Menu

Bahan Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Pada Bayi 6 Bulan

April 26, 2017 | Obat Alami

Bayi usia 6 bulan sangat rentan terserang beragam penyakit termasuk sakit batuk. Hal tersebut disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh bayi usia 6 bulan yang memang belum begitu baik. Selain itu, proses penularan virus penyeab batuk sangat cepat sehingga bayi mudah tertular. Apabila penyakit ini tidak segera ditangani maka akan membahayakan kesehatan bayi. Jadi, perlu langkah cepat dalam mengobati masalah tersebut.

4 Bahan Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Pada Bayi Usia 6 Bulan

Cara alami sangat disarankan sebagai langkah pengobatan awal. Obat kimia dapat menyembuhkan penyakit secara cepat namun dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan. Dengan cara pengobatan alami, proses penyembuhan mungkin sedikit memakan waktu, namun resiko akan bahaya terhadap kesehatan bayi Anda jauh lebih kecil.

Nah, berikut beberapa obat dari bahan-bahan alami yang ampuh mengatasi batuk  untuk bayi 6 bulan Anda:

  1. Kunyit

Selain dikenal sebagai salah satu bumbu masak, kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai obat  alami untuk menyembuhkan penyakit batuk pada bayi. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan bubuk kunyit pada ke payudara ibu sebelum ASI diberikan. Bubuk kunyi juga dapat dicampurkan bersama susu yang akan diminum oleh bayi Anda. Campurkan bubuk kunyit  ke dalam susu setiap bayi Anda akan meminumnya.

  1. Minyak Pijat

Minyak pijat juga dipercaya ampuh  mengatasi penyakit batuk pada bayi Anda. Cara penggunaannya adalah dengan dioleskan pada tubuh bayi Anda sambil dipijat secara perlahan. Minyak pijat yang sering digunakan adalah minyak rosemary, peppermint dan kayu putih. Pijatlah secara perlahan pada kaki, dada dan punggung bayi Anda.

  1. Berikan Banyak Cairan terutama ASI

Rutin memberikan cairan berupa ASI adalah salah satu upaya yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit batuk pada bayi Anda. ASI memang sangat dibutuhkan untuk bayi hingga usia 6 bulan. Bahkan, pemberian ASI hingga usia 2 tahun juga baik bagi tumbuh kembangnya. Nutrisi lengkap pada ASI sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh bayi.  Secara rutin meminum ASI akan membuat bayi tumbuh dan berkembang dengan sehat dan jauh lebih kuat. Kecerdasan otaknyapun akan semakin meningkat dengan nutrisi ASI yang diberikan.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis  kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat mengatasi penyakit batuk pada bayi usia 6 bulan. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, siapkan beberapa bahan yang diperlukan yaitu: 3 sendok makan air jeruk nipis, 4 sendok makan air matang dan 4 sendok makan madu murni. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu rebus lebih kurang selama 15 menit. Berikan obat alami tersebut kepada bayi Anda secara rutin setiap 2 kali sehari sebanyak 1 sendok makan. Campuran jeruk nipis dan madu murni tersebut akan membantu proses penyembuhan batuk pada bayi Anda.

Meskipun proses penyembuhannya akan memakan waktu, penggunaan obat alami lebih aman karena tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Bahan-bahan alami sangat baik bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi. Selain itu, bahan-bahan alami juga mudah ditemukan di sekitar rumah Anda. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan dapat diramu sendiri di rumah.

Baca juga: Inilah 4 Ramuan Obat Alami untuk Wajah Kering dan Berminyak

Sebaiknya konsultasikan secara rutin kondisi kesehatan bayi Anda pada tim medis yang menanganinya. Nah, demikianlah ulasan mengenai obat alami untuk penyembuhan penyakit batuk pada  bayi usia 6 bulan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Related For Bahan Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Pada Bayi 6 Bulan