Menu

Inilah obat herbal alami paling ampuh untuk diabetes & asam lambung

April 18, 2017 | Obat Alami

Dikenal dengan sebutan penyakit kencing manis, diabetes merupakan penyakit yang muncul akibat tubuh kekurangan insulin. Apabila penyakit ini tidak segera diobati maka akan mengakibatkan gejala-gejala seperti berat badan menurun, penglihatan semakin kabur, sakit kepala juga luka yang sulit kering.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menakutkan, jika anda atau saudara anda terkena penyakit ini, tentu harus waspada dan harus segera melakukan tindakan pengobatan sedini mungkin. Karena jika penyakit ini tidak di tangani secara cepat dan tepat akan berujung kepada kematian. Hal ini dapat dimaklumi karena seperti yang di ungkapkan oleh sample registration survey 2014 yang menyebutkan bahwa penyakit diabetes dengan komplikasi merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi ketiga di indonesia. Jadi wajar saja jika kita harus waspada dan segera melakukan penanganan sebelum terlambat. 

Obat alami untuk diabetes

Dan untuk mengobati penyakit diabetes, anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah anda temukan disekitar rumah anda. Bahan-bahan alami dipercaya aman dikonsumsi karena tidak mengandung zat kimiawi  yang dapat merusak organ tubuh, seperti beragam obat alami di bawah ini:

  1. Mengkudu

Kandungan proxeroni pada buah mengkudu berperan dalam pembentukan alkaloid yang berperan dalam membuka pori-pori sel sehingga nutrisi dengan mudah terserap ke dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan mengkudu dipercaya ampuh mengatasi penyakit diabetes.

Cara membuat obat diabetes dari mengkudu adalah menyiapkan 1 buah mengkudu. Cuci bersih buah mengkudu, kupas dan blender dagingnya hingga halus. Selanjutnya peras airnya dan tuangkan air sari mengkudu tersebut ke dalam gelas. Obat alami diabetes dari sari buah mengkudu siap untuk disajikan. Anda bisa menuangkan sedikit madu jika tidak tahan dengan bau dan rasanya.

  1. Kunyit

Kunyit bisa dijadikan salah satu obat alami untuk penyakit diabetes cara menggunakannya dapat anda lakukan dengan langkah-langkah yang mudah. Pertama siapkan 1 rimpang kunyit dan setengah sendok makan garam halus. Rebus kunyit dan garam halus tersebut dalam 1 liter air sampai mendidih. Setelah mendidih, saringlah air rebusan tersebut lalu tiriskan hingga dingin. Minumlah air rebusan kunyit tersebut setengah gelas setelah dingin. Secara teratur meminum air rebusan kunyit 2 kali seminggu dipercaya ampuh mengobati penyakit diabetes.

  1. Daun kemangi

Merupakan salah satu tanaman alami yang mampu mengobati penyakit diabetes, daun kemangi biasa digunakan sebagai campuran olahan sayuran maupun dikonsumsi untuk sambal dan lalapan. Daun kemangi mempunyai kandungan yang berperan membantu proses sekresi insulin pada tubuh sehingga kadar gula darah menjadi stabil. Cara mengkonsumsinyapun cukup mudah. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan atau campuran olahan sayuran.

  1. Buncis

Sebagai salah satu obat alami yang mapu mengatasi penyakit diabetes, buncis memiliki kandungan b-sitisterol yang mampu mempercepat produksi isulin dalam tubuh. Kandungan tersebut juga bermanfaat menjaga insulin agar tetap normal di dalam tubuh. Dengan pengolahan yang benar, bunci ampuh mengatasi penyakit diabetes. Cara pengolahannya cukup mudah, pertama anda menyiapkan ½ kg buncis yang sudah dicuci bersih.

Selanjutnya rebus buncis dengan 2 gelas air. Setelah mendidih, saring air rebusan buncis tersebut dan sajikan sebagai obat alami penyakit diabetes. Minumlah obat alami tersebut setiap pagi dan malam sebelum dan sesudah bangun tidur. Anda juga bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan atau jus segar agar tidak bosan.

  1. Brotowali

Tanaman obat ini sangat terkenal dengan rasanya yang pahit dan sering digunakan sebagai campuran jamu tradisional. Ampuh mengatasi beragam penyakit, brotowali juga telah dipercaya mampu menyembuhkan penyakit diabetes. Cara pengobatan penyakit diabetes dengan tanaman ini sangat mudah dilakukan.

Anda cukup menyiapkan 1 buah brotowali sebesar jari atau 10 cm. Tambahkan pula satu genggam akar buah papaya lalu rebus kedua bahan herbal tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih, biarkan dingin lalu minum air rebusan tersebut secara teratur 2 kali seminggu untuk mengobati penyakit diabetes.

Pengobatan alami atau back to nature merupakan pilihan bijak untuk menangani penyakit ini, karena selain murah juga bebas efek samping. Sudah saatnya kita believe in nature, karena alam memberi kita obat paling ampuh dan paling aman. Dan di sekitar kita ada beragam tanaman herbal sebagai obat alami untuk diabetes yang bukan saja aman tapi juga ampuh. Saya yakin tidak sulit untuk menemukan Kelima obat herbal alami tersebut, karena salah satunya mungkin ada di sekitar rumah kita.

Obat alami untuk asam lambung 

Selain pengobatan alami untuk penyakit diabetes, penyakit asam lambung juga dapat diobati dengan bahan-bahan alami.  Penyebab timbulnya penyakit asam lambung adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar keasaman tinggi. Makanan dengan kadar keasaman tinggi memicu peningkatan produksi keasaman lambung.

Selain itu pola hidup yang tidak sehat dan kebiasaan merokok juga menyebabkan munculnya gangguan asam lambung. Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh mengatasi penyakit asam lambung:

  1. Kacang hijau

Kacang hijau berperan dapat mengatasi penyakit asam lambung karena memiliki kandungan  nutrisi yang mampu menebalkan lapisan lambung. Kacang hijau juga mampu menetralkan kelebihan kadar asam lambung pada tubuh. Cara mengkonsumsinya sangat mudah. Anda cukup makan bubur kacang hijau tanpa santan. Sebaiknya masak sendiri bubur kacang hijau tersebut. Secara rutin mengkonsumsi bubur kacang hijau setiap pagi dan sore hari akan mengatasi penyakit asam lambung secara alami.

  1. Pisang raja

Kandungan antitukak peptic pada buah pisang raja bermanfaat dalam melindungi selaput lendir lambung dari penyakit asam lambung. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama pilih pisang yang sudah setengah tua tapi belum matang. Potong pisang tersebut tipis-tipis seperti membuat kripik. Selanjutnya jemur potongan pisang tersebut dengan cara diangin-anginkan.

Sesudah potongan pisang mengering, blender atau tumbuk potongan pisang tersebut hingga menyerupai tepung. Cara mengkonsumsinya adalah dengan mencampurkan madu asli dengan bubuk pisang yang telah dibuat. Minumlah campuran tersebut secara rutin setiap hari pada pagi dan malam hari.

  1. Kencur

Kencur juga salah satu obat alami yang dapat mengobati penyakit asam lambung. Cara menggunakannya adalah dengan mengupas kulitnya lalu diparut. Selanjutnya tambahkan air lalu peras hingga menghasilkan air sari kencur. Rebus air sari kencur tersebut hingga mendidih. Setelah mendidih tunggu hingga air kencur tersebut dingin dan sajikan sebagai obat alami penyakit asam lambung. Mengkonsumsi air sari kencur secara rutin akan mempercepat proses penyembuhan penyakit asam lambung.

Baca juga: Rambut Rontok? Inilah 7 Obat Alami Untuk Penumbuh Rambut

Nah, demikianlah ulasan mengenai obat alami untuk diabetes dan asam lambung. Menjalani pengobatan secara alami perlu konsistensi dan kesabaran hingga diperoleh hasil yang memuaskan. Tentunya pastikan untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar proses penyembuhan semakin maksimal.

Related For Inilah obat herbal alami paling ampuh untuk diabetes & asam lambung