Menu

Manfaat Minyak Atsiri Lengkuas dan Cara Pengolahannya

September 30, 2016 | Lengkuas

Bagi Anda yang masih memfavoritkan pengobatan tradisional, mungkin Anda sudah familiar dengan minyak atsiri. Minyak atsiri adalah minyak yang didapatkan dari berbagai bagian tumbuhan dan aromanya khas yang tergantung pada jenis tumbuhan itu sendiri.

manfaat-minyak-atsiri-lengkuas

Minyak atsiri ini sudah banyak digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda dan biasanya tidak bisa dicampur dengan bahan lainnya seperti minyak wangi. Minyak atsiri ini juga termasuk komoditas ekspor yang cukup potensial bagi Indonesia.

Apalagi didukung dengan banyaknya potensi sumber minyak atsiri di Indonesia yang salah satunya berasal dari tumbuhan dengan rimpang seperti jahe, kencur, kunyit, lempuyang, temu lawak dan lengkuas.

Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan mengulas tentang manfaat minyak atsiri lengkuas serta cara pengolahannya. Nah, silahkan disimak

Manfaat Minyak Atsiri Lengkuas

Seperti yang kita ketahui, minyak atsiri ini merupakan minyak yang banyak sekali manfaatnya. Karena berbagai manfaatnya tersebut tak heran jika minyak ini sering kali di jadikan sebagai bahan campuran beberapa produk kesehatan maupun kecantikan. Begitu pun dengan minyak atsiri yang terdapat dalam lengkuas ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak atsiri lengkuas, yang perlu Anda ketahui:

  • Digunakan untuk Kompres

Sudah kita ketahui bahwasanya lengkuas ini bisa digunakan untuk menurunkan demam, begitupun dengan minyak atsirinya.

  • Menyegarkan Udara

Jika Anda menyukai aroma lengkuas, ada baiknya juga Anda menggunakan minyak atsiri lengkuas untuk menyegarkan udara, sehingga Anda pun tidak perlu repot-repot lagi membeli pengharum ruangan.

  • Bahan untuk Aromaterapi

Selain dapat digunakan untuk menyegarkan udara, lengkuas juga bisa Anda jadikan sebagai bahan terapi aromaterapi. Tentu saja hal ini akan efektif bagi Anda yang menyukai bau lengkuas yang khas ini.

  • Perawatan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan, lengkuas juga bisa dijadikan sebagai bahan perawatan rambut, begitupun dengan minyak atsirinya. Ini akan membantu rambut Anda lebih wangi, kulit kepala lebih bersih dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Cara Pengolahan Minyak Atsiri

Dalam proses untuk mendapatkan minyak atsiri yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, terdapat empat cara yang biasa dilakukan, yakni ekstraksi dengan menggunakan pelarut atau solvent extraction, pressing atau expression, penyulingan atau distillation, dan adsorpsi oleh lemak padat.

Sedangkan yang paling banyak digunakan oleh para produsen minyak atsiri adalah ekstraksi dengan menggunakan dan pelarut penyulingan.

  • Esktraksi dengan Menggunakan Pelarut

Metode yang pertama dalam pengolahan minyak atsiri adalah dengan menggunakan pelarut. Pelarut yang banyak digunakan diantaranya adalah aseton, lemak, eter, alkohol serta kloroform.

  • Penyulingan

Metode yang kedua dalam pengolahan minyak atsiri adalah penyulingan. Penyulingan ini merupakan metode ekstraksi yang lebih dulu dikenal dalam proses pengolahan minyak atsiri dan cocok untuk diterapkan pada minyak atsiri yang tidak gampang rusak karena panas.

  • Pressing

Metode yang ketiga dalam pengolahan minyak atsiri adalah pressing atau pengepresan. Pengepresan ini dilakukan dengan cara memberikan tekanan pada lengkuas atau tumbuhan lainnya dengan menggunakan alat. Alat ini dinamakan dengan expeller pressing atau hydraulic.

  • Adsorpsi Lemak Padat

Nah, kalau yang metode keempat ini lebih cocok jika diterapkan pada bunga-bungaan seperti bunga melati atau bunga mawar dengan tujuan mendapatkan mutu minyak yang tinggi, sehingga kurang cocok jika diterapkan pada lengkuas.

Oke, itulah uraian mengenai manfaat minyak atsiri lengkuas serta empat cara pengolahannya. Semoga apa yang kami sampaikan ada manfaatnya.

Related For Manfaat Minyak Atsiri Lengkuas dan Cara Pengolahannya