Menu

Inilah 10 Obat Alami Untuk Membasmi Cacar Air

April 9, 2017 | Obat Alami

Cacar air merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Virus ini pada umumnya menyerang anak-anak, namun kadang kala bisa saja orang dewasa juga terjangkit penyakit ini. cacar air sangat merupakan penyakit yang tidak bisa dianggap enteng.

Gejala Cacar Air

Biasanya penderita cacar air mengalami ciri-ciri atau gejala berupa demam, badan lemas, pusing, serta hilang nafsu makan. Dan tentunya cacar air juga meninggalkan tanda hitam di beberapa bagian badan yang susah dihilangkan.

Pengobatan Alami Untuk Cacar Air

Nah, jika anak Anda terkena cacar air, sebelum atau sesudah pengobatan medis, sebaiknya obati dengan beberapa cara alami berikut ini.

Kacang Hijau
Kandungan gizi dalam kacang hijau mampu membuat cacar air cepat kering. Anda cukup merendam biji kacang hijau hingga membengkak, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkan tumbukan kacang hijau ini pada bagian yang terkena cacar air dan diamkan hingga mengering. Bilas tubuh dengan air hingga bersih.

Daun Jarak
Anda dapat merebus 5 – 7 lebar daun jarak selama 10 – 15 menit. Kemudian tambahkan ramuan ini ke dalam 1 bak air mandi dan gunakanlah untuk mandi. Khasiat daun jarak ini akan membantu cacar air segera sembuh.

Lada
Bersihkan luka caca air dengan air bersih kemudian oleskan pasta lada bubuk ke bagian luka tersebut. Tenang saja, karena luka tidak akan terasa perih seperti yang Anda bayangkan sebelumnya. Lada akan membantu luka cacar air Anda cepat kering dan sembuh.

Bengkoang
Bengkoang memiliki manfaat untuk menyembuhkan luka cacar air. Anda dapat menghaluskan bengkoang kemudian menempelkannya ke bagian luka cacar air seperti masker. Biarkan mengering kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Jagung Muda
Kandungan vitamin dan mineral dalam jagung muda dikenal memiliki manfaat untuk mengeringkan dan memudarkan bekas luka cacar air. Anda cukup memarutsatu buah jagung muda hingga halus. Kemudian balurkan ke area yang terkena cacar air. Tunggu hingga mengering dan bilas hingga bersih.

Kulit Pisang
Gosoklah area kulit yang terkena cacar air dengan kuit pisang bagian dalam. Lakukan cara ini secara teratur hingga bekas cacar air sembuh.

Kunyit
Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik. Anda dapat memanfaatkan khasiat tersebut untuk membunuh kuman penyebab cacar air serta menyembuhkan lukanya. Untuk mengobati cacar air, haluskanlah 1-2 ruas kunyit, kemudian balurkan pada bagian kulit yang terkena cacar. Diamkan hingga 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Madu
Madu memang merupakan bahan yang mengandung banyak sekali manfaat. Madu mampu mencegah infeksi pada luka dan memudarkan noda bekas cacar air di kulit. Anda cukup mengoleskan madu murni pada bagian yang terkena cacar air, tunggu hingga setengah kering kemudian bilas hingga bersih.

Daun Pegagan
Kandungan daun pegagan mampu meremajakan kulit dengan lebih cepat. Anda dapat membuat daun pegagan sebagai jus dan menambahkan dengan sedikit madu. Minumlah ramuan ini secara teratur setiap hari sampai luka cacar air Anda sembuh.

Air Kelapa Muda
Air kelapa muda mampu mendetoksifikasi tubuh dari berbagai macam penyakit. Jadi air kelapa muda juga akan membantu cacar air Anda cepat sembuh. Minumlah air kelapa muda secara teratur, atau dapat pula ditambahkan dengan madu untuk menambah khasiatnya.

Baca juga: Inilah 7 Ramuan Obat Alami Untuk Bisul Anda

Itulah beberapa obat alami untuk cacar air yang dapat Anda racik sendiri di rumah. Nah, semoga lekas sembuh setelah melakukan pengobatan di atas.

Related For Inilah 10 Obat Alami Untuk Membasmi Cacar Air