Menu

Manfaat Temu Ireng dan Temulawak

August 21, 2016 | Temu Ireng

Negara Indonesia, merupakan negara dengan ragam tanaman herbal yang begitu banyaknya. Sebagai contoh, adalah temu ireng juga temulawak. Keberadaan tanaman herbal ini telah banyak diketahui terutama untuk keperluan dapur serta menyehatkan tubuh.

Temu ireng atau yang dikenal pula dengan sebutan temu hitam, merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki tinggi sekitar 1 hingga 2 meter. Tanaman ini memiliki tangkai panjang dengan bentuk daun yang bundar serta menyirip. Sementara temu lawak, tanaman ini dikatakan mirip dengan tanaman kunyit meski memiliki kandungan serta manfaat yang berbeda.

Manfaat temu ireng dan temulawak

Kandungan kimia temu ireng

  1. Minyak atsiri
  2. Kurkumol
  3. kurdion
  4. Kurkumenol
  5. Kurzerenon
  6. Isokurkumenol
  7. Kurkumalakton
  8. Kurkumin
  9. Demetykxykurkumin
  10. Lizera dulene
  11. Bisdemethoxykurkumin

Manfaat temu ireng bagi kesehatan

Ada begitu banyak manfaat temu ireng bagi kesehatan seperti halnya yang di bawah ini.

  1. Mengobati penyakit cacing

Salah satu obat yang dinilai manjur dalam mengatasi cacingan adalah temu ireng atau temu hitam. Obat cacingan yang satu ini telah dikenal bahkan sejak zaman nenek moyang dulu. Cara menggunakannya juga cukup mudah yaitu dengan merebus temu ireng yang kemudian dikonsumsi secara rutin.

Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengobatan adalah penggunaan temu ireng yang sebaiknya dikonsumsi secara langsung. Caranya adalah dengan menggunakan air yang masak untuk kemudian dicampur dengan rimpang temu ireng. Jika anda merebusnya terlebih dahulu, ditakutkan zat aktif yang melawan cacing akan hilang karena panas. Jika zat aktif telah hilang, maka manfaat temu ireng juga akan jauh berkurang.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Satu lagi masalah yang sering kali ditemui pada mereka yang masih anak-anak adalah nafsu makan berkurang. Meningkatkan nafsu makan berkurang  anak, bisa dilakukan dengan cara memberi anak rebusan air rimpang temu ireng.

Jika secara rutin konsumsi temu ireng dilakukan, hal ini mampu membuat berat badan anak semakin meningkat karena nafsu makan yang berangsur membaik.

  1. Mengatasi ambeien

Untuk mengatasi ambeien, anda bisa menyiapkan bahan-bahan seperti yang berikut ini.

  1. Siapkan 15 gram rimpang dari temu ireng
  2. Air panas sebanyak 1 cangkir
  3. Madu sebanyak 2 sendok makan
  4. Juga kuning telur

Jika bahan-bahan sudah siap, anda bisa mencuci rimpang temu hitam hingga bersih lalu kupas dan parut. Seduh menggunakan 1 cangkir air panas dan dinginkan. Saring, lalu masukkan kuning telur dan madu kedalamnya. Konsumsi setiap bangun tidur di pagi hari.

Manfaat temulawak bagi kesehatan

Satu lagi tanaman herbal yang bagus untuk kesehatan yaitu temulawak. Berikut ini merupakan ragam manfaat temulawak yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh anda.

  1. Memelihara fungsi hati

Salah satu manfaat penting temulawak bagi kesehatan manusia adalah menjaga kesehatan hati. Hati merupakan bagian tubuh dari manusia yang memiliki peran cukup vital. Temulawak sendiri mengandung katagoga yang berperan dalam memproduksi empedu sekaligus merangsang pengosongan empedu.

  1. Meringankan ostearthritis

Manfaat temulawak yang satu ini sangat terkenal di India, bahkan semenjak ribuan tahun yang lalu. Keberadaan temulawak di India, berguna dalam meredakan radang seperti osteoarthtis. Hal ini dikarenakan, temulawak mengandung curcuma yang berguna dalam meringankan gejala osteasrthritis.

  1. Mengatasi kanker

Salah satu jenis penyakit berbahaya karena bisa menimbulkan resiko kematian pada manusia, adalah penyakit kanker. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir berlebihan, melainkan tetap berusaha menjalani pengobatan, dimana salah satunya pengobatan secara tradisonal, yakni tanaman herbal.

Penggunaan tanaman temulawak, bisa dilakukan untuk mengatasi banyak jenis kanker, mulai dari kanker prostat, kanker usus hingga kanker payudara sekalipun. Tidak heran, mengingat temulawak mengandung zat yang bernama kurkumin, dimana zat ini berguna dalam menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, curcuma dalam temulawak, mampu menghentkan pembuluh darah yang menyuplai tumbuhnya kanker dalam tubuh.

Selain ragam manfaat di atas, kedua tanaman ini memiliki banyak manfaat lainnya dalam ilmu pengobatan. Inilah kenapa ada baiknya temulawak dan temu ireng, anda jadikan sebagai tanaman rumahan. Sehingga jika diperlukan, anda bisa seaktu- waktu mengambilnya.

 

Related For Manfaat Temu Ireng dan Temulawak