Menu

Mengetahui Jenis Jenis Jahe Merah

February 3, 2015 | Informasi Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satu jenis jahe yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti kita ketahui ada banyak jenis jahe selain jahe merah, seperti jahe emprit, jahe gajah dan lain lain. Harga jenis jahe merah tergolong lebih mahal di banding dengan jenis jahe lainnya. Akan tetapi harga komoditi  pertanian di indonesia tidak pernah fix, terkadang harga jenis jahe gajah bisa lebih mahal dari jahe merah ataupun sebaliknya, tergantung situasi dan kondisi.

jenis jenis jahe merah

Jenis jenis jahe merah  dapat menjadi informasi penting bagi siapapun yang ingin mengkonsumsi jahe merah ataupun tertarik untuk dengan budidaya jahe merah. Jahe merupakan tanaman dari suku temu – temuan atau Zingiberaceae; tanaman jenis ini memiliki ciri khas berakar rimpang yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan dan sekaligus merupakan bagian utama dari tanaman tersebut. Batang dari tanaman jahe sebenarnya merupakan batang semu karena tidak sepenuhnya berfungsi sebagai batang. Akar rimpang jahe akan tertanam di dalam tanah dan memiliki daging dengan warna kekuningan hingga coklat kemerahan.

3 Jenis Umum Tanaman Jahe

Secara umum; ada 3 jenis tanaman jahe yang lazim ditemui di Indonesia dan salah satunya adalah jahe merah. Dua jenis jahe yang lain memiliki kesamaan ciri berupa daging rimpang yang berwarna putih kekuningan yang membedakan kedua jenis jahe tersebut dari jahe merah. Jahe dengan daging rimpang berwarna putih kekuningan pertama lazim disebut dengan nama jahe putih atau jahe kuning besar. Nama lain yang juga cukup populer untuk menyebut jahe jenis ini adalah jahe badak atau jahe gajah. Nama jahe gajah atau jahe badak tersebut berasal dari ukuran rimpang jahe jenis ini yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis – jenis jahe yang lain.

Jenis jahe dengan daging rimpang putih kekuningan kedua adalah jahe putih atau jahe kuning kecil. Jahe jenis ini juga lazim disebut dengan nama jahe emprit atau jahe sunti. Nama tersebut diberikan karena ukuran jahe dengan daging rimpang putih kekuningan ini lebih kecil dibandingkan dengan jahe gajah atau jahe badak. Meskipun kecil; jahe emprit memiliki kandungan minyak atsiri yang lebih tinggi dibandingkan dengan jahe gajah. Hal tersebut ditandai dengan rasa yang lebih pedas di lidah serta terasa lebih hangat di badan ketika dikonsumsi.

Perbedaan dan Ciri Khusus Jahe Merah

Untuk jenis jahe merah maka rimpang akan berwarna kemerahan dengan daging rimpang berwarna kecoklatan. Ukuran rimpang jahe merah sedikit lebih kecil dibandingkan dengan jahe putih kecil atau jahe emprit. Adapun jenis jenis jahe merah yang ada masih merupakan anggota dari varietas rubrum rhizoma dari species Zingiber officinale. Meskipun jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jahe putih jenis jahe emprit atau jahe gajah, namun kandungan minyak atsiri dan senyawa ketona Zingeron pada jahe merah lebih tinggi dibandingkan dengan jenis – jenis jahe yang lain. Hal itulah yang membuat aroma jahe merah lebih menyengat dan rasa yang dihasilkan oleh jahe merah juga lebih pedas dan lebih panas jika dibandingkan dengan jenis jahe yang lain. Ciri tersebut dapat dijadikan acuan untuk membedakan jenis jenis jahe merah.

Related For Mengetahui Jenis Jenis Jahe Merah