Menu

Ramuan Alami untuk Mengobati Radang Amandel & Tengg0rokan

April 15, 2017 | Obat Alami

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang pengobatan alami untuk penyakit yang sering muncul pada siapa saja dan kapan saja, terutama untuk perokok dan orang yang sering minum minuman dingin. Penyakit ini adalah radang tengg0rokan dan amandel. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikelnya di bawah ini:

5 Ramuan Alami untuk Mengobati Peradangan di Amandel

Sebenarnya, amandel bukanlah nama suatu penyakit, melainkan nama kelenjar getah bening yang ada di sisi kanan dan kiri bagian belakang rongga mulut. Amandel ini juga merupakan salah satu anggota tubuh yang berpotensi untuk mengalami peradangan sekalipun peradangan pada amandel ini tidak mudah untuk terjadi.

Kebanyakan orang-orang tau cara mengatasi peradangan amandel adalah hanya dengan pengobatan medis saja. Tetapi perlu diketahui bahwasanya peradangan amandel ini juga bisa diobati dengan cara tradisional, yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya lebih aman dibandingkan obat kimia.

Nah, berikut adalah beberapa bahan alami untuk mengobati amandel yang sebaiknya Anda coba.

1. Daun Benalu

Benalu yang biasa dikenal sebagai parasit ternyata juga menyimpan banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengobati amandel. Tetapi, daun benalu yang digunakan adalah daun benalu yang tumbuh di pohon jeruk nipis dengan cara peramuannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan daun benalu dan adas pulo waras secukupnya
  2. Cuci bersih kedua bahan tersebut, lalu tumbuk sampai halus
  3. Setelah halus, peras dan saring hasil tumbukan daun benalu dan adas pulowaras
  4. Tambahkan air panas secukupnya, tunggu supaya hangat lalu minum ramuan tersebut 

2. Campuran Madu dan Mengkudu

Selain menggunakan daun benalu, Anda juga bisa menggunakan campuran madu dan mengkudu untuk mengatasi amandel. Adapun cara untuk mengolahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan dua buah mengkudu dan madu secukupnya
  2. Cuci bersih buah mengkudu tersebut lalu diparut
  3. Setelah itu, peras dan saring parutan buah mengkudu tadi untuk diambil airnya
  4. Tambahkan air panas secukupnya, aduk sebentar dan tunggu supaya suhunya menjadi hangat
  5. Jika sudah, masukkan madu secukupnya, aduk kembali lalu minum ramuan ini 3 kali sehari hingga amandel normal kembali

3. Kulit Manggis

Jika di rumah Anda kebetulan tersedia kulit manggis, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk mengatasi amandel. Caranya? Simak saja langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan kulit manggis kira-kira sebanyak 15 gram
  2. Siapkan juga minyak daun mint secukupnya
  3. Cuci bersih kulit manggis tadi kemudian rebus dengan 2 botol air
  4. Biarkan mendidih dan tunggu hingga airnya hanya tersisa 1 botol saja
  5. Setelah itu, teteskan minyak daun mint yang sudah disiapkan tadi, aduk-aduk sebentar dan setelah mendingin, gunakan ramuan ini untuk berkumur. Lakukan hal ini secara rutin hingga peradangan sembuh.

4. Jeruk Nipis

Selain menggunakan ketiga bahan di atas, Anda juga bisa mengatasi amandel dengan memanfaatkan khasiat jeruk nipis. Pada dasarnya jeruk nipis memang memiliki sifat antibakteri di dalamnya sehingga otomatis juga bagus untuk mengatasi peradangan amandel. Adapun cara mengolahnya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan jeruk nipis sebanyak 2 buah dan siapkan juga kapur sirih sebanyak ½ sendok teh
  2. Belah jeruk nipis tadi kemudian peras untuk diambil airnya
  3. Tambahkan kapur sirih ke dalam air perasan jeruk nipis, aduk-aduk sebentar lalu minum

Anda juga sebaiknya tidak berhenti mengkonsumsi ramuan ini sebelum peradangan amandel sembuh.

5. Jahe

Jahe juga bisa mengatasi amandel loh, karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Cara mengkonsumsinya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan jahe secukupnya, bersihkan lalu memarkan
  2. Rebus jahe tadi dengan air secukupnya, tunggu sampai mendidih
  3. Setelah mendidih, tunggu sampai air rebusan jahe menjadi hangat, kemudian saring
  4. Tambahkan madu ke dalam air rebusan jahe tadi lalu minum

Itu dia diatas 5 bahan alami yang bisa Anda jadikan obat untuk mengatasi peradangan amandel. Selamat mencoba dan semoga segera diberi kesembuhan.

7 Obat Alami Untuk Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan memang menjadi masalah/keluhan yang sangat mengganggu segala aktivitas. Dan biasanya, ketika terkena radang tenggorokan, kebanyakan orang memilih untuk mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia. Namun, tidak sedikit juga masyarakat yang mempercayakan pengobatan herbal untuk meredakan radang tenggorokkan.

Nah, jika Anda seringkali mengalami radang tenggorokkan dan ingin menggunakan obat herbal sebagai obatnya. Berikut telah kami rangkum 7 obat alami untuk radang tenggorokan yang sebaiknya Anda coba.

  1. Jeruk Lemon

Jeruk lemon memang menjadi salah satu bahan yang kerap digunakan untuk campuran produk-produk kecantikan. Namun, selain untuk merawat wajah menghilangkan jerawat, jeruk lemon juga berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan. Lemon mengandung zat antioksidan yakni astringen yang berfungsi untuk meredakan radang tenggorokan secara alami.

Caranya cukup mudah, yakni camourkan 1 sendok perasan air lemon dalam segelas air matang. Air lemon berkhasiat untuk membunuh kuman-kuman ditenggorokan dan meredakan inflamasi. Dengan meminum air perasan jeruk lemon, biasanya tenggorokan terasa lega dan dahak batuk dapat dikeluarkan.

  1. Cengkeh

Obat alami untuk sakit radang selanjutnya adalah cengkeh. Cengkeh biasanya digunakan untuk meredakan sakit tenggorokkan. Cara menggunkannya cukup mudah, yakni dengan menyiapkan 1 – 3 sendok bubuk cengkeh dengan segelas air matang. Campurkan dan aduk bubuk cengkeh dalam air tersebut. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Cengkeh mengandung antibakteri serta anti radang yang dapat meredakan radang tenggorokkan.

  1. Madu

Madu mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus, sehingga cocok untuk mengobati radang tenggorokan. Jika Anda mengalami radang tenggorokan, cukup dengan mencampurkan 1 sendok madu dengan air hangat. Aduk dan minum 2 – 3 kali sehari hingga sembuh. Atau Anda juga bisa mencampurkan air lemon atau air teh.

  1. Garam

Garam adalah obat kumur yang alami untuk meredakan radang tenggorokan. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan ¼ garam dengan 1 gelas air putih hangat. Jadikan ramuan tersebut sebagai obat kumur.

Anda juga dapat menambahkan sedikit listerin pada ramuan obat kumur tersebut. Larutan tersebut berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit. Larutan ini menetralkan asam pada tenggorokan, meredakan nyeri, serta rasa terbakar atau panas dalam tengorokan, dan membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda.

  1. Teh Hangat

Anda juga dapat menggunakan teh hangat sebagai Obat alami untuk radang tenggorokan. Kandungan antioksidan dalam teh dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi serta keadaan radang yang dapat menyebabkan tenggorokan sakit. Teh hangat juga berkhasiat untuk melawan infeksi kuman yang menyerang tubuh Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda dapat menyampurkan perasaan air jeruk lemon dan madu dalam teh hangat.

  1. Sup Ayam

Tahukah Anda ternyata sup ayam tidak hanya sekedar untuk dimakan. Namun, berkhasiat pula sebagai obat herbal untuk mengatasi radang tenggorokan. Kaldu dalam sup ayam, ternyata mengandung natrium, yang dapat meredakan radang tenggorokan.

Baca juga: Inilah 10 Obat Alami Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

  1. Air Putih

Air putih sangat penting untuk siapa saja. Tubuh membutuhkan banyak cairan, sehingga Anda juga perlu memenuhi kebutuhan cairan Anda dalam tubuh, Mengonsumsi air putih yang rajin, ternyata juga dapat meredakan sakit tenggorokkan. Karena dengan mengonsumsi air putih yang cukup akan meningkatkan mukosa atau tenggorokkan Anda menjadi lembab, sehingga terhindar dari dehidragi dan radang tenggorokan.

Itulah 7 daftar obat alami untuk radang tenggorokan. Semoga informasi di atas bermanfaat, khususnya bagi Anda yang sedang mencari obat untuk meredakan sakit radang,

Related For Ramuan Alami untuk Mengobati Radang Amandel & Tengg0rokan