Menu

Inilah 8 Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Herpes

April 13, 2017 | Obat Alami

Herpes adalah penyakit yang timbul akibat virus. Pada umumnya penyakit ini terdapat dua jenis yaitu herpes ginitalis dan herpes zoster. Herpes jenis zoster merupakan penyakit herpes yang sering terjadi, dan diakibatkan oleh adanya virus  varicella zoster. Ciri-ciri penyakit ini yaitu timbul seperti cacar air, muncul gelembung-gelembung, dan kulit berwarna kemerah-merahan.

Gelembung itulah yang dapat menyebarkan virus pada seluruh kulit tubuh. Dan bisa menular apabila terjadi kontak secara langsung dengan area yang terkena herpes. Bahkan penggunaan barang-barang yang sama seperti handuk, pakaian, hingga sabun mandi dapat menyebabkan terjadinya penularan apabila tidak segera di obati.

Berbeda dengan herpes jenis genitalis yang disebabkan karena adanya virus yang disebabkan karena aktivitas seksual yang tidak sehat. Penyakit herpes memang sulit untuk penyembuhannya. Walau sulit, bukan berarti tidak bisa disembuhkan ya.

Obat Alami Untuk Mengobati Herpes

Nah, berikut telah kami rangkum informasi mengenai beberapa obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan herpes.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit herpes. Gel lidah buaya dapat membantu menenangkan iritasi pada kulit akibat rasa gatal. Lidah buaya mengandung anti-peradangan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Cara penggunaannya cukup simpel, yaitu dengan memotong lidah buaya, dan mengoleskan gel lidah buaya secara teratur pada bagian yang terkena herpes, khususnya saat kulit terasa gatal.

  1. Tepung Jagung

Selain lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan tepung jagung untuk mengobati penyakit herpes. Tepung jagung berkhasiat untuk mengurangi kelembaban luka, maupun meredam rasa gatal. Caranya cukup dengan mengoleskannya pada kulit yang terkena herpes secara teratur.

  1. Minyak Oregano

Anda juga bisa menggunakan minyak oregano sebagai obat alami untuk herpes. Minyak oregano bisa mengeringkan serta menyembuhkan luka lebih cepat. Caranya dengan mengoleskan minyak oregano pada bagian kulit yang terkena herpes.

  1. Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Cairan manis ini ternyata juga bisa digunakan untuk membantu menenangkan dan mengeringkan kulit yang terkena herpes. Caranya cukup mudah, dengan mengoleskan madu pada bagian kulit yang sakit.

  1. Daun Binahong

Obat alami untuk herpes selanjutnya adalah daun binahong. Daun ini memiliki kandungan antibiotik yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satunya herpes. Daun ini bisa mempercepat mengeringnya luka herpes di kulit. Caranya cukup mudah, yaitu tumbuk daun binahong hingga halus, kemudian tempelkan pada kulit yang terkena herpes.

  1. Daun Dewa Merah

Daun dewa merah menjadi salah satu obat alami untuk herpes yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit herpes, karena kandungan antibiotiknya.

  1. Teh Hijau

Teh hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk herpes. Anda dapat menggunakan teh hijau celup untuk pengobatan. Caranya cukup mudah, yaitu mencelupkan teh hijau di air hangat, kemudian kompres pada bagian yang terluka. Tekan kompresan dan diamkan selama 30 menit untuk hasil yang maksimal.

Baca juga: Inilah 6 Ramuan Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Gondok

  1. Jintan Hitam

Jintan hitam atau habbatusauda dapat dijadikan obat alami untuk mengobati penyakit herpes. Caranya cukup mudah, ambil 1 sendok teh jintam hitam, umbi bidara upas, temu putih, daun sambitolo, dan brotowali. Kemudian rebus bahan-bahan tersebut dengan air sebanyak 1 liter hingga tersisa 2 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut secara teratur.

Itulah beberapa obat alami untuk hespes yang dapat Anda gunakan untuk membantu penyembuhan sakit herpes. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Related For Inilah 8 Obat Alami Untuk Mengatasi Penyakit Herpes