Menu

Inilah 4 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Yang Menjengkelkan

April 24, 2017 | Obat Alami

Siapapun pasti setuju jika sakit gigi merupakan kondisi yang sangat tidak mengenakkan dan membuat siapapun penderitanya akan tersiksa. Dan untuk mengobati keluhan sakit gigi, terdapat 2 macam cara yang bisa lakukan, yakni dengan pengobatan medis dan secara tradisional.

Obat alami untuk sakit gigi

Pengobatan melalui pendekatan medis bisa dengan memeriksakan diri ke dokter gigi atau dengan mengkonsumsi obat khusus untuk sakit gigi yang banyak dijual di toko obat atau apotik. Sedangkan secara tradisional adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti misalnya dengan mengkonsumsi beberapa ramuan alami berikut ini:

1. Menggunakan Campuran Merica Bubuk dan Garam

Nah, obat alami untuk sakit gigi yang pertama adalah campuran merica bubuk dan garam. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan garam dan merica bubuk secukupnya
  2. Tambahkan sedikit air pada campuran kedua bahan tersebut, lalu aduk-aduk hingga campuran berbentuk seperti pasta
  3. Setelah itu, balurkan pasta tadi pada gigi yang terasa sakit dan diamkan selama beberapa menit saja
  4. Jika sudah, berkumurlah dengan air bersih

Lakukan ‘ritual’ ini secara rutin setiap hari sampai sakit gigi Anda sembuh

2. Menggunakan Bawang Putih

Selain garam dan merica, bumbu dapur lain ada yang juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi loh, yakni bawang putih. Bawang putih ini memang terkenal dengan sifat anti-septiknya yang bahkan mampu membunuh kuman-kuman yang menjadi penyebab radang di area gigi Anda. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan bawang putih yang sudah dikupas dan dibersihkan sebanyak 2 siung saja
  2. Tumbuk bawang putih supaya halus
  3. Setelah halus, tempelkan tumbukan bawang putih tadi pada gigi yang sakit lalu diamkan kira-kira selama 10 menit. Jika Anda suka, Anda bisa mencampurkan tumbukan bawang putih ini dengan garam
  4. Bila sudah, Anda bisa berkumur dengan air hangat

Anda bisa melakukan cara ini sampai sakit gigi yang Anda rasa sembuh, dan bila kebetulan di dapur Anda sedang tidak ada bawang putih, Anda juga bisa menggunakan bawang merah sebagai gantinya.

3. Kompres dengan Es Batu

Es batu juga bisa menjadi pilihan Anda jika sakit gigi terasa sangat ngilu sampai Anda merasa Anda tidak bisa menahannya. Kompres saja gusi Anda menggunakan es batu. Es batu ini akan membuat gigi Anda seperti mati rasa sehingga Anda pun tidak akan merasakan sakitnya lagi.

4. Menggunakan Daun Jambu Biji

Punya pohon jambu biji di halaman? Manfaatkan saja daunnya jika Anda mengalami sakit gigi. Caranya juga sangat mudah kok, Anda hanya perlu memilih salah satu dari kedua cara di bawah ini:

  1. mengunyah daun jambu biji ini secara langsung sampai sari-sari dari daun jambu biji keluar dan mengusir rasa sakit pada gigi Anda.
  2. Atau jika Anda tidak sanggup mengunyahnya, Anda bisa merebus daun jambu biji lalu diamkan supaya menjadi hangat-hangat kuku. Setelah itu tambahkan sedikit garam kemudian gunakan air rebusan daun jambu biji ini untuk berkumur.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa daun jambu biji bisa dijadikan sebagai obat alami untuk sakit gigi, jawabannya adalah karena daun jambu biji memiliki sifat anti-nyeri, anti-inflamasi, serta anti-mikroba, sehingga jelas daun jambu biji ini cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi.

Baca juga: Inilah 7 Bahan & Ramuan Alami Untuk Mengobati Tipes

Oke, itulah ulasan kami mengenai 4 bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk sakit gigi. Semoga info yang kami bagikan ini bisa membantu Anda untuk mengatasi sakit gigi yang Anda atau orang-orang dekat Anda derita. Selamat mencoba.

Related For Inilah 4 Obat Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi Yang Menjengkelkan