Menu

Inilah 10 Obat Alami Untuk Membasmi Kencing Batu

April 19, 2017 | Obat Alami

Kencing batu disebabkan oleh batu yang terdapat pada ginjal, kandung kemih dan saluran kencing. Penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa sakit saat berkemih dan nyeri di bagian perut. Apabila penyakit ini dibiarkan akan menimbulkan infeksi dan komplikasi yang membahayakan kesehatan penderita. Perlu langkah cepat dan tepat untuk mengatasi penyakit ini. Dan selain dengan pertolongan atau pengobatan medis, obat herbal dari bahan-bahan alami juga dipercaya mampu mengatasi penyakit ini. Pengobatan herbal dari bahan-bahan alami sangat aman dan tanpa efek samping karena tidak mengandung zat kimia yang membahayakan tubuh.

Obat alami untuk kencing batu

  1. Daun kumis kucing (orthosiphon aristatus)

Mempunyai efek dan sifat farmakologis,  kumis kucing berkhasiat sebagai peluruh batu ginjal dan mencegah infeksi kandung kemih. Kandungan sinensetin pada kumis kucing juga berperan sebagai anti radang pada kandung kemih. Dalam proses pengobatan batu ginjal, tumbuhan kumis kucing dapat digunakan semua bagian tumbuhannya.

  1. Daun tempuyung (sonchus arvensis)

Memiliki rasa pahit dan dingin, daun tempuyung bermanfaat menghilangkan panas dan sebagi peluruh batu pada saluran kemih dan empedu. Senyawa aktif pada daun tempuyung terdiri dari manitol, inositol, flavonoid, kumarin, taraksasterol, oc-laktuserol dan asam fenolat. Seluruh bagin tumbuhan tempuyung dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi batu ginjal.

  1. Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis sayuran yang mampu mengatasi penyakit batu ginjal. Mengkonsumsi seledri setiap pagi hari sebelum sarapan akan mengatasi penyakit batu ginjal.

  1. Kacang merah

Kacang merah juga mampu menghancurkan batu ginjal. Vitamin B1 pada kacang merah dipercaya dapat menjaga kesehatan saluran kemih.

  1. Delima

Bagian dari tumbuhan delima yang ampuh mengatasi penyakit batu ginjal adalah daun, benih dan buahnya. Cara mengobati batu ginjal dengan buah delima cukup mudah. Jus buah delima adalah pilihan tepat bagi anda untuk mengatasi penyakit batu ginjal.

  1. Pegangan

Jenis obat herbal yang enak rasanya adalah pegangan. Memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis, pegangan  memiliki khasiat sebagai peluruh kencing batu, pereda demam, anti infeksi, pembersih darah dan mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Tapak liman

Lain halnya dengan pegangan, tanaman liman memiliki rasa yang pedas dan pahit. Bersifat sebagai astrigen, tapak liman berperan sebagai pelutuh kencing, anti radang, pereda demam, penawar racu, menghilangkan bengkak dan antibiotik.

  1. Dandelion

Merupakan jenis bunga liar yang bisa mengatasi penyakit batu ginjal, dandelion memiliki kandungan prostasium yang tinggi dan sifat diuretik. Fungsi tanaman ini adalah mencegah terbentuknya batu ginjal.

  1. Mengkudu

Buah mengkudu memiliki banyak kandungan diantaranya asam sirat, mineral, morindin, tarpenoid, asam malat, demnacanthal, glucose, serotonin, vitamin c, enzim dan protein. Dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, mengkudu juga dapat mengobati radang ginjal, peluruh kencing dan menurunkan tekanan darah.

  1. Kemangi

Untuk mengobati penyakit batu ginjal, daun kemangi biasanya dikonsumsi dengan cara dibuat jus dan ditambah sedikit madu. Jika ramuan kemangi dikonsumsi secara teratur, batu ginjal dapat hancur dengan sendirinya. Kandungan kemangi memiliki manfaat dalam menyehatkan dan menyehatkan ginjal.

Baca juga: Inilah obat herbal alami paling ampuh untuk diabetes & asam lambung

Nah, itulah ulasan mengenai obat alami untuk kencing batu. Proses pengobatan secara alami membutuhkan kesabaran dan konsistensi yang tinggi agar berhasil. Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya patuhi segala patangan sesuai dengan yang di instruksikan oleh dokter, dan tentunya terapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Related For Inilah 10 Obat Alami Untuk Membasmi Kencing Batu