Menu

Mari Bertani Jahe Merah

January 10, 2015 | Budidaya Jahe Merah

Bertani jahe merahMengapa harus bertani jahe merah?

Bertani Jahe Merah – Banyak orang yang belum tahu bahwa bertani jahe merah mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.  Seperti kita ketahui bahwa tanaman ini mempunyai banyak sekali khasiat dan manfaat. Banyak sekali orang yang membutuhkan jahe merah ini terutama para produsen obat herbal dan minuman hangat, selain itu masyarakat luas juuga sudah mengenal dan membutuhkan tanaman rimpang ini untuk berbagai macam keperluan. Sedikitnya petani yang membudidayakan tanaman ini menjadikan tanaman ini agak sulit dicari. Maka dari itu peluang emas ini jangan kita sia-siakan begitu saja.

Cara menanam jahe merah

Cara menanam tanaman rimpang ini cukup mudah, dan tidak merepotkan, kita dapat menanam tanaman ini di dalam polybag atau di dalam karung.

  1. Ketika kita akan menanam tanaman jahe maka kita membutuhkan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu antara 2.500-4.000 mm/tahun. Jika curah hujan kurang maka kita dapat menyiasatinya dengan rajin menyiram jahe merah.
  2. Pada saat umur jahe merah 2,5 dan seterusnya,  tanaman jahe membutuhkan sinar matahari yang cukup. Menanam jahe harus di tempat terbuka, agar sinar matahari senantiasa menyinari tanaman jahe.
  3. Suhu udara yang baik untuk menanam jahe merah berkisar atara 200 – 350 C.
  4. Menanam jahe sebaiknya ditempat yang gembur. Ketika kita akan menanam jahe merah sebaiknya di lempung berpasir, liat berpasir dan tanah laterik. Sebelum menanam jahe merah sebaiknya campur humus dengan pupuk kompos, dengan perbandingan berimbang.
  5. Pilih jahe merah yang berkualitas, agar hasil yang akan didapat juga berkualitas.
  6. Siangi jahe merah secara rutin, agar nutrisi makanan di dalam karung tidak diambil oleh tanaman lain.

Alasan bertani jahe merah

Tentu kita bertanya kenapa kita harus bertani jahe merah? Sebenarnya ada banyak sekali alasan dan ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita menanam jahe merah.

  1. Prospek pasar masih luas. Ada banyak sekali produsen makanan, minuman dan obat-obatan yang membutuhkan tanaman ini sebagai salah satu bahan dari produk mereka. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai bumbu masak, atau bahan lainnya.
  2. Cara menanam jahe merah yang tergolong mudah, dan modal yang harus kita keluarkan juga tidak terlalu besar. Lahan untuk menanam jahe merah juga tidak perlu terlalu besar.
  3. keuntungan yang sangat menggiurkan. Jika cara tanam kita baik dan jahe merah yang kita hasilkan juga berkualitas maka keuntungan yang akan kita peroleh juga besar, bahkan kita dapat panen setiap bulan.
  4. Jika sampai panen yang kita miliki tidak laku dipasaran, kita dapat mengeringkannya atau kita dapat menjadikan serbuk jahe merah. Ini semakin menambah nilai jual dari jahe merah tersebut.

Maka dari itu tidak ada alasan lain ketika kita tidak bertani jahe merah, ada banyak sekali manfaat yang akan kita terima ketika kita menanam jahe merah.

Related For Mari Bertani Jahe Merah