Menu

Inilah 5 Obat Alami Ampuh Untuk Mengatasi Cantengan

April 11, 2017 | Obat Alami

Bagi Anda yang pernah mengalami cantengan, pastinya saat itu adalah masa-masa menyakitkan dalam hidup Anda. Betapa tidak, saat mengalami keluhan ini, bahkan saat tidak beraktivitaspun masih terasa sakitnya. Buat Anda yang belum tahu, cantengan adalah peradangan pada daerah sekitar kuku dan ditandai dengan rasa nyeri yang berdenyut-denyut. Selain itu cantengan juga disertai dengan bengkak kemerahan. Oya, cantengan ini dalam istilah medis disebut juga dengan sebutan paronikia.

Gejala awal cantengan dapat berupa kemerahan dan pembengkakan di sekitar kuku yang disebut cellulitis. Kaki akan sangat sakit jika disentuh dan kemudian jika semakin parah, kuku dan kulit akan berubah warna menjadi kuning kehijauan. Hal ini menunjukkan adanya penumpukan nanah di bawah kuku atau lapisan kulit.

Penyebab Cantengan pada Jari dan Kuku

Cantengan dapat terjadi karena beberapa hal, seperti misalnya:

  • Adanya peristiwa traumatis seperti benturan. Walaupun kecil dan diremehkan namun bisa terjadi pembengkakan hingag bernanah.
  • Kebiasaan remeh seperti menggigit kuku, menghisap jari, manicure, pedicure, atau pemasangan kuku buatan ternyata dapat menjadi faktor penyebab cantengan.
  • Infeksi bakteri streptococus dan pseudomonas atau bakteri anaerob pada kaki menjadi penyebab yang paling umum dari cantengan.
  • Cantengan juga dapat menjadi manifestasi atau gejala dari penyakit lain seperti pembhigus vulgaris.

Cara Alami Mengobati Cantengan

Anda dapat mengobati cantengan ini dengan bahan-bahan alami di sekitar Anda. bahan-bahan tersebut antara lain :

1. Daun Pacar Kuku

Tanaman ini sering sekali menjadi bahan untuk mewarnai kuku dan mudah sekali ditemukan di sekitar rumah Anda. untuk membuat obat alami cantengan, Anda dapat menyiapkan daun pacar kuku dan tambahkan sedikit gula merah serta perasan jeruk nipis.

Campurkan semua bahan dan kemudian tempelkan di area yang terkena cantengan. Kemudian balut luka cantengan dengan kain kasa dan biarkan hingga 3-4 jam agar ramuannya meresap. Setelah itu Anda dapat membersihkan area cantengan dan mengganti dengan ramuan yang baru. Lakukan cara ini secara teratur agar cantengan segera sembuh.

2. Tempung Wiyang

Siapkan bagian daun dan batang tempung wiyang serta gula pasir secukupnya. Haluskan tempung wiyang dan gula pasir kemudian tempelkan ramuan ini ke bagian jari yang terkena cantengan. Kemudian balutlah daerah tersebut dengan kain kasa bersih. Diamkan beberapa jam agar ramuan ini dapat meresap sempurna. Setelah itu bersihkan area cantengan dengan air.

3. Rendaman Air Hangat

Saat Anda terkena cantengan, maka bersihkanlah kaki dengan sabun antiseptik dan kemudian rendamlah kaki Anda di air hangat. Anda dapat membiarkan kaki terendam hingga air berubah menjadi suam-suam kuku hampir dingin. Air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah di telapak kaki Anda. Hal ini dapat membuat bengkak di kaki Anda dapat segera sembuh.

4. Jahe

Rempah-rempah satu ini memang dikenal memiliki khasiat anti inflamasi dan anti bakteri. Untuk mengobati cantengan, Anda cukup memarut satu ruas jahe, kemudian tempelkan parutan jahe tersebut ke bagian jari yang terkena cantengan. Sebelumnya, Anda harus membersihkan kaki dengan sabun antiseptik agar khasiat jahe dapat meresap sempurna.

5. Bawang Merah

Bawang merah ternyata memiliki kandungan anti bakteri yang baik untuk mengobati cantengan. Anda dapat membuat ramuan ini dengan cara memarut 2 siung bawang merah hingga halus. Kemudian tempelkan parutan bawang merah tersebut ke area yang terkena cantengan. Setelah itu balutlah jari dengan menggunakan kain kasa steril. Diamkan selama 3-4 jam kemudian bersihkan kaki dengan air. Lakukan pengobatan ini secara rutin 3x sehari agar cantengan cepat sembuh.

Baca juga: Inilah 8 Ramuan Obat Alami Untuk Membasmi Biduran Anda

Itulah penyebab dan obat alami untuk penyakit cantengan yang wajib Anda ketahui. semoga setelah ini Anda tak perlu lagi bingung saat penyakit ini menyerang.

Related For Inilah 5 Obat Alami Ampuh Untuk Mengatasi Cantengan