Menu

Manfaat Temu Ireng untuk Anak

August 21, 2016 | Temu Ireng

Ada banyak tanaman keluarga yang kita kenal, dimana salah satunya adalah temu ireng. Jenis tanaman ini umumnya banyak ditemukan di hutan jati, ladang serta dataran tropis. Temu ireng sendiri memiliki banyak nama yang berbeda, tergantung pada daerah tumbuhnya.

Temu ireng atau temu hitam, memiliki ciri fisik dengan daun berjumlah 2 sampai 9 helai. Daun tanaman ini memiliki warna putih kekuningan dengan buah yang berbulu sepanjang 2 meter. Temu ieng menjadi tanaman sehat bagi keluarga bukan tanpa alasan, melainakan karena ragam kandungannya yang sehat.

Manfaat temu ireng untuk anak

Kandungan sehat dalam temu ireng

Berikut ini merupakan kandungan sehat dalam temu ireng yang berguna untuk meningkatkan kesehatan sekaligus sebagai obat bagi ragam jenis penyakit.

  1. Lemak
  2. Pati
  3. Damar
  4. Monoterpen
  5. Kurzerenon
  6. Kukurmenon
  7. Isofuranodien
  8. Furanodeinon
  9. Minyak atsirin

Manfaat temu ireng bagi anak

Manfaat temu ireng, ternyata juga berkhasiat bagi kesehatan anak. Temu ireng bagi anak, bisa digunakan sebagai obat cacing serta ramuan dalam meningkatkan nafsu makan anak.

  1. Temu ireng sebagai obat cacing

Untuk anak-anak yang gemar bermain di luar, maka penyakit cacingan, menjadi penyakit yang banyak ditemui. Dalam mengatasi cacingan, ibu bisa menggunakan temu ireng sebgaai obatnya. Penggunaan obat ini juga telah banyak dilakukan sejak zaman dulu dan hingga kini pun masih juga dipercaya sebagai obat cacing secara turun temurun.

Menurut penelitian, air perasan yang didapat dari temu ireng, memiliki khasiat dalam membunuh cacing yang memicu penyakit.

Meski demikian, ada baiknya anda meminta anak untuk mengonsumsi temu ireng secara langsung. Karena jika harus direbus dulu, maka ditakutkan khasiat temu ireng akan hilang akibat panas dari api yang digunakan untuk merebus.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Satu lagi manfaat temu ireng bagi anak yaitu meningkatkan nafsu makan. Telah dilakukan penelitian, jika temu ireng yang direbus dan dikonsumsi, mampu meningkatkan berat badan anak seiring dengan konsumsi temu ireng yang rutin.

Dalam meningkatkan nafsu makan anak, anda bisa membuat ramuan yang diperoleh dari hasil rebusan temu ireng sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Temu ireng memiliki banyak manfaat bukan hanya bagi kesehatan secara umum, melainkan juga bagi anak. Inilah kenapa, ada baiknya anda menggunakan obat herbal satu ini untuk mengatasi penurunan nafsu makan anak serta untuk mengobati penyakit cacingan hingga sembuh.

Manfaat temu ireng untuk kesehatan pada umumnya

Beragam penyakit di bawah ini, merupakan jenis penyakit yang bisa diobati menggunakan temu ireng.

  1. Ambeien

Salah satu manfaat temu ireng, adalah untuk mengobati ambeien. Untuk langkah pembuatan ramuannya, anda bisa mengikuti berikut ini.

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti halnya madu 2 sendok, kuning telur ayam, 1 cangkir air panas serta temu hitam sebanyak 15 gram.
  • Jika bahan-bahan di atas telah siap, anda bisa mencuci rimpang temu ireng untuk kemudian dikupas dan diparut.
  • Selanjutnya, seduh ramuan menggunakan secangkir air panas dan dinginkan lalu saring.
  • Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan kuning telur, juga madu kedalamnya.
  • Konsumsi ramuan sehat satu ini setelah bangun tidur.
  1. Gonorrhoea

Untuk mengatasi penyakit gonorrhoea anda bisa mengikuti langkah-langkah yang berikut ini.

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti halnya 2 gelas air putih, 30 gram daun pegangan, 10 gram rimpang temu hitam, 5 gram umbi gadung.
  • Langkah berikutnya adalah dengan cara mencuci bahan-bahan di atas hingga bersih lalu tumbuk sampai halus dan seduh dengan air panas.
  • Dinginkan ramuan lalu saring ampasnya.
  • Jika sudah selesai, anda bisa mengonsumsinya sebanyak 1 gelas. Lakukan 3 kali dalam sehari.
  1. Mengatasi pembengkakan serta menetralisir racun dalam tubuh

Adapun langkah-langkah pembuatan ramuannya, adalah sebagai berikut.

  • Siapkan rimpang temu hitam sebanyak 20 gram, air sebanyak 3 gelas dan daun takokak secukupnya.
  • Selanjutnya, anda diharuskan mencuci bahan hingga bersih dan kupas temu hitam untuk kemudian diparut.
  • Masukkan daun takokak ke dalam parutam dan rebus.
  • Tunggu beberapa saat hingga airnya bersisa satu setengah gelas saja.
  • Angkat ramuan dan saring lalu minum selagi masih hangat.

Related For Manfaat Temu Ireng untuk Anak