Menu

Inilah 8 Ramuan Obat Alami Untuk Membasmi Biduran Anda

April 10, 2017 | Obat Alami

Penyakit biduran pastinya sudah tak asing lagi buat kita. Bahkan mungkin Anda sendiri juga pernah mengalaminya. Lantas, tahukah Anda sebenarnya apa sih penyebab penyakit biduran ini dan bagaimana cara ampuh untuk mengatasi penyakit ini?

Penyebab Biduran

Biduran dalam dunia medis disebut juga dengan istilah urtikaria. Biduran atau utikaria ini merupakan suatu reaksi pada kulit yang ditandai dengan rasa gatal, memerah, dan timbul bentol-bentol. Jika Anda menggaruk biduran ini saat terasa gatal, maka biduran justru akan bertambah parah dan meluas.

Biduran bisa karena beberapa hal. Misalnya saja karena reaksi alergi terhadap debu, makanan, dan sebagainya. Umunya biduran ini ketika sembuh tidak akan meninggalkan bekas apapun. Hanya saja jika Anda menggaruk terlalu kuat, maka mungkin akan meninggalkan bekas lecet pada kulit yang terasa perih dan panas.

Obat Alami untuk Biduran

Biduran sebenarnya dapat diobati secara alami dengan menggunakan berbagai bahan-bahan yang tersedia di rumah, seperti misalnya:

1. Asam dan Temulawak

Untuk membuat ramuan ini Anda cukup menyiapkan asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Rebus semua bahan tersebut dengan 2 geas air hingga tersisa setengahnya. Kemudian minumlah ramuan ini sebagai obat biduran seacra teratur.

2. Bawang Merah dan Daun Kelor

Ramuan ini dapat Anda buat dengan bahan 3 lembar daun kelor, 1 siung bawang merah, dan 2 gram pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 2 gelas saja. setelah itu, saring dan minum ramuan ini 2 kali sehari hingga biduran Anda sembuh.

3. Kunyit dan Sambiloto

Siapkan 10 gram daun sambiloto, 20 gram kunyit, 30 gram daun kelor, 1 sendok makan adas, dan 3 siung bawang merah. Tumbuk halus semua bahan tersebut dan rebuslah ke dalam 600 ml air bersih hingga tersisa 1/3 nya. Kemudian minumlah ramuan ini 3 kali sehari hingga biduran Anda sembuh.

4. Minyak Kayu Putih dan Minyak Zaitun

Siapkan minyak kayu putih dan campurkan dengan minyak zaitun secukupnya. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang terkena biduran. Lakukan secara rutin untuk meredakan gatal.

5. Jahe dan Cuka

Siapkan 100 cc cuka makan, 30 gram jahe, dan gula merah. Tumbuk jahe hingga halus, kemudian campurkan dengan semua bahan dan rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari agar biduran Anda sembuh.

6. Daun Sirih

Rebuslah 20 lembar daun sirih dengan air secukupnya. Minumlah ramuan ini 3x sehari untuk mengobati biduran. Anda juga dapat menggunakan air rebusan daun sirih ini untuk mandi agar rasa gata berkurang.

7. Kunyit

Kunyit mengandung zat yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan ini dapat membantu meredakan rasa gatal dan bengkak di kulit yang Anda alami karena biduran. Untuk membuat ramuan ini Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

– Siapkan 20 gram kunyit.
– Cuci bersih kemudian iris tipis-tipis.
– Rebuslah kunyit dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja.
– Dinginkan dan saring air rebusan kunyit tersebut.
– Minumlah air rebusan kunyit ini secara rutin 3 kali sehari hingga biduran Anda sembuh.

8. Daun Jombang

Baca juga: Inilah 10 Obat Alami Untuk Membasmi Cacar Air

Daun jombang adalah jenis tanaman yang biasa melekat pada tanaman jombang. Tanaman ini merupakan jenis rumput liar yang sering tumbuh di pinggir sungai. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki hunga kecil seperti bunga matahari dan barangnya dipenuhi oleh bulu halus. Untuk membuat ramuan obat alami untuk bisul, Anda dapat merebus segenggam daun jombang dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Tunggulah hingga air suam-suam kuku dan minum ramuan ini 3x sehari.

Bagaimana, sebenarnya mudah bukan cara mengatasi penyakit biduran ini?

Related For Inilah 8 Ramuan Obat Alami Untuk Membasmi Biduran Anda