Menu

Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan dan Kecantikan

August 22, 2016 | Temu Ireng

Di Indonesia, tanaman temu ireng dikenal dengan banyak nama, ada yang menyebut temu ireng sebagai temu erang, temu lotong, termu ireng, dan lain sebagainya. Temu ireng sendiri mengandung banyak zat sehat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan sekaligus sebagai bahan herbal pengobatan.

Manfaat temu ireng untuk kecantikan

Kandungan zat dalam temu ireng

Temu ireng mengandung banyak zat sehat yang mampu menjadikan tanaman ini sebagai tanaman serba guna dalam ilmu pengobatan. Adapun kandungan sehat temu ireng antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Zat pati
  2. Minyak atsiri
  3. Lemak
  4. Damar
  5. Mineral
  6. Kordione
  7. Saponim
  8. Alkaloid
  9. Renmin
  10. Germakrene
  11. Tanin
  12. Kurkumin
  13. Tanin
  14. Tetrametilfrazine
  15. Isofortungermakrene

Dengan kandungan sehat temu ireng di atas, tanaman ini memiliki banyak khasiat terutama sebagai antiradang, antibakteri, antineoplatik, antikoaguloan, tonic, antibiotik, serta sebagai pelindung hati.

Manfaat temu ireng bagi kecantikan

Penggunaan temu ireng, ternyata bukan hanya digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan, melainkan juga bisa digunakan dalam urusan mempercantik diri. Salah satu manfaat dari temu ireng sendiri adalah untuk membantu kulit tampak sehat, lembut, dan bersinar. Selain itu, temu ireng juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat berikut dengan bekasnya.

Manfaat lainnya adalah menunda terjadinya penuaan dan mencegah terjadinya kulit yang kering. Kecantikan menggunakan temu ireng tentu menjadi salah satu pilihan bagi anda yang menginginkan perawatan tubuh menggunakan bahan kecantikan herbal.

Dengan banyaknya manfaat temu ireng di atas, tentu anda tidak perlu ragu untuk menyiapkan temu ireng di rumah. Bukan hanya sebagai bahan herbal pengobatan, melainkan juga berguna untuk mempercantik diri terutama melembutkan kulit dan mengurangi efek penuaan.

Manfaat temu ireng bagi kesehatan

Temu ireng bisa digunakan sebagai bahan herbal untuk membuat jamu yang sehat. Keberadaan jamu dari temu ireng ini telah banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat di banyak daerah. Tidak heran mengingat temu ireng bisa digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti yang berikut ini.

  1. Sebagai penambah nafsu makan

Naik turunnya nafsu makan, merupakan hal yang cukup umum terjadi. terutama bagi mereka yang masih dalam masa kanak-kanak, penurunan nafsu makan bisa menjadi masalah besar mengingat tumbuh kembang anak bergantung pada apa yang mereka konsumsi sehari-hari. Menambah nafsu makan anak dengan temu ireng, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa rimpang temu ireng dan cuci hingga bersih.
  • Selanjutnya parut temu ireng dan masukkan air kedalamnya.
  • Peras ramuan tersebut dan konsumsi setelahnya.

Temu ireng sendiri mengandung kurkumin yang bagus dalam peningkatan nafsu makan anak.

  1. Menyuburkan kandungan

Bagi anda yag tertarik menggunakan temu ireng sebagai jamu tradisonal dalam menyuburkan kandungan, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama adalah dengan cara menyiapkan kurang lebih 25 gram temu ireng, temu giring sebanyak 25 gram, serta kencur dengan takaran 20 gram.
  • Rebus bahan-bahan tersebut diatas menggunakan air sekitar 600 cc tunggu hingga air hanya bersisa 200 cc.
  • Saring air rebusan dan konsumsi selagi masih hangat.
  1. Mengatasi rasa nyeri di kala haid

Saat haid datang, tidak jarang rasa sakit timbul hingga membuat aktivitas harian menjadi kacau. Dalam hal ini, anda bisa menggunakan ramuan dari temu ireng untuk dijadikan pereda sakit. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan temu ireng 25 gram, kunyit sebanyak 20 gram, asam jawa sebanyak 2 ruas, dan 20 gram kencur.
  • Langkah berikutnya adalah dengan merebus bahan-bahan tersebut ke dalam air dengan takaran 600 cc. Tunggu hingga air bersisa 200 cc saja.
  • Saring hasil rebusan lalu konsumsi selagi masih dalam keadaan hangat.
  1. Meredakan batuk

Masalah batuk, menjadi salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada banyak orang. Batuk sendiri sebenarnya bukanlah jenis penyakit yang perlu dikhawatirkan. Hanya saja, batuk yang tidak kunjung sembuh, akan membuat situasi memburuk akibat aktivitas yang terganggu.

Batuk bisa terjadi oleh banyak hal seperti polusi, perubahan cuaca hingga masalah yang lain. Mengatasi batuk, bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi ramuan temu ireng.

Related For Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan dan Kecantikan