yakni maag dan asam lambung dan sedang mencari bagaimana cara yang tepat untuk mengobatinya, sudah tepat kiranya jika Anda meneruskan membaca tulisan ini hingga akhir.

Manfaat lempunyang untuk maag

Manfaat Lempuyang untuk Mengobati Sakit Maag

Sudah tidak diragukan lagi kemampuan tanaman rimpang yang satu ini untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah mengobati maag. Seperti yang kita ketahui, lempuyang terdiri dari 3 jenis, yakni lempuyang wangi, lempuyang pahit dan lempuyang gajah.

Nah, lempuyang yang dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi maag adalah lempuyang wangi dengan ciri-ciri memiliki batang yang semu dan terdiri dari kelopak daun yang saling membungkus. Lempuyang wangi ini juga memiliki rimpang yang berukuran besar dengan warna daging yang kuning pucat.

Sesuai dengan namanya, lempuyang wangi ini memiliki bau yang harum dan rasanya juga pahit. Lempuyang wangi bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit maag ini karena memiliki efek farmakologis, lebih tepatnya sifat analgesik dan sifat antipiretik.

Sifat tersebut mampu menekan prostaglandin, serta dapat bersifat sebagai anti inflamasi yang ampuh untuk meredakan peradangan di dalam lambung penderita maag.

Setelah mengetahui manfaat lempuyang untuk mengobati sakit maag, tentunya Anda juga harus tau cara mengolah lempuyang wangi ini supaya manfaatnya benar-benar terasa. Jika Anda belum tahu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengolah lempuyang menjadi obat sakit maag, yaitu:

  1. Siapkan lempuyang, jahe dan kencur secukupnya serta bangle sebesar setengah jari
  2. Cuci bersih semua bahan yang telah disiapkan tersebut
  3. Setelah bersih, lempuyang dan bangle diiris tipis, sedangkan jahe dan kencur cukup dimemarkan saja supaya aroma dan rasanya keluar
  4. Setelah selesai, rebus semua bahan yang telah disiapkan tadi dengan menggunakan air bersih kira-kira sebanyak 2 gelas
  5. Biarkan sampai mendidih
  6. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan air rebusan tadi
  7. Setelah dingin, saring dan ambil airnya untuk diminum dengan takaran 1 kali minum 1 gelas

Manfaat Lempuyang untuk Mengobati Asam Lambung

Jika di poin pertama menggunakan lempuyang wangi untuk mengobati sakit maag, maka di poin kedua ini akan dijelaskan mengenai cara untuk mengobati asam lambung dengan menggunakan lempuyang, lebih tepatnya lempuyang gajah.

Lempuyang gajah ini memiliki ciri-ciri rimpang yang agak pahit dan pedas seperti menthol dan bentuknya agak bulat telur terbalik atau pipih dengan daging yang berwarna kuning.

Lempuyang gajah bisa membantu mengatasi asam lambung karena memiliki sifat yang dingin. Sama dengan lempuyang wangi, lempuyang gajah ini juga memiliki sifat analgesik dan antipiretik yang ampuh untuk menghambat peradangan yang diakibatkan oleh induksi prostaglandin.

Nah, untuk memanfaatkan lempuyang gajah sebagai obat sakit asam lambung, Anda dapat mengolahnya dengan cara sebagai berikut:

  1. Siapkan lempuyang gajah secukupnya
  2. Kupas lalu cuci hingga bersih lempuyang gajah tersebut
  3. Setelah itu, memarkan lempuyang gajah yang telah dibersihkan lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih
  4. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan air rebusan lempuyang ini
  5. Jika sudah dingin, Anda dapat meminumnya dengan menambahkan pemanis seperti madu jika Anda suka

Nah, itulah manfaat lempuyang untuk mengobati sakit maag dan asam lambung. Semoga dapat membantu Anda untuk mengembalikan kesehatan Anda, semoga bermanfaat.

Related For Manfaat Lempuyang untuk Maag dan Asam Lambung