Menu

Inilah 6 Ramuan Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Gondok

April 12, 2017 | Obat Alami

Tak jarang kita menjumpai anak-anak yang terserang penyakit gondok dengan leher yang terlihat membengkak. Namun, tak jarang pula orang dewasa juga terkena penyakit gondok ini. Walaupun banyak penyakit gondok yang muncul di sekitar kita, ternyata banyak orang yang belum paham apa sebenarnya penyakit ini dan bagaimana cara mengobatinya.

Sekilas tentang Penyakit Gondok

Gondok merupakan kondisi dimana muncul benjolan di bagian leher akibat membengkaknya kelenjar tiroid. Organ ini sendiri terletak tepat di bawah jakun dan berbentuk seperti kupu-kupu.

Kelenjar tiroid memiliki fungsi yang sangat penting dalam tubuh. Kelenjar ini bertugas untuk menghasilkan hormon tiroid yang berfungsi dalam berbagai proses kimiawi dalam tubuh.

Berdasarkan jenis benjolannya, penyakit gondok sendiri dapat dibedakan menjadi 2 yakni gondok difus dan nodul. Gondok difus ditandai dengan benjolan yang mulus jika disentuh. Sedangkan gondok nodul jika disentuh akan terasa kasar dan seperti ada benjolan-benjolan kecil di dalamnya.

Obat Alami untuk Penyakit Gondok

Sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke dokter dan menjalani operasi, ada baiknya Anda terlebih dulu mencoba cara pengobatan alami. Cara ini selain aman tentuya lebih murah dan bahannya pun mudah Anda dapatkan. Berikut ini beberapa bahan yang dapat dijadikan obat alami untuk penyakit gondok, diantaranya adalah :

1. Yodium

Sudah sejak lama pemerintah dan dinas kesehatan mencanangkan kampanye penggunaan garam beryodium dalam kehidupan sehari-hari. Bukan tanpa alasan, karena penyakit gondok jenis hipotiroid dapat terjadi saat tubuh kekurangan yodium akut.

Oleh karena itu, biasakan Anda dan keluarga selalu mengkonsumsi garam beryodium demi menghindari penyakit gondok ini. Namun, bukan berarti Anda harus mengkonsumsi garam secara berlebihan, karena ini justru akan meningkatkan resiko penyakit darah tinggi.

2. Dandelion

Untuk mengempeskan bengkak pada area leher karena penyakit gondok ini, Anda dapat menggunakan daun dandelion. Caranya pun cukup mudah. Anda cukup mengkonsumsi beberapa lembar daun dandelion 2 – 3 kali sehari secara teratur.

3. Buah Nanas

Anda dapat memanfaatkan kandungan daam buah nanas sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit gondok. Kandungan gizi dan mineral pada buah nanas ternyata mampu meningkatkan produksi gluttathione dalam tubuh. Gluttathione ini mampu memperbaiki kerja kelenjar tiroid. Anda cukup mengkonsumsi buah nanas ini secara rutin setiap hari agar gondok segera sembuh.

4. Bawang Putih

Siapa sangka ternyata bumbu dapur yang sangat mudah ditemukan ini memiliki khasiat hebat untuk mengobati penyakit gondok. Bawang putih memang memiliki kandungan zat anti inflamasi dan anti bakteri. Kedua zat aktif tersebut akan mampu mengurangi pembengkakan di area leher.

Bawang putih ini dianjurkan untuk dikonsumsi saat gondok mulai menimbulkan rasa sakit. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih secara teratur untuk mengurangi rasa sakitnya.

5. Selada Air

Sayuran ini paling banyak dijumpai dalam bentuk tumis dan penamping lalapan. Tumbuhan ini pun sangat mudah dijumpai di area persawahan. Ternyata daun selada air ini memiliki kandungan yodium alami yang tinggi. kandungan yodium ini yang akan membantu kesembuhan Anda dari penyakit gondok.

Rutinlah mengkonsumsi seada air. Selain yodium, sayuran ini tentunya juga kaya akan zat besi dan antioksidan yang bagus bagi kekebalan tubuh Anda.

Baca juga: Inilah 5 Obat Alami Ampuh Untuk Mengatasi Cantengan

6. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh jarang dikonsumsi mentah karena rasanya yang sangat masam. Ternyata belimbing wuluh memiliki khasiat untuk mengobati gondok. Anda cukup menumbuk buah belimbing wuluh dengan 4 siung bawang merah, kemudian balurkan di leher dan biarkan hingga meresap.

Nah diatas adalah 6 obat alami untuk mengatasi penyakit gondok. Semoga bermanfaat.

Related For Inilah 6 Ramuan Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Gondok