Menu

Manfaat Wedang Jahe untuk Sakit Tenggorokan

May 8, 2016 | Wedang Jahe Merah

Banyak orang yang rentan terkena penyakit pada saat peralihan musim. Salah satu sakit yang cukup mengganggu adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan atau yang biasa disebut dengan faringitis ini terjadi karena adanya bakteri streptococcus.

Sakit tenggorokan memang bukan penyakit yang berat, akan tetapi cukup merepotkan karena menyebabkan rasa sakit pada batang tenggorokan dan bisa menghilangkan suara untuk sementara. Tak hanya itu, ketika mengalami radang tenggorokan juga akan susah untuk menelan makanan sehingga bisa berakibat pada terganggunya sistem pencernaan.

wedang jahe

Gejala lain dari sakit tenggorokan adalah sakit kepala disertai batuk dan munculnya ingus pada hidung, kelenjar yang membesar pada leher dan amandel yang bengkak akibat radang. Sakit tenggorokan ini dapat diatasi dengan menggunakan antibiotik atau dengan memakan makanan yang sehat disertai dengan meminum vitamin. Menghisap permen pereda sakit tenggorokan juga bisa menjadi solusi untuk sakit tenggorokan.

Namun, sebenarnya untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, contohnya adalah jahe. Jahe merupakan tanaman rimpang yang berbentuk seperti jemari dan bagian tengahnya menggembung dimana tinggi pohon jahe ini bisa mencapai 30 hingga 100 cm.

Jahe dengan nama latinnya adalah Zingiber officinalebisa tumbuh subur di ketinggian 0 hingga 1500 meter dpl. Jahe memiliki aroma yang khas sehingga mudah untuk dikenali. Selain itu, dengan adanya senyawa keton yang bernama zingeron di dalam jahe ini menyebabkan jahe memiliki rasa yang pedas.

Selain zingeron, jahe juga mengandung minyak atsiri zingiberena atau zingirona, bisabolena, zigiberol, kurkumen, filandrena, gingerol, dan resin pahit. Kandungan gingerol inilah yang dapat membantu melegakan tenggorokan.

Nah, dalam mengatasi radang tenggorokan, jahe bisa disajikan dalam bentuk wedang jahe. Wedang jahe merupakan minuman dari jahe dan disajikan dalam keadaan hangat. Wedang jahe kadang disebut sebagai teh jahe meskipun sama sekali tidak mengandung teh.

Wedang jahe ini bisa dibuat sendiri di rumah. Dan berikut ini adalah cara membuatnya

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain jahe, air dan gula
  2. Bersihkan jahe lalu memarkan dengan cara digeprek. Lalu masukkan ke dalam cangkir
  3. Panaskan air hingga mendidih
  4. Setelah air mendidih, tuang air panas tersebut ke dalam cangkir lalu tambahkan gula sesuai selera

Selain dapat membantu melegakan tenggorokan, wedang jahe ini juga dapat menghangatkan tubuh melalui rasa pedas yang disebabkan oleh zingeron. Sehingga dalam kondisi biasa dan tidak sakit tenggorokan, wedang jahe cocok disajikan saat musim dingin.

Nah demikian uraian mengenai manfaat dari wedang jahe untuk membantu mengatasi sakit tenggorokan serta cara membuatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Related For Manfaat Wedang Jahe untuk Sakit Tenggorokan