Menu

Inilah 7 Ramuan Obat Alami Untuk Membasmi Bisul Anda

April 8, 2017 | Obat Alami

Bisul adalah benjolan merah di kulit yang terasa sangat sakit dan biasanya berisi nanah. Bisul ini dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri yang kemudian memicu inflamasi pada area folikel rambut. Oleh karena itu, bisul ini dapat terjadi pada semua bagian tubuh yang memiliki bulu atau rambut. Bisul tidak pernah terjadi pada telapak tangan, kaki, bibir, atau lidah karena tidak adanya folikel rambut di bagian tersebut.

Ciri-Ciri Bisul

Gejala utama yang ditimbulkan oleh bisul adalah muncul benjolan merah pada kulit. Selain itu, terdapat ciri-ciri lainnya yang beberapa diantaranya adalah::

– Kulit di sekitar area benjolan memerah, bengkak, dan terasa panas serta nyeri saat disentuh.
– Benjolan semakin membesar tiap hari dan berisi nanah.
– Terbentuk tiitk putih di bagian puncak benjolan yang sebenarnya adalah nanah yang akan pecah.

Obat Alami untuk Bisul

Bisul yang ringan sebenarnya dapat diobati tanpa bantuan dokter. Anda hanya perlu melakukan beberapa tindakan ringan dan menggunakan ramuan alami agar bisul tersebut sembuh. Beberaa bahan alami berikut ini dapat mengobati bisul Anda seperti :

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan dan antiradang. Kandungan dalam lidah buaya ternyata mampu mengobati bisul, bahkan dalam kondisi parah sekaliun. Anda dapat mengoleskan daging lidah buaya secara rutin hingga bisul sembuh. Jika perlu Anda dapat terus menempelkan daging lidah buaya dengan bantuan kain kasa.

2. Mentimun dan Biji Pala

Mentimun memiliki kandungan sebagai astringen dan anti-inflamasi. Kandungan ini dapat mengobati pembengkakan pada bisul Anda. selain itu, biji pala dikenal akan khasiat anti bakterinya.

Untuk membuat obat alami bisul ini, Anda cukup memarut mentimun beserta kulit dan bijinya, kemudian campurkan dengan bubuk pala. Bungkus ramuan tersebut dengan daun pisang kemudian panggang sampai hangat. Tempelkan ramuan tersebut ke area yang diserang bisul dan diamkan hingga kering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur ini selain membuat nikmat masakan ternyata juga mengandung zat antibakteri yang sangat bermanfaat untuk mengobati bisul. Anda cukup menghaluskan 2 siung bawang putih kemudian menempelkannya pada area yang diserang bisul. Sebelumnya Anda dapat mengompres bisul tersebut dengan air hangat.

4. Bawang Merah

Bawang merah memiliki zat antibakteri yang hampir sama dengan bawang putih. Namun, bawang merah memiliki khasiat lain yaitu mampu membantu mengeringkan bisul dengan lebih cepat. Untuk mengobati bisul Anda cukup menghaluskan 2 -3 siung bawang merah. Bersihkan bisul dan kompres dengan air hangat, kemudian tempelkan bawang merah halus ke area bisul. Tunggu hingga 2-3 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Temulawak

Temulawak memiliki khasiat yang bagus bagi tubuh. Untuk membuat ramuan obat bisul, Anda harus menyediakan 1 ruas temulawak, iris tipis-tipis kemudian rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air putih dan gua aren. Setelah mendidih angkatlah dan tambahkan asam jawa. Saring dan minumlah ramuan ini sekaligus.

6. Asam Jawa

Zat asam yang terkandung dalam asam jawa mampu membunuh bakteri penyebab bisul. Anda dapat menggunakan bahan ini sebagai obat bisul dengan cara :

– Campurkan asam kawak, minyak kelapa murni, dan garam secukupnya.
– Tempelkan pada bisul yang sudah dibersihkan.
– Tunggu hingga meresap dan kering
– Bilas bisul dengan menggunakan air hangat hingga bersih.

Baca juga: Inilah 8 Manfaat Daun Zaitun Yang Belum Banyak Diketahui Orang

7. Daun Sirih

Daun siirh dikenal dengan khasiatnya sebagai antiseptik pembunuh bakteri. Daun ini juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat bisul alami dengan cara :

– Tumbuk 3 lembar daun sirih sampai halus.
– Tempelkan daun sirih tersebut ke area bisul kemudian tutup dengan perban.
– Diamkan selama 1-2 jam kemudian bilas bisul dengan air hangat.

Itulah 7 ramuan obat alami untuk bisul yang dapat Anda coba di rumah. Selamat mencoba.

Related For Inilah 7 Ramuan Obat Alami Untuk Membasmi Bisul Anda