Menu

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan

September 26, 2016 | Lengkuas

Diantara sederetan rempah yang bisa digunakan untuk melengkapi rasa masakan, pengobatan berbagai macam penyakit dan perawatan kecantikan, lengkuas termasuk salah satu di dalamnya.

Ya, rimpang yang juga memiliki nama latin Alpinia galanga ini banyak dimanfaatkan untuk sayur asam, tumis dan santan. Pun begitu, lengkuas juga banyak digunakan sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit dengan ditambahkan beberapa bahan lain. Bahkan sekarang ini, lengkuas juga banyak digunakan sebagai bahan campuran kosmetik.

manfaat-lengkuas-untuk-kecantikan

Baca juga: Cara pengolahan dan penggunaan bangle

Lebih jelas lagi, Anda dapat meneruskan membaca artikel ini hingga selesai karena artikel kali ini akan mengulas mengenai manfaat lengkuas untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan

  1. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Jika Anda atau anggota keluarga Anda ada yang sering mengalami gangguan pernapasan, coba saja gunakan lengkuas untuk mengatasinya, karena lengkuas ini mampu mengurangi gangguan pernapasan.

  1. Memberikan Rasa Nyaman pada Perut

Rasa tidak enak pada perut tentu akan mengganggu. Nah, lengkuas ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi rasa tidak enak pada perut tersebut sehingga perut Anda akan kembali terasa nyaman. Lengkuas ini juga sangat membantu bagi Anda yang masih suka mabuk di perjalanan.

  1. Menurunkan Resiko Rematik

Bagi Anda yang memiliki kekhawatiran terkena rematik, mengkonsumsi lengkuas bisa menjadi salah satu cara untuk mencegahnya. Selain mencegah dan menurunkan resiko terkena rematik, lengkuas juga bisa mengobati rematik.

  1. Menurunkan Demam

Anda juga bisa menjadikan lengkuas sebagai obat untuk menurunkan demam, karena lengkuas memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (meredakan sakit) dan antipiretik.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Kanker juga termasuk salah satu penyakit mematikan yang menakutkan. Untuk menurunkan resiko Anda terkena penyakit mengerikan ini, Anda dapat menggunakan lengkuas yang memiliki banyak kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas ini.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Meski terlihat sepele, kesehatan mulut juga penting untuk dijaga. Nah, lengkuas ini bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan mulut Anda dengan cara menjadikan ekstrak akar lengkuas sebagai obat kumur.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Racun yang berada dalam tubuh tentu sangat berbahaya. Nah, lengkuas ini akan membantu Anda untuk mengeluarkannya karena lengkuas memiliki kemampuan untuk mendektoksifikasi tubuh Anda.

Manfaat Lengkuas untuk Kecantikan

  1. Mengobati Bekas Luka Bakar dan Penyakit Kulit

Bekas luka bakar serta penyakit kulit tentu akan mengurangi penampilan Anda. Anda tidak perlu pusing-pusing mencari obatnya, karena lengkuas akan membantu Anda mengatasinya yakni dengan menggosokkan irisan lengkuas pada kulit yang bermasalah secara rutin.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam lengkuas akan sangat membantu Anda dalam mempertahankan kulit indah Anda, karena kandungan antioksidan dalam lengkuas ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan mampu mencegah radikal bebas sehingga Anda pun akan terbebas dari penuaan dini.

  1. Membantu Mengatasi Permasalahan Rambut

Rambut sebagai mahkota wanita tentu harus mendapatkan perhatian juga. Nah, lengkuas ini juga memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut tipis, mengurangi bau pada rambut, merawat rambut yang kering kering dan rapuh serta mengatasi ketombe.

  1. Membersihkan Bekas Jerawat

Dengan kandungan antiseptik yang dimiliki oleh lengkuas, Anda pun dapat mengandalkan lengkuas untuk menghalau bekas jerawat sehingga kulit Anda akan kembali bersih, halus dan tampaj cerah.

Nah, itulah pembahasan mengenai manfaat lengkuas untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

 

Related For Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan dan Kecantikan