Menu

Morfologi, Kandungan Dan Manfaat daun dewandaru Untuk Kesehatan

December 8, 2016 | Daun Daunan

Dewandaru  memiliki nama ilmiah Eugenia Unifloral. Buah pada pohon dewandaru sering diolah menjadi obat herbal. Namun sekarang mulai dikembangkan penelitan yang menggunakan daun dewandaru sebagai objek penelitian. Dan hasilnya daun dewandaru berpotensi sama seperti buahnya sebagai bahan obat secara alami. Kandungan – kandungan yang terdapat didalamnya, menjadkan daun dewandaru bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan penjelesan tentang daun dewandaru, kandungan serta manfaat daun dewandaru bagi kesehatan.

manfaat-daun-deandaru

Morfologi daun dewandaru

Daun dewandaru memilik zat hijau daun (klorofil) yang sangat tinggi. Sehingga dapat berfotosintesis dengan baik dan dapat menyuplai oksigen dengan keseluruh bagian pohon.

Daun dewandaru tergolong daun tunggal yang tidak lengkap. Dan terdiri atas tangkai pohon dan helaian daun.

Ciri – ciri dari daun dewandaru adalah :

  1. Daun yang dimiliki berwarna hijau
  2. Daun berbentuk lonjong dengan runcing pada ujung dan pangkal.
  3. Tepi daun rata
  4. Pertulangan daun mneyirip
  5. Panjang lebih dari 5cm, lebar kurang dari 4cm.

Kandungan daun dewandaru

Kandungan sehat  yang terdapat didalam daun dewandaru antara lain;

  • Flavonoid

Favonoid berasal dari ekstraksi daun durian berupa myricetrin, gallocatechin, quercetin dan quercitrin.

  • Senyawa tannin

Senyawa tannin yang diisolasi dari fraksi aktif  daun durian antara lain galocatechin, onothein B, eugeniflorins D(1) dan D(2).

Baca juga: Morfologi, Kandungan Dan Manfaat Daun Durian Untuk Kesehatan

Manfaat daun dewandaru

Sebenarnya pengembangan daun dewandaru ini sangat bermanfaat dan mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Melihat dari banyaknya kandungan yang terdapat didalam daun dewandaru, tentunya terdapat pula manfaat – manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan. Berikut ini merupakan manfaat dari daun dewandaru :

  1. Antioksidan

Daun dewandaru memilik kandungan vitamin a yang dapat berfungsi menangkal radikal bebas. Selain itu antioksidan yang terdapat pada zat fenolik pada daun dewandaru dapat membantu menjaga daya tahan tubuh akibat paparan penyakit yang disebabkan oleh polusi udara, asap kendaraan, asap rokok, dll.

Dengan mengkonsumsi daun dewandaru sedikit banyak dapat menjaga imunitas tubuh.

  1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Daun dewandaru dapat digunakan untuk menambah kualitas astrigent dan mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu dapat pula daun dewandaru dapat digunakan untuk menurunkan kadar lemak jahat didalam tubuh yang berpotensi menjadi kolesterol. Daun dewandaru juga dapat digunakan sebagai proteksi pada trigliserida dan level lipoprotein yang sangat rendah tubuh karena dapat menurunkan metabolisme lipid.

  1. Obat anti kanker

Daun dewandaru dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Menurut penelitian terdapat beberapa zat yang terdapat pada daun dewandaru yang berpotensi untuk menghambat mekanisme pertumbuhan sel kanker pada tubuh. selain itu daun dewandaru dapat menjaga agar pembuluh darah tidak pecah.

  1. Anti bakteri

Kandungan Protein yang terdapat pada daun dewandaru sangat berperan penting dalam mencegah bakteri yang masuk kedalam tubuh. Bakteri tersebut banyak menyerang sistem pencernan tubuh sehingga menyebabkan diare.

  1. Anti Inflamasi

Daun dewandaru selain dapt digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri pada tulang. Kandungan minyat atsiri yang terdapat pada daun dewandaru dpat bekerja sebagai penghilang rasa sakit, seperti sakit rematik, nyeri sendi, dan sebagainya.

Selain itu daun dewandaru dapat digunakn untuk mencegah oesteoporosis tulang.

Demikian uraian singkat mengenai morfologi daun dewandaru, kandungan serta manfaat penggunaan daun dewandaru. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang belum mengetahui tentang tanaman tersebut.

Related For Morfologi, Kandungan Dan Manfaat daun dewandaru Untuk Kesehatan