Menu

Obat Alami Untuk Darah Tinggi, Kolesterol Dan Asam Urat

April 22, 2017 | Obat Alami

Penyakit darah tinggi sangat berkaitan dengan masalah kesehatan pada pembuluh darah. Oleh karena disebabkan oleh beberapa masalah yang berkaitan dengan pembuluh darah, penyakit darah tinggi akan secara langsung berdampak pada kinerja jantung yang harus bekerja keras memompa darah hingga dapat sampai ke pembuluh darah. Untuk menangani penyakit ini diperlukan obat-obat untuk mengembalikan tekanan darah hingga menjadi normal.

Namun, obat-obat dengan kandungan kimiawi yang terus-menerus dikonsumsi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pengobatan darah tinggi secara alami sangat disarankan agar tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan tubuh.

Obat alami untuk mengobati darah tinggi dan kolestrol

Beberapa obat alami yag dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit darah tinggi diantaranya:

  1. Daun salam

Daun salam memiliki khasiat dapat menunkan kolesterol dan darah tinggi dan kolesterol. Cara penggunaanya cukup mudah. Pertama, siapkanlah daun salam sebanyak 10 lembar dalam kondisi masih segar. Selanjutnya cuci bersih daun salam tersebut lalu rebus dengan 3 gelas air putih. Setelah mendidih, diamkan beberapa menit hingga dingin lalu saring air daun salam tersebut. Secara rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam, anda akan memperoleh hasil yang memuaskan. Tubuh sehat dan tekanan darah anda kembali normal.

  1. Rumput laut (laminaria japonica)

Memiliki khasiat dapat menormalkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol, rumput laut aman dikonsumsi dalam jangka panjang. Wakame adalah jenis rumput laut yang paling populer. Ada juga jenis rumput laut yang sering anda jumpai di supermarket yaitu miso, nori dan kombu. Anda dapat memasaknya menjadi menu sehat yang dapat disantap setiap hari untuk menormalkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

  1. Mentimun

Kandungan mineral potassium yang tinggi pada mentimun berperan menurunkan tekanan darah tinggi. Cara penggunaannya dapat dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan. Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus buah yang menyegarkan.

  1. Blewah

Seperti halnya mentimun, blewah juga memiliki banyak kandungan potassium yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal. Anda dapat mengkonsumsi blewah secara langsung atau dibuat jus yang segar dan menyehatkan.

  1. Mengkudu

Dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mengkudu juga dapat menurunkan kolesterol tinggi. Cara penggunaannya cukup mudah. Sebaiknya pilih buah mengkudu yang sudah matang lalu ambil sari buahnya dengan cara di blender. Air sari mengkudu disajikan dengan tambahan sedikit madu. Secara rutin mengkonsumsi campuran air sari mengkudu dan madu akan membantu anda mengatasi penyakit darah tinggi.

  1. Bawang putih

Selain berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi, bawang putih juga berkhasiat menghancurkan penggumpalan darah dan mengatasi kolesterol tinggi. Cara penggunaanya sangat mudah. Pertama, siapkan 3 siung bawang putih yang bersih dan masih segar lalu kupas dan cuci hingga bersih. Selanjutnya, tumbuk bawang putih hingga halus lalu peras dan ambil air sarinya. Minumlah air sari bawang putih tersebut secara rutin setiap 3 kali sehari dan rasakan khasiatnya.

Gejala serta penyebab penyakit darah tinggi dan kolesterol

Darah tinggi dan kolesterol adalah penyakit yang berbeda. Namun, kedua penyakit tersebut sering muncul secara bersamaan di dalam tubuh. Walaupun kedua jenis penyakit ini berbeda, penyakit ini masih saling berkaitan satu dengan yang lain. Salah  satu penyebab munculnya penyakit darah tinggi adalah adanya kolesterol tinggi yang menumpuk pada pembuluh darah. Di lain sisi, tekanan darang tinggi akan membuat pembuluh darah mengeras hingga menyebabkan kolesterol dengan mudah menempel pada pembuluh darah.

Kesamaan lainnya ialah keduanya memicu munculnya penyakit-penyakit lain yaitu jantung koroner dan stroke. Perlu langkah tepat untuk menangani kedua penyakit ini. Pengobatan secara alami adalah alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit darah tinggi dan kolesterol tinggi. Salah satu ramuan alami yang dapat mengatasi kedua penyakit tersebut adalah dengan ramuan tradisional temu hitam. Temu hitam bermanfaat mencegah penggumpalan darah, melancarkan sirkulasi darah dan membuang racun pada tubuh.

Bahan-bahannya sangat sederhana dan dapat ditemukan di sekitar rumah anda. Cara pembuatannyapun sangat mudah. Langkah pertama adalah menyiapkan 25 gram temu hitam, 2 kuntum bunga soka, 30 gram daun soka , 2 kuntum bunga mawar dan air 600 cc. Cuci bersih semua bahan yang telah disiapkan lalu campurkan air 600 cc dengan bahan-bahan yang telah anda siapkan. Selanjutnya rebus semua bahan sampai mendidih lalu saring sebanyak dua kali. Ramuan alami temu hitam siap disajikan.

Obat alami untuk asam urat

Selain penyakit darah tinggi dan kolesterol terdapat pula penyakit yang memerlukan langkah penanganan yang cepat yaitu penyakit asam urat. Asam urat disebabkan oleh timbulnya pengkristalan natrium urat pada persendian.  Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit dan nyeri pada persendian.

Perlu penanganan yang cepat untuk mengobati penyakit ini. Selain melalui pengobatan dokter, anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengatasi asam urat. Beberapa bahan alami yang dapat mengobati penyakit ini diantaranya:

  1. Jus buah cerry

Memiliki senyawa asam yang pekat, buah cerry bermanfaat dalam menyeimbangkan kadar asam urat dalam urine dan darah. Selain itu, kandungan nutrisi dan kalium pada buah cerry juga mampu meringankan rasa sakit pada persendian tubuh.

  1. Jus lemon

Terkenal dengan rasanya yang masam, kandungan asam pada lemonberperan membantu tubuh menghasilkan kalsium karbonat yan mampu menetralkan asam urat.

  1. Cuka madu

Cuka madu dikenal dengan propolis. Obat asam urat ini banyak diperjual belikan oleh pedagang obat herbal. Merupakan kumpulan resin lebah, propolis dapat membantu menghasilkan sifat basa pada tubuh sehingga sangat efektif menetralkan asam urat.

  1. Air putih

Proses pengobatan asam urat cukup mudah dengan menggunakan air putih. Rutinlah mengkonsumsi air putih minimal 8-10 gelas setiap hari.  Dipercaya mampu melarutkan asam urat dalam ginjal, air putih juga membuat kadar asam urat dalam tubuh menjadi pekat. Hal tersebut dapat mencegah persendian mengkristal.

  1. Cengkeh dan ubi jalar

Kedua bahan tersebut sering digunakan sebagai obat tradisional asam urat. Keduanya bermanfaat dalam menetralkan asam urat dan kadar purin dalam tubuh. Cara mengobati asam urat dengan kedua bahan tersebut cukup mudah. Pertama, siapkan bahan-bahannya yaitu 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, air 1000 ml, 15 gram jahe merah  dan 200 gram ubi jalar. Cuci bersih bahan-bahan yang telah disiapkan lalu rebus dengan 1000 ml air sampai mendidih. Selanjutnya saring air rebusan dan konsumsi selagi hangat. Anda juga bisa mengkonsumsi ubi jalarnya secara terpisah.

Baca juga: Inilah 8 Obat Alami Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

Nah, itulah diatas ulasan yang bisa kami sampaikan mengenai obat alami untuk darah tinggi, kolesterol dan asam urat. Selain rajin mengkonsumsi obat alami, pastikan Anda menjaga pola makan, rutin melakukan olah raga ringan, dan juga rutin mengecek kondisi kesehatan anda.

Related For Obat Alami Untuk Darah Tinggi, Kolesterol Dan Asam Urat