Menu

Inilah Obat Alami untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Anda

April 27, 2017 | Obat Alami

Ginjal mempunyai fungsi yang sangat penting bagi organ tubuh kita dan berperan vital dalam mempertahankan kekebalan seluruhan organ tubuh. Berfungsi sangat vital bagi metabolisme tubuh, ginjal bertugas menyaring kotoran-kotoran yang terdapat dalam makanan untuk nantinya dibuang melalui urine. Sampah sisa metabolism tubuh  kita akan dibuang oleh organ ginjal. Secara sistematis organ ginjal akan membuang cairan yang berlebih sebanyak 750 ml -1500 ml per hari dari tubuh kita.

Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Apabila ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik dan metabolism dalam tubuh tidak dikeluarkan. Cairan yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh akan mengakibatkan penumpukan cairan ke seluruh rongga tubuh.  Kondisi tersebut didiagnosa sebagai gejala penyakit gagal ginjal oleh dunia kedokteran.  Gejala yang umumnya muncul akibat penyakit ini adalah rasa sakit kepala yang hebat, mual dan muntah hingga kesadaran menurun.

Gangguan ginjal biasanya ditandai dengan adanya infeksi, obstruksi dan peradangan di seputar organ ginjal. Ditandai dengan penurunan fungsi ginjal hingga 90%, penyakit ini berkembang secara cepat dalam beberapa jam atau beberapa hari

Jenis Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba yang ditandai dengan peningkatan kadar BUN dan kreatinin plasma. Selain itu, penyakit ini juga muncil akibat beberapa peristiwa yang mengarah pada cedera, kehilangan banyak darah saat operasi besar, maupun kerusakan ginjal. Urine yang keluar dapat kurang dari 40 ml per jam akibat penyakit ini. Gagal ginjal akut dibagi  menjadi 3 jenis yaitu postrenal, intrinsic dan prerenal.

Tanda-tanda penyakit gagal ginjal akut diantaranya: nyeri pinggang yang kronis, pembengkaan pada area mata, rasa sakit saat berkemih, ada darah saat berkemih, frekuensi berkemih yang berlebihan akibat kelainan urine. Kelainan urine disebabkan sel darah putih dan bakteri dalam urin.

  • Gagal Ginjal Kronik

Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan struktur ginjal yang progresif dan terus-menerus.  Gagal ginjal kronik juga disebabkan oleh penyakit jangka panjang seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan pemakaian obat-obat kimiawi secara terus-menerus  yang secara perlahan merusak organ ginjal karena mengurangi fungsi ginjal secara perlahan dari waktu ke waktu.

Gagal ginjal kronik biasanya ditandai dengan rasa mual dan muntah, pembengkakan di sekitar mata, tubuh lemas dan tidak bertenaga, berkurangnya nafsu makan, frekuensi kencing berkurang, wajah terlihat pucat dan sering mengalami sesak nafas.

Ada beberapa alternatif  cara untuk menangani penyakit ginjal yaitu dengan pencangkokan ginjal dan cuci darah. Penderita yang mengalami penurunan fungsi ginjal disarankan melakukan cuci darah agar tetap hidup secara normal. Selain itu, penderita akan bergantung pada obat-obatan medis sepanjang hidupnya. Obat-obatan medis akan menimbulkan efek samping pada organ ginjal tersebut. Ada beberapa cara alami yang dapat mengatasi penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi tanaman herbal.

Tingkatkan Fungsi Ginjal Secara Alami Dengan Daun Sukun

Sukun merupakan jenis tanaman yang memiliki manfaat yang luar biasa. Dagingnya dapat kita jadikan sebagai sumber bahan pangan, getahnya dapat dimanfaatkan sebaga bahan pembuat karet gelang, kayunya yang kuat dan ringan dapat digunakan untuk membuat pola-pola yang menarik sebagai bahan baku pembuatan mebel. Selain itu, daunnya dapat dimanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beragam jenis penyakit termasuk gagal ginjal. Kandungan hidrosianat, riboflavin, asetilcolin, flavonoid, tannin dan ribolflavin pada daun sukun dipercaya mampu mengatasi penyakit gagal ginjal.

Hasil penelitian dari Cina yang dilakukan oleh LIPI mengungkapkan bahwa daun sukun dapat mengobati beragam keluhan seputar fungsi ginjal. Ginjal akan terselamatkan melalui pengobatan secara alami dengan daun sukun.  Kandungan kalium pada daun sukun berperan dalam menguraikan batu ginjal hingga larut dan dengan mudah keluar bersama urin.

Selain itu senyawa-senyawa yang terkandung dalam daun sukun juga mampu mengatasi keluhan sakit di sekitar organ ginjal. Senyawa-senyawa tersebut diantaranya adalah  esensial, hidrosianat, riboflavin, asteilcolin, polifenol dan tannin. Senyawa-senyawa tersebut dipercaya dapat menghilangkan pembengkakan dan mengurangi kandungan protein dalam urin.

Cara Pengobatan Ginjal dengan Daun Sukun Kering

Cara pengobatan penyakit ginjal dengan daun sukun cukup mudah. Pertama siapkanlah beberapa lembar daun salam yang lalu cuci bersih. Keringkan daun sukun tersebut dengan cara diangin-anginkan. Sesudah daun sukun mengering, rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih. Selanjutnya saring dan diamkan beberapa menit hingga dingin. Setelah dingin, minum air rebusan daun sukun tersebut secara rutin 2 kali sehari.

Khasiat ramuan tersebut adalah mampu mengatasi keluhan rasa sakit seputar organ ginjal. Kandungan kalium pada daun sukun dapat membantu proses keluarnya endapan batu ginjal bersama dengan urin. Selain itu kandungan protein di dalam urin akan mengalami penurunan dan pembengkaan organ ginjal juga perlahan teratasi.

Nah, demikianlah ulasan mengenai pengobatan alami penyakit ginjal dengan daun sukun kering. Cukup mudah bukan? Anda dapat meramunya sendiri di rumah. Pengobatan penyakit secara alami sangat aman karena tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Membutuhkan kesabaran dan konsistensi agar berhasil melakukan pengobatan dengan bahan herbal.

Baca juga: Bahan Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Pada Bayi 6 Bulan

Konsisten dan rutin mengkonsumsi daun sukun kering adalah kunci keberhasilan untuk sembuh dari penyakit ginjal. Selain itu, ciptakanlah pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan rajinlah memeriksakan kondisi kesehatan Anda pada tim medis yang menangani Anda. Salam sehat.

Related For Inilah Obat Alami untuk Meningkatkan Fungsi Ginjal Anda