Menu

Manfaat Temulawak untuk Anak

August 24, 2016 | Temulawak

Siapa yang tidak kenal dengan temulawak. Salah satu keluarga dari rimpang kunyit ini, termasuk dalam salah satu daftar bumbu dapur yang juga memiliki kandungan sangat baik untuk kesehatan tubuh, mulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa.

Curcumin adalah kandungan utama yang dimiliki oleh temulawak dan memiliki sifat sebagai anti oksidan. Kandungan tersebut akan melindungi tubuh anak-anak dari berbagai kerusakan sel dan paparan radikal bebas. Selain itu, temulawak juga memiliki peranan penting lainnya karena adanya curcumin tinggi di dalam rimpang tersebut. Adapun beberapa manfaat dari temulawak untuk kesehatan anak-anak adalah sebagai berikut.

Manfaat temulawak untuk anak

Manfaat dan Khasiat Temulawak pada Anak

  1. Menghilangkan Rasa Nyeri

Khasiat temulawak yang pertama yaitu untuk menurunkan rasa nyeri. Adanya kandungan curcumin di dalam temulawak merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan sebagai analgesik alami.

Jika Anda mendapati anak-anak dalam kondisi demam yang disertai dengan nyeri di sekujur tubuh serta tidak kunjung membaik saat diberikan terapi medis, seperti paracetamol dan ibu profen, maka ada baiknya Anda mencoba pengobatan alami dari temulawak ini.

Lakukan pengobatan dengan temulawak secara rutin. Maka salah satu permasalahan pada anak-anak tersebut akan segera teratasi.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kedua yang dimiliki oleh temulawak adalah melancarkan sistem pencernaan. Pada usia anak-anak, terkadang Anda akan mengalami kesulitan jika mereka tidak menyukai sayur. Hal ini tentu akan menimbulkan gangguan pada pencernaan anak, seperti terjadinya sembelit.

Nah, sebelum semua itu terjadi, maka Anda bisa memanfaatkan temulawak yang memiliki perananan baik dalam mengatasi berbagai macam gangguan pada pencernaan, termasuk masalah sembelit.

Selain membuat ramuan temulawak sendiri saat di rumah, kini juga tersedia berbagai macam herbal yang dibuat dari ekstrak temulawak dan dengan tamabahan nutrisi sehat lainnya.

  1. Sangat Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Seperti yang kita ketahui bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak memang sangatlah penting dan hal ini sangat erat hubungannya dengan asupan nutrisi yang diberikan.

Selain makan makanan yang bergizi seimbang, Anda juga bisa menambahkan temulawak sebagai tambahannya. Menurut sebuah penelitian kesehatan, adanya kandungan curcumin di dalam temulawak ternyata juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan peradangan pada mata.

Dengan kemampuan tersebut, maka masalah tumbuh kembang anak tidak akan menimbulkan masalah. Terutama dalam hal kemampuan melihat.

Selain itu, konsumsi temulawak secara rutin pada anak-anak juga memberikan dampak yang sangat baik karena peranannya yang juga sangat penting untuk mencegah serta mengatasi adanya pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh atau biasa disebut dengan kanker.

Curcumin adalah salah satu kandungan penting yang dimiliki oleh temulawak dan memiliki sifat sebagai anti oksidan. Oleh sebab itu, anak-anak yang rutin mendapatkan asupan nutrisi berupa temulawak akan memiliki kekebalan tubuh yang selalu terjaga.

Dengan kondisi tubuh yang selalu fit, maka anak-anak akan senantiasa terhindar dari berbagai serangan virus dan kanker ganas. Jadi, dengan kondisi anak-anak yang selalu sehat, maka mereka tidak akan mengalami gangguan dalam hal tumbuh kembang.

Kemudian khasiat terakhir dari curcmin yang terkandung di dalam temulawak yaitu kemampuannya dalam melawan pertumbuhan virus, bakteri, dan berbagai mikroorganisme yang lainnya.

Anda bisa memberikan temulawak pada anak-anak mengingat kekebaan tubuh di dalam tubuhnya yang masih belum terlalu kuat. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan resiko penyakit yang dapat menyerang anak-anak, seperti flu, batuk pilek, diare, sembelit, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

  1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat temulawak yang paling utama dan sangat populer di kalangan masyarakat yaitu untuk meningkatkan nafsu makan. Kandungan curcumin itulah yang menjadi nutrisi penting untuk menghasilkan manfaat tersebut.

Jika snak-anak Anda sulit makan dan tidak menyukai sayur, maka solusi tepat yang dapat Anda berikan adalah menggunakan rimpang temulawak. Anda bisa membuat air rebusan temulawak yang dicampurkan dengan sedikit madu. Jika dikonsumsi secara rutin, maka Anda akan mendapati anak-anak memiliki nafsu makan yang baik dan meningkat.

Nah, itulah beberapa khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh temulawak untuk kesehatan anak-anak. Semoga menjadi referensi dalam bidang kesehatan yang sangat bermanfaat bagi Anda dan keluarga.

Related For Manfaat Temulawak untuk Anak