Menu

Manfaat Lengkuas untuk Kulit, Rambut dan Jerawat

September 29, 2016 | Lengkuas

Masalah kecantikan kerap menjadi topik utama perbincangan wanita, entah itu mengenai kesehatan kulit, kesehatan rambut atau masalah kulit berjerawat. Memang 3 hal tersebut cukup mendominasi penampilan seseorang.

Ada berbagai macam cream dan produk untuk perawatan baik kulit, rambut ataupun wajah berjerawat yang dapat dengan mudah dibeli di pasaran, bahkan beberapa diantaranya dilabel dengan harga yang tergolong murah. Tetapi, tidak sedikit juga yang masih menaruh minat terhadap perawatan secara tradisional, karena memang perawatan secara tradisional ini lebih aman.

manfaat-lengkuas-untuk-kulit-dan-jerawat

Dan salah satunya adalah dengan memanfaatkan lengkuas. Salah satu jenis rempah yang mempunyai berbagai kandungan baik, yang bisa bermanfaat menyehatkan kulit, rambut dan jerawat.

  1. Manfaat Lengkuas untuk Kulit

Selain membantu ibu dalam menyedapkan rasa beberapa jenis makanan, lengkuas ini juga bermanfaat untuk kulit, diantaranya adalah mencegah penuaan kulit sehingga keremajaan kulit dapat tetap terjaga, mengobati bekas luka bakar dan mengobati berbagai penyakit kulit.

Lengkuas ini memiliki kemampuan mencegah penuaan dini karena di dalam lengkuas terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Anda dapat mendapatkan manfaat lengkuas yang satu ini dengan cara meminum jus lengkuas atau saripatih lengkuas secara rutin.

Tak hanya itu, jika Anda memiliki bekas luka bakar yang tidak segera menghilang, Anda pun dapat menjadikan lengkuas sebagai obat luar untuk mengatas bekas luka bakar tersebut, yakni dengan mengoleskan irisan lengkuas yang mengandung banyak air pada bekas luka bakar.

Selain efektif untuk mencegah penuaan dini dan menghilangkan bekas luka bakar, lengkuas juga bisa mengobati berbagai penyakit kulit, seperti jamur kulit, panu, kudis dan penyakit kulit lainnya. Caranya pun sama, yakni dengan menjadikan lengkuas sebagai obat luar.

  1. Manfaat Lengkuas untuk Rambut

Rambut sebagai mahkota wanita sudah sepatutnya mendapatkan perhatian dan perawatan yang khusus. Untuk memberikan treatment pada rambut inipun Anda juga bisa menggunakan lengkuas.

Lengkuas ini memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan rambut dan kepala, itulah mengapa lengkuas ini juga digunakan sebagai obat ayurvedic.

Tak hanya itu, minyak hasil olahan dari lengkuas juga sangat membantu dalam proses petumbuhan rambut sehingga Anda akan aman dari rambut rontok dan botak, apalagi jika Anda mengkombinasikannya dengan minyak jojoba.

Lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat untuk merawat rambut kering dan rapuh, mengurangi bau pada rambut, dan menghilangkan ketombe secara permanen dengan kandungan antiseptik yang dimilikinya.

  1. Manfaat Lengkuas untuk Jerawat

Ini adalah kabar yang sangat menggirangkan terutama bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit yang mudah berjerawat. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu bingung-bingung lagi mencari obat untuk jerawat karena Anda dapat menemukannya dengan mudah di sekitar Anda bahkan di dapur Anda.

Ya, lengkuas ini dapat membantu membasmi jerawat di wajah Anda karena lengkuas ini memiliki komponen antiseptik serta pembersih wajah yang cukup kuat sehingga juga ampuh mengusir jerawat dari wajah Anda.

Tak hanya membersihkan jerawat, lengkuas juga mampu menghilangkan flek hitam dari wajah Anda karena lengkuas ini juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit.

Untuk tujuan, ini Anda dapat melakukannya dengan cara:

  1. Siapkan lengkuas yang telah dibersihkan secukupnya
  2. Haluskan lengkuas tersebut, bisa dengan cara diparut
  3. Setelah halus, tambagkan sedikit air lalu aduk hingga rata
  4. Setelah diaduk, oleskan pada bagian wajah Anda yang berjerawat

Nah, jika Anda melakukan hal ini secara rutin, dijamin Anda akan segera mendapatkan hasilnya.

Itulah manfaat lengkuas untuk kulit, rambut dan jerawat. Semoga bisa dijadikan referensi yang menambah pengetahuan Anda.

Related For Manfaat Lengkuas untuk Kulit, Rambut dan Jerawat