Menu

Membudidayakan Jahe Merah Organik

January 28, 2015 | Budidaya Jahe Merah

Jahe merah organik  saat ini menjadi salah satu produk budidaya pertanian yang prospek ke depannya sangat cerah. Tidak sedikit orang yang telah mencoba membudidayakan jahe merah secara organik. Mereka juga telah merasakan keberhasilan dan kesuksesan dengan menjual hasil dari budidaya jahe merah. Sebenarnya cukup mudah untuk membudidayakan jahe merah, apalagi tidak membutuhkan lahan yang luas, seperti produk pertanian yang lain. Bahkan, Anda bisa menanam jahe merah di pekarang rumah atau dengan media pot, sehingga tidak memakan tempat. Hasil yang diperoleh juga cukup megnuntungkan karena di pasaran saat ini jahe merah berkualitas bagus dijual hingga puluhan ribu rupiah per kilogramnya. Jika Anda dalam seminggu atau sebulan berhasil memanen jahe merah semakin banyak, maka tidak menutup kemungkinan keuntungan yang didapatkan setelah menjualnya juga tidak sedikit.

jahe-merah

Bagaimana cara membudidayakan jahe merah organik?

Untuk menanam jahe merah cukup mudah. Anda cukup mengambil sebuah rimpang jahe merah, lalu dipatahkan menjadi beberapa bagian ruas. Jangan lupa untuk memilih rimpang jahe merah yang memiliki sedikitnya dua ruas. Selanjutnya, butlah campuran dari tanah dan bahan bokashi yang berbanding sekitar 3:1. Langkah selanjutnya, yaitu memasukkan campuran media tanah ke dalam polybag atau karung dari bahan plastik dengan ketinggian minimal 15 cm. Setelah selesai, masukkan tunas bibit jahe merahnya. Agar dapat hidup lebih maksimal, selama seminggu selalu siramlah dengan air pada waktu pagi serta sore hari agar tunas jehe marah tidak layu atau kering.

Sementara untuk perawatan tambahan, Anda bisa melakukan pemupukan pada tanaman jahe merah. Saat bibit tanaman berusia sekitar 2 hingga 4 minggu, Anda perlu melakukan proses pengocoran dengan fermentasi berbahan SOT HCS. Selain itu, Anda bisa menguruk kembali pada campuran tanah dan bokasi dengan berbanding 3:1 saat jahe merah berusia 2 hingga 3 bulan. Praktikkan untuk menguruk tanag secara berulang hingga tanaman jahe merah berusia kurang lebih 8 bulan.

Budidaya yang baik dan benar hasilnya juga melimpah

Jangan sampai Anda melewatkan sedikit pun budidaya jahe merah organik. Hal itu dikarenakan jika Anda sampai ada kesalahan dalam cara atau langkah membudidayakan, tentu saja hasil yang dipanen juga sedikit. Berbeda saat Anda melakukan cara-cara pembudidayaan sesuai yang dianjurkan. Hasil saat panen sangat melimpah.

Anda bisa memanen jahe merah dalam media karung atau polybag hingga belasan kilogram. Saat dijual harganya sekitar belasan ribu hingga puluhan ribu per kilogram. Itu hanya dalam 1 polybag saja, bagaimana jika ada belasan atau puluhan polybag? Anda bisa memperkirakan sendiri keuntungan yang akan didapatkan. Untuk lebih jelasnya tentang budidaya jahe merah, Anda dapat belajar lebih banyak dengan membaca buku-buku terkait yang ditulis oleh orang-orang yang telah mendulang sukses dengan bertanam jahe merah ini. Selain itu, Anda bisa mencari referensi yang bermanfaat di dunia maya atau internet. silakan mencoba untuk membududayakan jahe merah organik.

Related For Membudidayakan Jahe Merah Organik