Menu

Nama Latin Jahe Merah dan Manfaatnya

January 31, 2015 | Informasi Jahe Merah

Nama latin jahe merah  adalah Zingiber officinale var rubrum rhizoma; jahe merah merupakan salah satu jenis atau varietas dari berbagai macam varietas jahe yang ada. Tanaman jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang unik dan banyak dikenal karena banyak dimanfaatkan oleh manusia. Selain itu; semua jenis jahe memiliki rasa yang khas berupa pedas hangat sehingga lazim digunakan sebagai bumbu masakan ataupun digunakan sebagai bahan untuk membuat minuman. Tanaman jahe masuk ke dalam suku tanaman rimpang atau temu – temuan yang dalam bahasa ilmiah disebut dengan Zingiberaceae. Nama latin dari tanaman jahe diberikan oleh William Roxburgh berdasarkan kara zingiberi dalam bahasa Yunani serta kata singaberi dalam bahasa Sansekerta.

nama latin jahe merah

Ciri Khusus Tanaman Jahe Merah

Sesuai dengan nama latin jahe merah yang menambahkan nama varietas rubrum rhizoma; bentuk, ukuran dan warna dari jahe merah berbeda dari varietas jahe lain yang mungkin lebih dahulu populer serta lazim ditemukan. Sedikit berbeda dari jenis jahe lain; jahe merah yang berukuran relatif lebih kecil ini memiliki kandungan minyak atsiri yang paling tinggi dibandingkan jenis – jenis jahe lain. Kandungan minyak atsiri yang berkhasiat ini bisa ditemui pada rimpang jahe merah yang telah tua umurnya. Minyak atsiri ini memiliki kandungan kimia alami berupa senyawa keton yang kemudian diberi nama Zingeron.

Dari segi rasa; jahe merah juga memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan varietas jahe lain seperti jahe putih. Rasa jahe merah terasa lebih pahit dan juga lebih pedas dibandingkan dengan jenis jahe lain. Kulit jahe merah berwarna merah muda; inilah asal muasal penamaan jahe merah untuk varietas rubrum rhizoma. Jika dipotong atau dikupas; jahe merah memiliki warna daging kecoklatan serta memiliki serat yang cenderung lebih kasang dibandingkan jenis jahe lain seperti jahe emprit ataupun jahe gajah. Selain dapat digunakan sebagai bumbu makanan; jahe merah juga lazim digunakan sebagai bahan obat tradisional karena memiliki banyak khasiat.

Beberapa Khasiat Jahe Merah

Sebagai bahan obat tradisional; jahe merah memiliki beberapa khasiat khusus seperti meningkatkan kebugaran serta menambah nafsu makan. Kandungan senyawa keton Zingeron yang ada pada minyak atsiri jahe merah memiliki manfaat untuk mengoptimalkan sistem pencernaan seperti meningkatkan kinerja lambung serta organ pencernaan lainnya. Rasa hangat yang dihasilkan juga dapat meringankan gejala flu, pilek ataupun batuk sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi air jahe hangat atau panas. Selain rasa hangat; kemampuan meningkatkan daya kekebalan tubuh juga memberi manfaat penting dengan mengkonsumsi jahe merah ketika tengah sakit. Bagi pria yang memiliki masalah seksual; jahe merah juga diyakini dapat mengatasi ejakulasi dini serta meningkatkan kemampuan ereksi. Artikel ini semoga memberi manfaat bagi siapapun yang mendapatkan informasi manfaat serta nama latin jahe merah.

Related For Nama Latin Jahe Merah dan Manfaatnya