Menu

Inilah 6 Manfaat Temulawak Campur Madu Yang Luar biasa

August 23, 2016 | Temulawak

Temulawak adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Hal ini karena, dalam temulawak terkandung berbagai zat yang di butuhkan oleh tubuh. Misalnya seperti mineral, pati, protein, lemak, minyak atsiri, serat kasar, dan mineral.

Begitu juga dengan madu. Madu juga merupakan bahan alami dengan berbagai kandungan yang bagus untuk tubuh kita. Jadi tak heran jika kedua bahan tersebut di padukan, akan sangat bermanfaat buat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat dari temulawak dan madu.

Manfaat temulawak campur madu

1. Manfaat Temulawak dan Madu untuk Mengobati Batuk serta Radang Tenggorokan

Madu dan temulawak tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda akan kepopulerannya dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dalam tubuh. Sebagai pengobatan alami, Anda tidak perlu takut akan terjadinya efek samping yang ditimbulkan. Sebab, temulawak dan madu tidak mengandung senyawa kimia yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Manfaat temulawak untuk ibu hamil

Untuk cara pengobatan alami batuk maupun radang tenggorokan dari madu dan temulawak, Anda bisa membuatnya dengan sangat mudah di rumah dan ramuan tersebut terhitung sangat ekonomis dan memberikan khaisat yang sangat baik.

Pertama-tama, cuci bersih rimpang temulawak dan kupas dari kulitnya hingga bersih. Kemudian, parut ramuan tersebut hingga berwujud sangat halus dan tambahkan dengan air matang secukupnya. Peras-peras temulawak sebanyak 25 gram yang telah Anda haluskan sebelumnya dan saring hingga terpisah antara air dan ampasnya.

Jangan lupa untuk menambahkan madu ke dalam air perasan temulawak tersebut serta berikan sedikit perasan jeruk nipis. Aduk hingga rata dan konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari. Maka masalah peradangan pada tenggorokan dan batuk yang Anda alami akan segera sembuh.

2. Manfaat Temulawak dan Madu untuk Mencegah Penyakit Kanker

Temulawak memiliki kandungan curcumin yang bersifat sebagai anti oksidan, dan pada madu ada kandungan flavanoid. Nutrisi-nutrisi yang penting tersebut di yakini dapat menjadi bahan alami untuk mengatasi kanker. Penggunaan ramuan temulawak dengan madu bisa dikombinasikan dengan metode penyembuhan medis agar proses penyembuhan kanker bisa optimal.

3. Manfaat Temulawak untuk Meningkatkan Berat Badan

Anda bosan dengan badan yang kurus? Atau sedang berusaha meningkatkan asupan gizi seimbang untuk si kecil? Maka jawaban yang paling tepat adalah konsumsilah secara rutin madu dan juga temulawak disamping mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Selain kandungan curcumin yang dimiliki oleh temulawak, madu juga kaya akan nutrisi yang sangat baik jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Adapun kandungan dalam madu yaitu kalsium, tembaga, mineral, vitamin, fofsor, besi, tembaga, asam pantotenat, seng, kalium dan magnesium.

4. Manfaat Madu dan Temulawak untuk Mengatasi Alergi

Salah satu permasalahan kesehatan yang juga sangat sering terjadi adalah alergi. Anda bisa memanfaatkan kedua tanaman tersebut untuk segera memperoleh kesembuhan.

Walaupun belum terbukti secara detail, tetapi sebuah penelitian berhasil menyimpulkan bahwa adanya jejak dari serbuk sari bunga serta paparan alergen yang ternyata mampu mengobati alergi secara alami.

Untuk mendapatkan khasiat temulawak dan madu untuk kesehatan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara merebus temulawak sebanyak 2 jari dengan daun sambiloto, tanaman kumis kucing, dan daun meniran, masing-masing sebanyak setengah genggam.

6. Manfaat Temulawak dan Madu untuk Menghilangkan Jerawat

Memiliki wajah yang penuh dengan jerawat tentu akan menjadikan kita sangat tidak percaya diri. Karena selain sakit yang dirasakan, jerawat menumpuk dan tak kunjung sembuh, membuat wajah kita jadi terkesan jorok dan tidak nyaman di lihat. Belum lagi bekas yang di timbulkan setelah jerawat tersebut sembuh.

Dengan memanfaatkan temulawak serta madu masalah jerawat serta bekasnya mungkin bisa di atasi. Walaupun tentunya harus sabar dan telaten, sebab untuk merasakan efeknya di perlukan waktu yang tidak singkat.

Untuk mengobati jerawat secara alami serta bekasnya, Anda bisa membuat ramuan dengan sangat mudah. Potong-potong rimpang temulawak sebesar 1 jari. Tambahkan dengan 4 gelas air dan rebus hingga mendidih.

Setelah itu, Anda bisa menyaring ramuan tersebut dan gunakan airnya saja untuk diminum. Jangan lupa untuk menambahkan madu murni ke dalam ramuan tersebut. aduk hingga rata dan minum secara rutin sebnayak 2 kali dalam sehari dengan dengan takran 1 gelas untuk setiap jadwal konsumsinya.

Demikian manfaat temulawak dan madu yang dapat kami ulas. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat.

Related For Inilah 6 Manfaat Temulawak Campur Madu Yang Luar biasa