Menu

Inilah 7 Manfaat Temulawak Campur Kunyit Yang Menakjubkan

August 24, 2016 | Temulawak

Manfaat temulawak campur kunyit

Dengan berbagai kandungan hebat di dalamnya, temulawak yang dicampur dengan kunyit, sangat bermanfaat buat kesehatan tubuh. Selain dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, kedua bahan tersebut bila dikonsumsi secara rutin bisa mengatasi keluhan berbagai macam penyakit.

Berbagai manfaat temulawak yang dicampur dengan kunyit

  1. Mengobati Demam secara Alami

Temulawak dan kunyit merupakan tanaman herbal alami yang sama-sama memiliki kandungan curcumin. Kandungan zat pewarna kuning itulah yang berfungsi sebagai anti piretik alami atau penurun panas. Jadi, pengobatan alami untuk demam yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan campuran temulawak dan kunyit. Baik untuk penderita dewasa maupun anak-anak.

  1. Melindungi Tubuh dari Serangan Penyakit Kanker

Selain bersifat sebagai penurun panas yang alami, curcumin pada kunyit dan temulawak juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit kanker dan mencegah pertumbuhan sel abnormal.

Bahkan sebuah penelitian menjelaskan bahwa sifat anti oksidan dalam kunyit lebih tinggi jika dibandingkan dengan vitamin E alami. Hal ini dapat diamati dengan jelas melalui warna kunyit yang lebih kuning jika dibandingkan dengan jenis rimpang lainnya.

  1. Menurunkan Kolesterol Darah secara Alami

Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kedua tanaman di atas juga memiliki peranan penting sebagai hipolipidemik atau penurun kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain menghindari berbagai makanan yang dapat memicu peningkatkan kadar kolesterol darah, Anda juga bisa mengkonsumsi bahan alami yang terbuat dari temulawak dan kunyit untuk menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penumpukan lemak berlebih yang menyumbat pembuluh darah.

  1. Menghilangkan Nyeri pada Tubuh

Ketika Anda terserang penyakit yang disertai dengan gejala nyeri, seperti peradangan, pusing kepala, nyeri haid, dan sebagainya, maka Anda bisa menerapkan salah satu manfaat temulawak campur kunyit. Sifat analgesik pada kedua bahan tersebut terbukti dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh dengan sangat efektif.

  1. Menyembuhkan Penyakit Flu Burung

Beberapa waktu yang lalu, penyakit yang satu ini sempat menggemparkan dunia, bahkan di Indonesia. Pasalnya penyakit yang ditularkan melalui unggas ini juga termasuk kategori penyakit menular dan berbahaya.

Namun, saat ini pengobatan alami untuk flu burung sudah berhasil ditemukan sejak dilakukannya percobaan di Universitas Airlangga Surabaya. Salah seorang ahli biologi menyatakan bahwa kandungan curcumin di dalam temulawak juga kunyit mampu menurunkan kadar sitotoksin.

Sedangkan penderita flu burung sendiri mengalami peningkatan sitotoksin yang berlebih dan dapat menimbulkan kerusakan sel pada penderita. Adapun ramuan untuk flu burung yang dapat dibuat adalah sebagai berikut.

Resep I

Rebus temulawak 30 gram, kunyit 25 gram, krokot 60 gram, dan sambiloto 15 gram ke dalam 600 ml air. Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa 200 ml. Saring airnya dan minum selagi hangat secara rutin.

Resep II

Rerebus temulawak 30 gram, kunyit 25 gram, lidah buaya tanpa kulit 90 gram , dan sambiloto 15 gram ke dalam 600 ml air. Tunggu sampai mendidih dan air hanya tersisa 200 ml. Saring dan minum selagi hangat.

  1. Melindungi Tubuh dan Berbagai Serangan Mikroorganisme

Serangan penyakit yang masuk ke dalam tubuh seringkali disebabkan oleh bakteri, parasit, virus, maupun jamur. Hal ini ternyata dapat dicegah menggunakan temulawak yang dicampur dengan kunyit.

Kandungan curcumin dalam kedua rimpang tersebut juga memiliki sifat sebagai imunostimulan yang akan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan meningkatkan imunitas.

  1. Bermanfaat untuk Meningkatkan Stamina

Di tengah padatnya aktivitas yang dilakukan, Anda juga bisa mengkonsusi temulawak yang dicampur dengan kunyit untuk membuat tubuh senantiasa terasa segar dan lebih berstamina. Sifat tonikum dari curcumin yang terkandung dalam kunyit dan temulawak juga dapat membuat tubuh Anda tidak cepat lelah.

Selain itu, temulawak yang dicampur dengan kunyit juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti :

  1. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  2. Radang lambung
  3. Sakit kuning
  4. Gangguan pada pencernaan
  5. Kolesterol tinggi
  6. Rematik atau peradangan pada sendi-sendi tulang
  7. Mengatasi hidung tersumbat
  8. Menurunkan demam
  9. Hepatitis
  10. Menyembuhkan penyakit influenza

Nah, itulah beberapa manfaat temulawak campur kunyit yang sangat efektif jika dikonsumsi secara rutin untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Related For Inilah 7 Manfaat Temulawak Campur Kunyit Yang Menakjubkan