Menu

Manfaat Temulawak untuk Asam Lambung

August 17, 2016 | Temulawak

Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering disepelekan. Padahal tanpa adanya penanganan yang tepat dan segera, penyakit tersebut dapat menimbulkan dampak negatif.

Selain menggunakan obat-obatan medis, Anda juga bisa menggunakan rimpang temulawak yang merupakan tanaman penuh khasiat, terutama untuk mengatasi asam lambung.

Manfaat temulawak untuk asam lambung

Kandungan Temulawak

Secara klinis, tanaman temulawak yang sering digunakan untuk obat-obatan tradisional sejak zaman dahulu dan mampu mengatasi berbagai macam penyakit ini memiliki kandungan kurkumin dan minyak atsiri yang berperan sebagai acnevulgaris serta anti peradangan.

Selain itu, kandungan serbuk rimpang dalam tanaman temulawak juga memiliki kemampuan yang sangat ajaib untuk menetralkan asam lambung yang berlebihan. Bahkan penyakit maag akut juga dapat disembuhkan dengan cepat dan ampuh hanya dengan mengkonsumsi sari temulawak secara teratur.

Oleh sebab itu, sejak saat ini seharusnya kita bisa mulai memanfaatkan rimpang temulawak ketika mengalami gangguan berupa peningkatan asam lambung. Selain khasiatnya yang ampuh, tanaman herbal alami yang satu ini juga sangat aman untuk dkonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai manfaat temulawak untuk asam lambung, ada baiknya Anda membaca ulasan singkat mengenai apa itu penyakit asam lambung, beserta faktor penyebab dan gejala yang ditimbulkan berikut ini.

Baca juga: Kandungan dan manfaat temulawak putih

Penyebab Asam Lambung Meningkat

Secara umum, naiknya asam lambung diakibatkan oleh lower esophageal sphincter atau otot esofagus bagian bawah yang mengalami gangguan.  LES juga bisa dikatakan sebagai pintu gerbang dari organ lambung yang akan membuka dan menutup untuk mencegah kembalinya makanan dan asam lambung ke atas.

Adanya gangguan dari LES yang menyebabkan asam lambung meningkat tersebut juga dipicu oleh beberapa faktor di bawah ini.

  1. Gangguan psikologi, seperti stress.
  2. Mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung minyak dan berlemak
  3. Kegemukan atau obesitas
  4. Pola makan yang tidak teratur
  5. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
  6. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol
  7. Konsumsi kopi dan coklat dengan jumlah berlebihan
  8. Seseorang yang sedang hamil
  9. Akibat penyakit hernia hiatus atau terdorongnya sebagian dari lambung hingga melewati diafragma
  10. Menderita penyakit diabetes
  11. Konsumsi obat-obatan, seperti penghambat kalsium pada penderita hipertensi dan konsumsi nitrat pada penderita angina
  12. Pola istirahat yang kurang teratur dan tidak terjaga 

Tanda Gejala dari Penyakit Asam Lambung

  1. Sering bersendawa
  2. Timbul rasa nyeri pada perut seperti terbakar
  3. Rasa pahit dalam mulut
  4. Perut terasa kembung dan disertai dengan mual muntah
  5. Adanya peningkatan air liur
  6. Penderita mengalami kesulitan saat menelan makanan
  7. Timbul rasa nyeri di area ulu hati
  8. Gigi menjadi rusak
  9. Batuk kering pada malam hari dan tanpa henti
  10. Mengalami laringitis atau peradangan di pita suara
  11. Bau nafas menjadi tidak sedap
  12. Penderita seolah-olah merasakan adanya benjolan di kerongkongan
  13. Nyeri pada dada

Khasiat dari Temulawak untuk Menyembuhkan Penyakit Asam Lambung

Mengalami masalah kesehatan yang satu ini, tentu dapat membuat Anda merasa gusar dan berusaha mencari pengobatan. Selain berbagai pengobatan medis yang diberikan oleh dokter, Anda juga dapat sekaligus mencoba pengobatan alami yang terbuat dari temulawak.

Khasiat dari rimpang temulawak memang sangat banyak, salah satunya adalah untuk mengatasi asam lambung. Bagian yang dimanfaatkan untuk mengobati permasalahan tersebut yaitu dari rimpangnya.

Cara pengolahannya pun sangat mudah. Pertama-tama, bersihkan rimpang temulawak dari kotoran dan tanah yang menempel hingga benar-benar bersih. Lanjutkan dengan mengupas kulitnya dan mengirisnya tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 7 hingga 8 milimeter.

Kemudian, keringkan irisan rimpang temulawak tersebut di bawah sinar matahari secara langsung hingga beberapa hari dan angin-anginkan di lokasi yang terlindung. Usahakan lokasi yang digunakan tidak lembap. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkannya selama 7 jam dengan suhu antara 50 sampai dengan 55 derajat Celsius.

Selanjutnya, rebus tiga buah temulawak yang telah diiris tipis dan dikeringkan tersebut dalam air bersih sebanyak 5 hingga 7 gelas. Tunggu sampai mendidih dan saring air rebusan temulawak tersebut. Terakhir, minum ramuan dari temulawak tersebut selagi hangat, sebanyak 1 kali dalam sehari dengan porsi 1 gelas untuk setiap jadwal.

Nah, itulah salah satu manfaat dari temulawak untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Semoga menjadi informasi kesehatan yang sangat bermanfaat.

Related For Manfaat Temulawak untuk Asam Lambung